FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Bubur Bayi Sehat Untuk Menambah Berat Badan Si Kecil  (Read 85 times)

Offline Ka-Chan

  • Newbie
  • *
  • Posts: 19
Bubur Bayi Sehat Untuk Menambah Berat Badan Si Kecil
« on: October 30, 2017, 12:10:15 PM »


Memilih bubur bayi sehat merupakan suatu yang amat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan yang sehat bagi bayi. Ada banyak pilihan bubur instan yang dijual di supermarket, jika tidak jeli bisa-bisa kita memilih bubur instan yang salah dan berakibat buruk untuk balita kita. Akan lebih baik memang jika kita membuat sendiri bubur untuk si kecil.

Tapi, jika terpaksa harus membeli bubur instan, Anda harus tau cara memilihnya supaya dapat memperoleh bubur instan yang terbaik bagi pertumbuhan si kecil. Periksa selalu tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan dan pilih yang masa kadaluarsanya paling tidak masih satu tahun mendatang. Pelajari cara penyimpanan setelah kemasan dibuka.  Apakah harus langsung habis, bisa disimpan dalam kulkas, disimpan dalam lemari biasa atau harus dipanaskan lagi.

Pelajari pula instruksi penyajian bubur bayi tersebut. Ingat masing-masing bubur instan memiliki cara penyajian sendiri. Pilih bubur sesuai tahapan usia si kecil. Semakin besar usia si kecil maka biasanya bubur yang disediakan semakin bertekstur untuk merangsang pertumbuhan giginya, selain itu variasi rasanya juga semakin bermacam-macam.


Bubur Bayi Sehat Bisa Berbahaya Benarkah?

Bagi ibu menyusui yang juga bekerja biasanya tidak punya waktu untuk membuat bubur untuk sang buah hatinya. Sebagian besar dari mereka memilih untuk membeli bubur instan yang sudah tersebar di masyarakat luas. Namun, taukah Anda bahaya bubur bayi instan bagi sang buat hati Anda ? langsung saja simak pembahasan berikut ini:

- Nutrisi Tidak Seimbang

Kenapa disebut nutrisi tidak seimbang? Yap karena proses pembuatan bubur instan untuk bayi melalui banyak tahap seperti diproses dengan suhu yang tinggi kemudian disterilkan. Pada dasarnya memasak sesuatu dengan suhu yang terlalu tinggi dapat mengurangi kadar nutrisi dari awalnya. Apalagi dimasak dalam waktu yang lama, tentu saja nutrisinya juga tidak sempurna. Untuk itu bayi boleh saja di beri bubur instan, akan tetapi jangan berlebihan apalagi sering. Karena disini akan menghambat bayi untuk lebih mengenali cita rasa yang lainnya.


- Dapat Menyebabkan Alergi

Beberapa bayi yang diberi bubur instan diantaranya mengalami alergi seperti gatal gatal, demam maupun muntah. Hal ini terjadi karena sistem imun bayi menolak asupan bubur tersebut, dimana dalam beberapa bubur bayi memiliki kandungan zat yang kadang tidak cocok untuk beberapa bayi.


- Susah Makan

Ketika bayi sudah sering diberi bubur instan secara rutin, nantinya ketika ia tumbuh akan mengalami kebiasaan buruk susah makan. Hal ini terjadi karena asupan yang ia terima hanya itu itu saja tanpa ada selingan buah-buahan atau makanan bayi lain.


- Gangguan Pencernaan

Setiap kemasan produk bubur bayi instan tentunya sudah diberi pengawet. Pengawet inilah yang nantinya dapat menggangu sistem pencernaan bayi Anda. Apabila bubur instan diberikan secara berkala dan rutin nantinya sang bayi akan mengalami gangguan pencernaan seperti diare dan rasa tidak nyaman. Untuk menghindari hal itu sebaiknya perhatikan kondisi bayi Anda, apabila bayi sudah menunjukkan reaksi yang tidak baik sebaiknya pemberian bubur instan diberhentikan.


- Menurunkan Sistem Imunitas

Bayi yang sering diberi bubur instan akan mengalami kekurangan nutrisi dan gizi yang dapat menyebabkan sistem imunitasnya berkurang sehingga bayi rentan terhadap serangan penyakit, baik dari luar maupun dari dalam.


- Meningkatkan Asam Lambung Bayi

Bubur bayi yang diproses melalui beberapa tahap tentunya juga memiliki kandungan zat kimia yang membahayakan untuk pencernaan bayi. Diantaranya dapat meningkatkan asam lambung pada bayi yang nantinya dapat menyebabkan bayi terkena penyakit maag ataupun tipes.


Bubur Bayi Sehat Begini Cara Memilihya!

Hal hal yang perlu diperhatikan ketika memilih bubur bayi adalah sebagai berikut:

- Cara Penyimpanan

Pastikan simpan dalam kondisi yang lembab dan tidak terkena cahaya secara langsung karena akan mengurangi nutrisi produk. Selain itu setelah dibuat, cek terlebih dahulu peringatannya, apakah harus sekali habis atau bisa beberapa kali.


- Cara Penyajian

Dalam setiap kemasan produk bubur bayi instan selalua ada cara penyajiannya di luar kemasan. Perhatikanlah sebelum menyajikannya, jangan sembarang menyajikan bubur instan karena akan mempengaruhi nilai nutrisi yang terdapat dalam bubur tersebut.


- Sesuaikan Dengan Umur Bayi

Sebelum membeli bubur bayi instan, perhatikan umur bayi Anda. Pastikan bubur yang Anda beli memang untuk bayi seusia bayi Anda. Jangan kurang dan jangan lebih dari umurnya , pilihlah yang sesuai agar seimbang.

Berikut adalah beberapa resep untuk membuat bubur dengan bahan bahan alami dan tentunya bergizi sehat .

- Mash Potato

Bahan yang diperlukan 1 sdm tepung beras, 20 gram wortel (diparut), 10 gram brokoli (dicacah halus), dan 50 gram kentang (potong kecil-kecil). Cara pembuatannya adalah masukan air ke dalam panci beserta kentang, wortel dan tambahkan sedikit bawang merah dan putih. Aduk hingga merata sampai mendidih,  tambahkan brokoli dan jahe setelah mendidih,  aduk sampai halus dan tambahkan tepung beras hingga tercampur, matikan api bila sudah halus dan tambahkan keju parut dan bubur siap disajikan.


- Pure Alpukat

Bahan yang diperlukan 50 gram daging alpukat yang sudah dipotong kecil-kecil dan 25 cc asi perah atau susu formula. Cara pembuatannya adalah masukkan daging alpukat taadi ke dalam blender dan tambahan asi perah atau susu formul,  blender hingga teksturnya halus dan bubur bayi sehat siap untuk disajikan.
« Last Edit: October 30, 2017, 01:11:51 PM by yeobeseyo »

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 16
Re: Bubur Bayi Sehat Untuk Menambah Berat Badan Si Kecil
« Reply #1 on: November 16, 2017, 01:16:34 PM »
Nice info bunda!
Nanti resep alpukat disini aku cobain juga ah, kayaknya gampang :) Kebetulan pingin ngenalin variasi makanan buat bayi. katanya bikin anak ngga pilih2 makanan lho.
By the way aku nemu resep bubur bayi pake melon dan ternyata enak banget! coba cek di http://bebeclub.co.id/article/recipe/resep-bubur-melon-untuk-bayi/
« Last Edit: December 08, 2017, 08:36:47 AM by yeobeseyo »

Offline rarasenja

  • Newbie
  • *
  • Posts: 18
Re: Bubur Bayi Sehat Untuk Menambah Berat Badan Si Kecil
« Reply #2 on: December 07, 2017, 09:36:32 PM »
Terima kasih infonya. Bubur bayi selama ini memang dipakai sama bunda-bunda untuk menambah berat badan, cuma harus kaya nutrisi dan gizi juga harus variatif. Jadi si kecil tidak bosan.. Resepnya kayaknya patut dicoba nih....
« Last Edit: December 08, 2017, 08:38:17 AM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Re: Bubur Bayi Sehat Untuk Menambah Berat Badan Si Kecil
« Reply #2 on: December 07, 2017, 09:36:32 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab