FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Umur Berapa Bayi Bisa Merangkak Itu Beda-Beda Lho  (Read 526 times)

Offline Ka-Chan

  • Newbie
  • *
  • Posts: 24
Umur Berapa Bayi Bisa Merangkak Itu Beda-Beda Lho
« on: November 01, 2017, 11:52:16 AM »


Masih ada orang tua yang bertanya umur berapa bayi bisa merangkak. Padahal, mereka pasti sudah tahu atau setidaknya paham betul bahwasannya perkembangan bayi itu berbeda-beda. Ada bayi belum genap 1 tahun sudah bisa berdiri sendiri. Bicaranya juga sudah lumayan lancar. Namun, ada yang menunggu hingga usia 2 tahun baru bisa berdiri, berjalan, dan mulai bicara.

Begitu juga dengan perkembangan bayi berupa kemampuan merangkak. Ini tidak hanya didasarkan pada usia saja. Memang, secara umum, para ahli perkembangan bayi mengatakan bayi sudah bisa mulai merangkak ketika usianya 6 bulan. Si kecil sudah mulai mengangkat tubuhnya sendiri dengan menggunakan kaki dan tangan. Ia sedang belajar melakukan posisi merangkak. Dan ketika usia 8 atau 9 bulan, ia sudah sangat mahir merangkak. Akan tetapi, ada juga lho bayi yang usianya sudah 8 bulan belum bisa merangkak. Ibu tahu kenapa?

Perkembangan Bayi Terlambat

Sekarang pertanyaannya bukan sejak usia berapa bayi bisa merangkak karena ibu sudah tahu perkembangan bayi itu berbeda-beda. Ada yang cepat namun ada juga yang lambat. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa ada bayi yang tumbuh kembangnya lambat.
Setidaknya ada dua hal yang berpengaruh besar terhadap perkembangan bayi. Yang pertama adalah nutrisi. Apakah ibu sudah memberikan nutrisi yang lengkap? Jika ibu sudah melakukan apa yang disarankan oleh bidan atau dokter anak, seperti memberikan ASI eksklusif dan menyiapkan menu MPASI yang bergizi tinggi, sepertinya tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi dengan kebutuhan nutrisi bayi.
Namun, bagaimana dengan yang kedua, yaitu stimulus. Perkembangan bayi itu bisa berjalan dengan baik jika diberikan stimulus yang tepat. Bayi terus diajak berbicara walaupun belum bisa bicara. Ini merupakan stimulus agar anak bisa cepat berbicara atau tidak mengalami keterlambatan dalam belajar bicara suatu saat nanti.

Lalu, apakah ibu selama ini sudah memberikan stimulus agar bayi belajar merangkak? Bagi orang tua yang sudah memiliki anak sebelumnya, mereka pasti tahu bagaimana melakukan stimulus agar anak mau belajar merangkak. Namun, bagi orang tua yang baru punya anak pertama, mereka harus tahu tentang hal ini. Jangan cuma tahu kapan bayi bisa merangkak saja.

Stimulus Agar Bayi Belajar Merangkak
Stimulus yang harus ibu berikan tergantung pada usia bayi. Untuk bayi usia 4 bulan, hal berikut tepat untuk ibu coba.

-Tengkurap
Ibu tahu kan posisi tengkurap? Ini merupakan posisi di mana bayi seolah mulai mencoba untuk merangkak. Tapi, jangan paksa ya. Biarkan si kecil terbiasa dulu dengan posisi seperti ini.

-Bantu Mengangkat Kepala
Terkadang bayi justru menaruh kepalanya ke lantai saat ibu posisikan tengkurap. Latihlah si kecil agar ia mau mengangkat kepalanya. Ambi mainan yang menarik lalu taruh di depannya.  Biarkan ia melihat. Maka otot leher akan semakin kuat denagn sendirinya.
Saat usianya sudah mencapai lebih dari 4 bulan, stimulus yang lain bisa ibu berikan. Tempatkan mainan jauh di depan bayi. Ketika bayi sudah terbiasa tengkurap dan sudah mampu mengangkat kepalanya sendiri, coba ibu taruh mainan yang ia sukai jauh di depan bayi. Buat si kecil menggerakkan tubuhnya untuk mengambil mainan tersebut. Lakukan kegiatan seperti ini terus menerus agar otot tubuh bayi semakin kuat dan mampu untuk merangkak.

Biarkan Bayi Merangkak Secara Alami

Ini yang tidak hanya dipahami oleh para orang tua. Tidak semua bayi itu merangkak dengan cara yang sama lho. Merangkak tidak hanya dengan menangkat kedua tangan dan menggerakkan kakinya dengan lutut. Ada juga bayi yang merangkak seperti kepiting. Satu lutut menekuk terlebih dahulu. Kemudian, Kaki yang satunya lagi digerakkan ke depan. Makanya gerakan merangkak ini disebut dengan merangkak kepiting.

Ada juga yang merangkak seperti tentara. Jadi, perutnya digunakan sebagai tumpuan, bukan lututnya. Makanya, bayi seolah-oleh menyeret tubuhnya ke depan dengan menggunakan perut layaknya tentara yang sedang bertempur dengan posisi merangkak.
Ini yang harus ibu pahami. Jangan ajarkan bayi cara merangkak seperti bayi yang lain. Biarkan ia merangkan sealami atau senatural mungkin. Bayi akan menemukan caranya sendiri untuk bergerak.

Yang menjadi problem saat ini adalah ada bayi yang belum bisa merangkak padahal seharusnya usianya sudah mencukupi. Seperti yang sudah ibu ketahui sebelumnya, usia bayi bisa merangkak itu sekitar 4-6 bulan. Maka dari itu, jika usia 8 bulan atau bahkan 1 tahun bayi belum bisa merangkak, ibu harus waspada. Jangan-jangan ada masalah dengan tumbuh kembang anak.

Ada baiknya ibu segera mengajak anak si kecil untuk konsultasi dengan dokter anak. Ini penting agar dokter melakukan pemerksaan, seperti pemeriksaan tulang, nutrisi, dan lain sebagainya. Mungkin juga ibu salah dalam memberikan menu MPASI. Pasti ibu tahu menu makanan apa yang bagus untuk bayi. Sayangnya, terkadang bayi sulit sekali makan. Ia hanya mau makan menu makanan tertentu saja. Padahal, hanya mengkonsumsi makanan yang bervariasi saja bayi bisa mendapatkan semua nutrisi yang lengkap.

Saat anak susah makan, ibu bisa coba berikan menu makanan bubur instan Nestle Cerelac. Memang ini adalah bubur instan. Namun, kandungan nutrisinya sangat lengkap dan pastinya seimbang. Hanya dengan memberikan menu makanan yang bergizi sepertinya inilah ibu tidak perlu lagi khawatir si kecil mengalami keterlambatan tumbuh kembang. Ibu juga tidak perlu lagi bertanya tentang umur berapa bayi bisa merangkak karena ibu sudah tahu si kecil sudah bisa mulai belajar merangkak.

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 45
Re: Umur Berapa Bayi Bisa Merangkak Itu Beda-Beda Lho
« Reply #1 on: January 25, 2018, 11:15:16 AM »
Nambahin juga, sebetulnya merangkak, duduk, dan (yang belum disebutkan disini) yakni tengkurap punya stage sendiri-sendiri lho. Bahkan cara melatih perkembangan motorik anak bisa beda-beda tiap stage.
« Last Edit: January 25, 2018, 11:35:49 AM by lailarsih12 »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Re: Umur Berapa Bayi Bisa Merangkak Itu Beda-Beda Lho
« Reply #1 on: January 25, 2018, 11:15:16 AM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.