FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Rajin Lari Pagi Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita  (Read 56 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 400
    • Email
Rajin Lari Pagi Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita
« on: October 11, 2017, 05:03:53 PM »
Oleh: Anisha


Banyak wanita mengeluhkan mengapa setiap bulan, haid selalu datang terlambat. Mungkin penyebabnya adalah Sindroma Ovarium Polikistik (Polycystic Ovarian Syndrome/PCOS) atau juga dikenal sebagai Sindroma Stein.

Sindrom ini merupakan salah satu gangguan hormonal yang paling sering terjadi pada sekitar lima hingga sepuluh persen dari wanita usia reproduksi berumur 12 - 45 tahun. Penyakit inilah yang diduga menjadi salah satu penyebab utama infertilitas wanita atau pasangan yang sulit memiliki keturunan.

"20 persen PCO kemungkinan terjadi pada wanita dengan gaya hidup yang tidak sehat, akibatnya gangguan hormon seperti siklus haid yang tidak teratur," ujar dr. Ivan. R. Sini, SpOG, spesial kandungan RS. Bunda.

Anda dapat dengan mudah mencegah PCO ini terjadi dengan kualitas hidup yang sehat seperti olahraga yang teratur dan berat badan yang ideal. "Lari setiap pagi dapat mencegah PCO karena siklus haid akan teratur. Orang gemuk bukan berarti tidak sehat namun Anda tetap harus memerhatikan berat badan yang ideal," tambah dr. Ivan.

Wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas punya peluang sebanyak 50 hingga 60 persen mengalami PCOS. Pasalnya wanita yang tubuhnya kegemukan akan mengalami resistensi insulin sehingga menyebabkan kadar insulin dalam darah meningkat.

Kadar insulin yang tinggi akhirnya merangsang laju androgen yang berlebihan sehingga menyebabkan maskulinisasi, seperti tumbuhnya rambut dikumis, dagu, kaki, tangan yang berlebihan, dan menyerupai pola pertumbuhan rambut laki-laki. "PCO pun berkaitan dengan penyakit diabetes karena peningkatan insulin yang menyebabkan haid setiap bulan tidak lancar," ungkap dr. Ivan.



Sumber Artikel: https://feed.merdeka.com/

Offline rarasenja

  • Newbie
  • *
  • Posts: 18
Re: Rajin Lari Pagi Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita
« Reply #1 on: December 07, 2017, 09:07:44 PM »
Wah informasi yang sangat berguna, terima kasih. PSCO ternyata bisa ditanggulangi dengan menjaga kesehatan serta berat badan dan juga olahraga. Saya baru tahu malahan.

Oh ya kalau boleh saya tahu, orang yang terkena PSCO apakah masih bsa hamil?   

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Re: Rajin Lari Pagi Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita
« Reply #1 on: December 07, 2017, 09:07:44 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab