FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Awas, Oral Seks Bisa Sebabkan Infeksi Menular Seksual  (Read 26 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 382
    • Email
Awas, Oral Seks Bisa Sebabkan Infeksi Menular Seksual
« on: September 27, 2017, 04:12:05 PM »
Oleh: dr. Sara Elise Wijono MRes

Oral seks merupakan posisi bercinta yang membuat mulut, bibir atau lidah bertemu dengan alat kelamin atau anus pasangannya. Survey menyebutkan, 80% orang yang aktif secara seksual sudah pernah mencoba posisi ini setidaknya sekali.

Oral seks berisiko tinggi membuat pelakunya terkena infeksi menular seksual. Ini karena bakteri penyebab infeksi yang berasal dari area kelamin bisa berpindah ke mulut, atau sebaliknya.

Melakukan oral seks dapat menyebabkan Anda tertular bakteri penyebab klamidia, gonore, atau sifilis. Parahnya, kebanyakan infeksi yang terjadi di area mulut dan kerongkongan tidak menimbulkan gejala bermakna sehingga sering hadir tanpa disadari.

Tidak hanya yang sudah disebutkan, oral seks juga berisiko menularkan penyakit herpes, HIV (Human Immunodeficiency Virus), dan HPV (Human Papilloma Virus) pada pelakunya.

Cegah dan Atasi!

Cara paling baik untuk mencegah infeksi meluar seksual akibat oral seks atau posisi seks lainnya adalah dengan cek kesehatan rutin ke dokter, dan tidak berganti-ganti pasangan seksual. Agar lebih aman, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual.

Jika infeksi menular seksual sudah terlanjur terjadi, jangan ragu untuk segera membawa diri dan pasangan Anda ke dokter. Selain untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, hal ini juga dimaksudkan agar infeksi tidak datang lagi di kemudian hari.

Oral seks memang dapat mencegah kehamilan. Tapi bukan berarti posisi seks yang satu ini membuat Anda terbebas dari risiko infeksi menular seksual. Tetap waspada, tetap jaga kesehatan Anda!



Sumber Artikel: www.klikdokter.com

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Awas, Oral Seks Bisa Sebabkan Infeksi Menular Seksual
« on: September 27, 2017, 04:12:05 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab