FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Siklus Masa Subur Bisa Diketahui Dengan Mudah, Bagaimana Caranya?  (Read 37 times)

Offline Ka-Chan

  • Newbie
  • *
  • Posts: 19
Siklus Masa Subur Bisa Diketahui Dengan Mudah, Bagaimana Caranya?
« on: September 11, 2017, 07:10:19 PM »


Siklus masa subur wanita setelah menstruasi adalah masa atau fase yang cukup penting bagi para wanita pribadi ataupun bagi para pasangan suami istri. Pasalnya bagi sepasang suami istri masa subur ini adalah masa atau fase yang paling tepat untuk melakukan hubungan suami istri jika ingin memiliki keturunan. Hal ini dikarenakan wanita tengah berada pada puncak kesuburannya sehingga prosentase kehamilan sangat tinggi.

Apalagi jika ditambah sperma dari pria sedang berada pada kondisi yang prima, sehingga hasilnya akan lebih maksimal. Sayangnya masih banyak pasangan yang belum menyadari atau bahkan belum tahu kapan masa subur ini akan datang. Untuk itu kami akan mencoba membagikan informasi tentang bagaimana cara menghitung dan menentukan masa subur atau ovulasi, selamat membaca.
Pada umumnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghitung dan menentukan kapan Anda sebagai wanita mengalami masa subur. Cara yang paling mudah mungkin adalah dengan menggunakan kalkulator masa subur. Dan saat ini Anda pasti bisa mendapatkannya dengan mudah baik secara online ataupun dalam bentuk aplikasi pada gadget Anda. Namun pada dasarnya penghitungan masa subur secara manual pun tidak terlalu sulit, karena rumusnya pun cukup sederhana.

Mengetahui Siklus Masa Subur Wanita Setelah Haid Yang Tidak Teratur
Masa subur wanita setelah menstruasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu puncak masa subur dan masa subur biasa. Di mana puncak masa subur biasanya akan terjadi pada 13 hari setelah seorang wanita mengalami haid hari pertama. Sedangkan masa subur biasa akan terjadi kurang lebih tiga hari setelah atau sebelum menuju puncak masa subur tersebut. Agar lebih mudah Anda pahami, maka saya berikan contoh bahwa haid hari pertama adalah tanggal 15.

Dengan demikian diketahui bahwa puncak masa subur diperkirakan akan terjadi pada tanggal 28 pada bulan itu. Sedangkan masa subur biasa akan terjadi pada tanggal 25, 26, 27 dan tanggal 29, 30, 31. Lalu kesimpulannya pada bulan itu masa subur wanita terjadi mulai tanggal 20 sampai tanggal 26. Akan tetapi rumus menentukan masa subur wanita setelah menstruasi tersebut hanya berlaku bagi wanita yang memiliki siklus haid teratur.

Untuk para wanita yang siklus haidnya tidak teratur, Anda harus melakukan penghitungan yang agak sedikit rumit. Pasalnya Anda harus mencatat dan mengingat siklus haid Anda sekurang-kurangnya selama 6 bulan terakhir. Jika sudah, tentukan kapan siklus terpendek Anda dan siklus terpanjang Anda. Kemudian untuk siklus terpanjangnya kurangi dengan 11, dan hasilnya adalah hari subur terakhir pada siklus haid terakhir Anda. Sedangkan siklus terpendek dikurangi 18 dan Anda akan mendapatkan hari pertama masa subur Anda pada bulan tersebut.

Namun demikian perlu Anda perhatikan bahwa masa subur wanita setelah menstruasi bukanlah faktor mutlak yang menentukan apakah Anda bisa punya keturunan atau tidak. Masa subur untuk hamil memang sangat baik, namun jika Anda melakukan hubungan dengan pasangan Anda di hari-hari di mana wanita sedang tidak dalam masa subur, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan pasangan. Namun demikian jika Anda dan pasangan melakukan hubungan intim ketika masa subur wanita setelah haid, prosentase atau peluang untuk hamil lebih terbuka lebar.

Cara Menghitung Siklus Masa Subur Dengan Metode Lain
Selain dengan melakukan penghitungan manual seperti yang telah saya jelaskan tadi, sebenarnya ada beberapa metode lain yang lebih mudah dilakukan dan juga lebih akurat hasilnya. Cara pertama adalah dengan menggunakan alat tes masa subur. Di mana alat ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di apotek-apotek terdekat. Alat ini mirip dengan test pack, karena medianya adalah air seni wanita. Tingkat keakuratannya mencapai 90%-95%.

Cara penggunaannya adalah arahkan bagian ujung detektor alat ini ke aliran air seni dan kenai selama beberapa detik, bisa juga dengan mencelupkan ujung detektor ke cup berisi air seni. Tunggu beberapa saat, selama 3-4 menit dan liat hasilnya. Selain itu ada juga cara manual namun lebih tradisional dan tanpa melakukan penghitungan rumus. Metodenya sangat sederhana yaitu dengan memeriksa lendir leher rahim dengan menggunakan jari-jari Anda.

Caranya adalah ambil lendir dari leher rahim, rekatkan jari telunjuk dan ibu jari Anda dan renggangkan sekitar 2-3 cm. Nah, di sinilah letak perbedaan ketika seorang wanita sedang dalam masa subur atau tidak. Pertanda masa subur wanita setelah menstruasi adalah jika ditarik dalam jarak 2-3 cm lendirnya tidak akan putus. Akan tetapi jika baru direnggangkan sedikit saja sudah terputus, maka artinya Anda sedang tidak berada pada masa subur untuk hamil. Cara pemeriksaan masa subur seperti ini tingkat keakuratannya cukup tinggi, yaitu berkisar antara 60%-70%.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa mengetahui masa subur wanita atau istri adalah suatu hal yang penting dalam hubungan suami istri. Apalagi bagi pasangan yang sedang ingin memiliki keturunan. Anda bisa melakukan cara-cara yang praktis dengan menggunakan alat, atau Anda juga bisa melakukan cara berupa penghitungan matematis seperti yang tadi sudah kami contohkan. Dan bagi para wanita masa subur ini sangat dipengaruhi oleh siklus haid atau menstruasi.

Apakah siklus masa subur teratur atau tidak teratur, maka akan memengaruhi pula jadwal masa subur seorang wanita. Saat Anda melakukan hubungan badan dengan pasangan Anda, saat pria sedang akan mengalami orgasme, maka ubah posisi Anda berdua. Jadi meskipun ketika melakukan hubungan badan Anda melakukannya dengan posisi favorit Anda.
« Last Edit: September 12, 2017, 04:52:55 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Siklus Masa Subur Bisa Diketahui Dengan Mudah, Bagaimana Caranya?
« on: September 11, 2017, 07:10:19 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab