FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: MANFAAT MENYUSUI BAGI IBU DAN BAYI  (Read 29 times)

Offline ani.aya

  • Newbie
  • *
  • Posts: 2
MANFAAT MENYUSUI BAGI IBU DAN BAYI
« on: November 06, 2017, 01:07:31 AM »
Penelitian di Amerika menyatakan bahwa sejak tahun 2000 atau abad ke-21, para Ibu yang baru saja melahirkan hanya menyusui bayinya secara intens selama tiga bulan. Namun setelahnya, mereka lebih sering memberikan bayinya susu formula, karena sebagian besar Ibu adalah seorang pekerja. Namun sejatinya, Ibu masih dapat menyusui bayinya dengan syarat telah mengatur jadwal makan bayi. Melalui jadwal menyusui bayi, Ibu lebih mudah mengatur waktu yang tepat untuk menyusui sesuai jadwal.


Ketika pekerjaan dijadikan sebagai alasan Ibu tidak menyusui, rasanya kurang adil bagi si bayi yang seharusnya mendapatkan asuhan penuh dari Ibu. Walaupun masih dapat ditanggulangi dengan memberikan ASI dalam botol, namun menyusui bayi secara langsung nyatanya dapat memberikan manfaat yang besar bagi si Ibu.

  • Mengatur ulang siklus menstruasi/haid.
Pengaturan ulang yang terjadi secara alamiah ini akan menunda masa subur yang berarti menyebabkan mundurnya tanggal menstruasi. Dalam waktu beberapa bulan memang terjadi kemungkinan bahwa Ibu tidak mengalami menstruasi, namun hal ini tidak perlu dipermasalahkan. Biasanya terhitung sejak 4-6 bulan setelah menyusui, siklus menstruasi akan kembali normal bahkan secara alamiah terjadi ?pembersihan? siklus menstruasi.

  • Menjadi lebih dekat dengan bayi.
Salah satu media paling mudah untuk menjadi lebih dekat dengan bayi baik secara emosional maupun fisikal adalah dengan menyusui. Menyusui diketahui efektif 98% sebagai cara paling mudah setelah melahirkan untuk mengenali bayi Ibu. Dengan menjadi lebih dekat dengan bayi, maka Ibu akan dapat mengetahu sendiri asupan apa yang masuk ke dalam tubuh si bayi, seberapa banyak asupan yang telah ia peroleh dalam sehari dan lain sebagainya. Sehingga Ibu tak perlu khawatir karena dapat secara langsung memantau perkembangan si bayi.

  • Dengan menyusui, tingkat stres Ibu akan berkurang.
Sebagaimana Institusi Nasional Kesehatan di New York menyatakan bahwa 9.000 kasus didapati mengenai tingkat stres Ibu yang tidak menyusui bayinya. Sedangkan di sisi lain, banyak Ibu mengaku dengan terang-terangan bahwa dengan menyusui mereka menjadi lebih rileks atau tenang. Dalam penelitian ilmiah, hormon oksitosin dilepaskan ketika Ibu menyusui. Yang mana hormon ini membantu Ibu untuk memperoleh tingkat ketenangan yang lebih tinggi.

  • Membantu mengurangi resiko kanker payudara.
Kanker memang sejatinya memiliki faktor utama genetika. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kanker dapat menyerang seseorang. Dengan menyusui, Ibu telah mengambil tindakan efektif untuk melindungi dirinya sendiri dari kemungkinan resiko kanker payudara. Walaupun belum terdapat penelitian yang jelas mengenai hal ini, namun para ilmuwan menyatakan kemungkinan besar hal ini didukung karena adanya pembaharuan dalam jaringan di dalam payudara.

Apakah menyusui hanya mendatangkan manfaat bagi Ibu saja? Tentu saja tidak. Yang jelas bayi juga akan merasakan keuntungan luar biasa dari menyusui. Selain menjadi asupan utama selama enam bulan, ASI juga berperan penting dalam menjaga kondisi tubuh bayi.
Bayi menjadi lebih sehat.


Bila dibandingkan dengan bayi yang tidak disusui selama eksklusif 6 bulan, maka bayi yang disusui eksklusif akan memiliki tubuh yang jauh lebih sehat. Penjelasan mengenai hal ini sebenarnya terkait dengan kandungan ASI. ASI mengandung berbagai zat termasuk kekebalan tubuh, antikanker dan zat gizi lainnya. Hal inilah yang menjanjikan kondisi bayi menjadi lebih sehat apabila ia secara eksklusif disusui selama 6 bulan.

  • Memiliki tulang dan antibodi yang kuat.
Struktur tulang bayi yang menyusui dinilai dapat lebih kuat bahkan mencegah terjadinya osteoporosis dini. Hal ini dikarenakan ASI mengandung kalsium yang tinggi dan selaras dengan tubuh bayi yang mampu menyerap kalsium dengan cepat. Selain itu, bayi menjadi tidak mudah sakit. Berbagai kejadian di lapangan atau kehidupan sehari-hari telah membuktikan bahwa bayi yang kurang mendapatkan ASI cenderung mudah sakit ketika dewasa. Ini bukanlah mitos menyusui. Pasalnya ASI mengandung antibodi yang kuat sehingga sejak bayi berusia 0 bulan, ASI sudah melaksanakan perannya untuk membentuk sistem antibodi.

  • ASI Eksklusif 6 bulan akan meningkatkan kecerdasan bayi.
Berbagai studi dalam dunia kesehatan Ibu dan Anak mendapati bahwa bayi yang mendapatkan ASInya secara eksklusif enam bulan memiliki IQ di atas rata-rata walaupun usia mereka baru 6,5 tahun. Bahkan dalam studi kasus lainnya, mendapati anak berusia 5 tahun telah memiliki banyak kosakata dan mampu menceritakan berbagai hal di sekelilingnya walaupun dengan struktur kalimat yang masih belum baik.

Jadi bagaimana, Bu? Masih ingin melewatkan masa-masa menyusui bayi Anda? Pertimbangkan lagi, ya. Banyak keuntungan akan Anda dapatkan dengan menyusui bayi Anda. Tidak hanya bagi Anda sebagai Ibu namun juga keuntungan bagi bayi Anda.



Sumber Artikel: http://ibu-indonesia.com , http://bebeclub.co.id/
« Last Edit: November 08, 2017, 04:35:33 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

MANFAAT MENYUSUI BAGI IBU DAN BAYI
« on: November 06, 2017, 01:07:31 AM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab