FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Larangan Ibu Hamil Muda Yang Tidak Boleh Dilakukan  (Read 430 times)

Offline Ka-Chan

  • Newbie
  • *
  • Posts: 24
Larangan Ibu Hamil Muda Yang Tidak Boleh Dilakukan
« on: August 30, 2017, 05:28:32 PM »
Larangan ibu hamil untuk Anda yang sedang mengandung, atau dalam proses kehamilan, ada baiknya memperhatikan beberapa hal tersebut. Pantangan disini maksudnya ialah larangan atau sesuatu yang harus dihindari oleh seorang ibu yang sedang hamil demi kesehatan dan keselamatan janin maupun sang ibu. Dalam artikel kali ini akan dibahas beberapa pantangan bagi ibu yang sedang hamil berkaitan dengan aktivitas dan kegiatan sehari-harinya.

Aktivitas yang dilakukan oleh ibu sedikit banyak dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ibu dan kondisi kesehatan si bayi. Selain itu kegiatan atau aktivitas yang mempengaruhi kondisi mental si ibu juga akan berpengaruh pada kondisi si janin.Beberapa aktivitas tertentu sebaiknya tidak dilakukan demi menjaga keselamatan si ibu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti keguguran misalnya.
Setiap keluarga wajib berperan dan wajib untuk mengetahui apa saja larangan ibu hamil yang wajib untuk diketahui. Sama halnya dengan berbagai jenis makanan yang harus dihindari bagi ibu yang sedang hamil muda, menghindari beberapa aktivitas atau kegiatan selama hamil juga dapat mempengaruhi kondisi fisik si janin dan si ibu sendiri.

Larangan Ibu Hamil 1 Bulan
Larangan saat Anda sedang hamil muda atau larangan ibu hamil yang wajib anda ketahui, yaitu pada usia kandungan masih muda 0-3 bulan terutama dalam hal kegiatan maupun aktivitas yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan ibu dan janin.

- Suara yang terlalu keras. Maksudnya ibu yang sedang hamil , ada baiknya menghindari untuk mendengar suara yang terlalu keras, atau saura bising. Hal ini dikarenakan akan membuat fisik si ibu menjadi stress terutama suara hingar bingar pesta, dan suara bising lainnya. Hal ini bisa berpengaruh pada pendengaran si bayi terutama pada kehamilan tri-smester pertama

- Pantangan ibu hamil usia muda yang kedua Kegiatan bersepeda. Bersepeda memang bisa membuat tubuh anda semakin bugar terutama jika dilakukan setiap pagi hari. Namun, hal ini memiliki resiko yang cukup besar terutama bagi ibu yang memasuki masa trismester kedua. Semakin besar perut ibu hamil, resiko keguguran akan semakin besar. Cobalah aktivitas lain yang resikonya lebih minimal bahkan tidak ada sama sekali.

- Kegiatan sauna. Walaupun sebenarnya kegiatan ini bisa membantu memperbaiki kondisi mental si ibu, yaitu mampu membuat si ibu tenang, tidak stress. Namun, suhu yang terlalu hangat atau panas bisa mengganggu perkembangan janin, terutama perkembangan otak janin bisa terganggu, pilihlah alternative aktivitas lainnya. Untuk itu sauna adalah salah satu kegiatan yang dilarang saat sedang hamil.

- Hindari dehidrasi. Sebagian dari kita akan merasa haus saat tubuh mengalami dehidrasi, bagi ibu yang sedang hamil muda ada baiknya selalu membawa persediaan air putih kemana-pun dia pergi, terutama saat kegiatan shopping, berrekreasi, atau pada saat bekerja. Dehidrasi bisa mengganggu perkembangan janin bayi

Larangan Ibu Hamil 2 Bulan
Menjalani kehamilan bisa dibilang gampang-gampang susah. Dalam hal ini diperlukan pengetahuan yang luas sehingga kehamilan yang Anda jalani akan melahirkan bayi sehat tanpa adanya gangguan atau cacat. Bagi wanita yang belum memiliki pengalaman, mungkin proses ini terbilang sangat berat. Dalam hal ini penting sekali bagi setiap wanita untuk mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dan larangan ibu hamil.

Larangan bagi ibu hamil tentunya sangat erat kaitannya dengan kesehatan diri sendiri dan juga janin di dalam kandungan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kehamilan dan menghindari hal-hal buruk yang bisa berdampak terhadap perkembangan janin. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil;
- Diet pada waktu hamil
Memiliki berat badan ideal tentunya menjadi dambaan setiap wanita. Bahkan beberapa wanita ingin tetap terlihat cantik ketika menjalani kehamilan. Biasanya salah satu cara yang dilakukan untuk memperoleh tubuh yang indah yaitu dengan diet. Namun pada waktu hamil, diet sama sekali tidak dianjurkan. Hal ini karena akan berdampak buruk terhadap asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Kondisi tersebut tentunya akan mengakibatkan perkembangan janin terganggu.

- Memakai sepatu hak tinggi
Bagi Anda yang sering tampil elegan menggunakan sepatu atau sandal hak tinggi, sebaiknya ketika hamil menyimpan perlengkapan tersebut. Hal ini  terkait dengan kesehatan dan keselamatan Anda serta janin di dalam kandungan. Perlu diketahui bahwa menggunakan sepatu hak tinggi pada waktu hamil bisa mengakibatkan Anda terjatuh. Selain itu, sepatu hak tinggi bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kaki.

- Mengkonsumsi obat tanpa anjuran dokter
Larangan untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dari dokter. Perlu Anda ketahui bahwa semua makanan ataupun obat-obatan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin karena secara tidak langsung makanan tersebut akan diserap melalui plasenta. Maka dari itu, jika Anda merasa tidak enak badan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat.

- Hindari bahan kimia
Ketika Anda sedang hamil sebaiknya menghindari bahan kimia yang berasal dari produk kecantikan ataupun obat-obatan pengusir nyamuk. Obat nyamuk semprot ataupun oles, tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena bisa membahayakan janin di dalam kandungan. Obat pengusir nyamuk yang berbentuk lotion bisa terserap kedalam tubuh melalui pori-pori kulit, kemudian masuk ke dalam darah dan akhirnya sampai ke janin. Hal ini tentunya sangat berbahaya.

- Mengendarai kendaraan bermotor
Bagi Anda yang sedang hamil sebaiknya tidak bepergian jauh yang mengharuskan Anda berada diatas kendaraan. Ibu hami tidak dianjurkan untuk menaiki kendaraan melewati jalanan terjal karena hal ini bisa memberikan guncangan sehingga berdampak buruk terhadap kesehatan janin. Selain itu dikhawatirkan terjadi kontraksi sebelum waktunya maka hal ini menjadi larangan ibu hamil.

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 45
Re: Larangan Ibu Hamil Muda Yang Tidak Boleh Dilakukan
« Reply #1 on: November 21, 2017, 10:00:39 PM »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Re: Larangan Ibu Hamil Muda Yang Tidak Boleh Dilakukan
« Reply #1 on: November 21, 2017, 10:00:39 PM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.