FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Melihat Kemampuan Bayi Dilihar Dari Kalender Perkembangan Bayi Usia 29 Bulanan  (Read 301 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 45
Kalender perkembangan bayi biasanya ditandai oleh para ibu untuk memastikan normal tidaknya perkembangan buah hatinya. Karena, ada beberapa patokan dimana seharusnya bisa sudah mampu melakukan berbagai hal. Misalnya peningkatan kemampuan ketika bayi sudah menginjak usia 29 bulanan.
Ketika bayi sudah berusia 2 tahun lebih, bayi sebenarnya sudah menunjukkan bakat alamiahnya. Keinginan untuk mencari tahu, berbahasa yang lebih fasih sampai bersosialisasi sangatlah terlihat.
Ibu yang tahu akan pedoman ini tentu bisa memahami kejanggalan jika buah hatinya tidak terlihat seperti itu. Ibu bisa mencari tahu permasalahannya, kemudian mencari solusinya agar masalah bisa segera diatasi.
Di sini, aku hanya akan mengulas mengenai perkembangan bayi usia 29 bulan. Artinya, sejauh mana bayi tumbuh secara normal di usia tersebut. Jadi, mari perhatikan ulasannya di bawah ini!
Kemampuan Verbal Sudah Cukup Bagus
Si kecil sudah mulai pandai dalam menggabungkan kata. Memang kata-kata sederhana masih menjadi andalannya. Buah hati ibu masih mengucapkan kalimat-kalimat yang pendek, namun tetap mengandung makna.
Biasanya, buah hati sudah bisa menggabungkan dua kata bersamaan. Ini sudah sangat baik. Ibu bisa selalu mendampinginya, kemudian memberikan kosakata baru di dalam kalimat tersebut. Tujuannya tentu saja agar buah hati bisa menggabungkan kata lebih panjang.
Contohkan bagaimana cara penggunannya. Si kecil nantinya akan menyerap apa yang ibu katakana. Lama kelamaan, si kecil akan mempraktekkannya sendiri di hadapan ibu.
Si Kecil Punya Keinginan Untuk Bersosialisasi Dengan Teman Sebayanya
Tahapan perkembangan bayi usia 29 bulan memang cukup menggemaskan. Bahkan sangat membahagiakan bagi orang tuanya. Betapa tidak, buah hati sudah mulai pandai untuk bersosialisasi.
Keinginan anak untuk selalu bermain dengan rekan sebayanya sangat tinggi. Di sini, peran ibu sangatlah dibutuhkan. Setidaknya, ibu bisa mendampinginya dan selalu menjaga anak-anak untuk selalu bermain dengan baik.
Di sini, ibu juga bisa mengajarkan berbagai hal yang baik. Misalnya dengan mengajarkan caranya berterimakasih, meminta maaf, sampai minta tolong. Dengan kata lain, selain bisa meningkatkan kemampuan sosial anak, anak juga bisa belajar tentang bagaimana cara menjaga pertemanannya dengan baik.
Anak Sudah Mulai Agak Mandiri
Pada usia 29 bulan ke atas, tumbuh kembang anak semakin meningkat. Hal ini terlihat dengan kemandiriannya dalam berbagai hal. Artinya, anak sudah mulai mencoba sesuatu yang baru tanpa bantuan orang tuanya.
Salah satu contohnya adalah bayi sudah mulai ingin menggosok gigi sendiri. Ini tentunya menjadi langkah yang baik untuk mengenalkan buah hati dengan kebersihan. Di sini, ibu tetap perlu mendampinginya.
Kemandiriannya juga terlihat dengan keinginan untuk mencoba berganti baju. Contohnya bayi mencoba untuk melepas dan mengenakan baju lainnya.
Kepandaian ini berangkat dari apa yang dilihatnya. Kebiasaan-kebiasaan sederhana yang terus diingat akan dipraktekkan. Ini menjadi tugas dari orang tua bila ingin melihat perkembangan bayinya semakin meningkat di tiap minggunya.
Anak Sudah Bisa Mengenal Suatu Gambar
Pada masa tersebut, bayi mulai mampu mengidentifikasi segala sesuatu. Imaginasinya memang sangat luar biasa, dan ini membantu anak dalam menangkap apa yang dimaksud. Contohnya adalah memahami tentang sebuah gambar.
Anak usia 2 tahunan lebih bisa mengenali bentuk-bentuk obyek gambaran. Bahkan anak juga mampu menggambarkan sebuah lingkaran sederhan. Kemampuan ini akan terus meningkat seiring dengan dukungan dan didikan dari orang tuannya.
Kesimpulannya, anak sudah mampu mengindentifikasi sesuatu, mempraktekkan kebiasaan-kebiasaan harian sampai bersosialisasi dengan teman sebayanya. Kemampuan ini akan terus meningkat seiring dengan meningkatknya kalender perkembangan bayi.



Sumber Artikel: http://bebeclub.co.id
« Last Edit: November 23, 2017, 08:55:57 AM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.