FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Memantau Perkembangan Janin Usia 14 Minggu Di Rahim Bunda  (Read 36 times)

Offline melissajose82

  • Newbie
  • *
  • Posts: 11
Memantau Perkembangan Janin Usia 14 Minggu Di Rahim Bunda
« on: September 13, 2017, 06:50:30 PM »


Janin sudah memasukin usia 14 minggu. Itu artinya janin sudah masuk antara periode trisemester kedua. Pada periode ini, perkembangan janin terjadi sangat pesat meskipun masih begitu mungil. Walaupun kulitnya masih tipis karena belum terlapisi lemak, namun calon buah hati Anda sudah dapat dibedakan jenis kelaminnya antara laki-laki dan perempuan.

Lalu apa sajakah ciri perkembangan janin usia ke-14 minggu?

Berikut adalah ciri perkembangan janin usia 14 minggu.
1.Tumbuh Rambut
Perkembangan terbesar pada janin 14 minggu terlihat pada bagian rambut kepala yang sudah mulai tumbuh. Sehingga kalau dilihat sudah mulai tampak dan terbentuk. Selain itu, bulu-bulu halus juga terjadi pada hampir semua bagian. Tidak hanya di kepala saja, melainkan juga di alis dan seluruh tubuh. Meskipun bulu-bulu alis dan rambutnya mulai tumbuh, biasanya tekstur dan warna dari rambut ini akan berubah saat si buah hati dilahirkan nantinya. Bulu-bulu di bagian bawah tubuh bayi atau disebu lanugo juga mulai tumbuh. Meski bulu-bulu tersebut akan menghilang saat lahir sebelum masa kelahirannya tiba.

2.Ukuran Janin
Pada usia 14 minggu ukuran tubuh bayi makin tampak jelas. Bahkan panjang bayi dari kepala hingga bokong sudah mencapai 8 cm. Beratnya pun sudah sampai 40 gram. Walau memang tentu panjang dan berat badan bayi masing-masing berbeda. Tetapi secara umum beratnya mencapai 40 gram.

3.Perkembangan bagian lain lebih cepat ketimbang kepala
Jika pada periode-periode sebelumnya perkembangan bagian kepala cenderung lebih dominan ketimbang bagian lain. Pada periode 14 minggu ke atas, perkembangan tubuh bayi cenderung lebih cepat ketimbang bagian kepala. Misalnya pada bagian lengan yang sudah mulai terlihat proporsional mengikuti ukuran tubuhnya. Bulu-bulu yang yang tumbuh dibagian tubuh juga menjadi proses yang mengikuti perkembangan tubuh.

4.Memahami beberapa ekspresi
Otot-otot pada wajah bayi sudah mulai bisa digerakkan dan mulai melatih beberapa ekspresi berkat signal yang dikirimkan oleh otak. Bagian paling terlihat adalah ekspresi bayi ketika menghisap ibu jarinya. Meski sebenarnya juga ada beberapa ekpresi lain yang bisa ditujukan bayi. Pada usia kehamilan ini, mungkin si bayi sudah mulai memahami beberapa ekspresi seperti menampakan wajah sedih, mata juling dan meringis.

5.Organ internal sudah dapat bekerja
Selain perkembangan bagian luar yang jelas terlihat. Pada janin 14 minggu, secara bersamaan bagian organ dalam juga sudah mulai bekerja. Bahkan ginjal pada bayi sudah mampu memproduksi urin dan melepaskanya ke dalam cairan tubuh. Pada bagian lain, seperti hati juga sudah mampu memproduksi cairan empedu. Bahkan limpa juga sudah mampu memproduksi sel darah merah. Kondisi ini akan tetap berlansung sampai hari kelahirannya tiba.

6.Mulai menelan cairan ketuban
Cairan ketuban bisa dibilang sebagai sumber makanan bayi dan yang melindungi bayi selama masa kehamilan. Ia menjadi bagian yang paling vital bagi bayi. Nah pada usia kehamilan 14  minggu, bayi sudah mulai menelan cairan ketuban yang, melingkupinya sedikit demi sedikit. Cairan yang sudah ditelan kemudian akan masuk ke perut dan akan diproses oleh ginjal. Baru selanjutnya akan dialirkan kembali ke bagian tubuh sebagai urin.

7.Pembentukan wajah
Pada bayi, bagian wajah juga sudah mulai jelas terlihat. Mata telah berpindah ke tempat yang seharusnya. Berbeda dengan wajah sebelumnya. Telinga telah berada di bagian sekitar leher di samping kiri dan kanan. Rahang bahkan telah terbentuk sempurna.

8.Rahim yang terus berkembang
Rahim terus mengalami perkembangan dari masa ke masa selama kehamilan. Kalau pada minggu ke 14, begitu coba diukur oleh para ahli kesehatan. Mereka mencatat bahwa ukuran rahim ibu hamil dari puncak rahim sampai dengan tulang kemaluan adalah sekitar 14 cm di atas tepi tulang genital. Mereka melakukan pengukuran ini pada sejumlah ibu hamil di masa 14 minggu. Sementara saat memasuki 20 minggu, tingginya sudah mencapai 20 cm.

9.Merasakan sesak
Maklum jika ibu hamil dengan masa 14 minggu merasakan sesak. Hal ini biasanya disebabkan oleh hormon progesteron yang menekan sirkulasi ke membran mukus. Sehingga membran tersebut membengkak. Kondisi semacan ini biasanya dikenal sebagai rhinitis kehamilan. Anda yang sedang hamil harus menahannya, sebab tak banyak yang bisa Anda lakukan. Anda hanya bisa memberikan sedikit pelembab untuk kulit. Pastikan untuk menghindari semprotan hidung yang mengandung antihistamin.

10.Pada Ibu timbul strecth mark
Perubahan fisik sudah terjadi pada ibu hamil sejak awal kehamilan. Nah pada masa kehamilan 14 minggu, tanda paling mudah adalah timbulnya strecth mark atau garis kehamilan. Strecth mark akan muncul pada beberapa bagian tubuh seperti pada bagian perut atas, paha, payudara, dan juga bokong. Di waktu yang bersamaan pula, payudara juga mulai mempersiapkan prosuksi ASI.
 
Para periode janin berusia 14 minggu, cobalah untuk sering mengusap atau mengelus perut agar memberikan stimulasi pada janin. Denyut jantung janin pada masa ini berdetak 2 kali lebih cepat dibanding sang ibu dan dapat merespon atau bergerak bila perut diusap.
Si kecil juga sudah mampu memberi respon terhadap dunia di luar rahim ibu termasuk mendengarkan saat pemeriksaan dengan dokter. Maka dari itu, jangan bosan untuk mengajak calon buah hati berbicara atau memberikan usapan lembut agar ia merasakan kenyamanan dan kasih sayang sang ibu.

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Memantau Perkembangan Janin Usia 14 Minggu Di Rahim Bunda
« on: September 13, 2017, 06:50:30 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab