FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Vasektomi Bisa Gantikan Kondom?  (Read 35 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 382
    • Email
Vasektomi Bisa Gantikan Kondom?
« on: August 03, 2017, 04:57:25 PM »
Oleh: Melly Febrida


Ketika pria memilih menggunakan kontrasepsi biasanya pilihannya kondom atau melakukan vasektomi. Keduanya memang bisa mencegah kehamilan pada wanita. Namun, bisakah vasektomi menggantikan peran kondom?

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Andrology menunjukkan, tingkat keberhasilan pembalikan vasektomi memang lebih tinggi dibanding sebelumnya, meski kebanyakan pria sudah melakukan operasi berpuluh-puluh tahun sebelumnya.

Dari hasil teknik membalikkan vasektomi di sekitar 1.200 pasien, penulis melaporkan, rata-rata yang mengalami pergerakan sperma ketika ejakulasi adalah 84 persen. Di antara pria yang melakukan pembalikan vasektomi setidaknya 15 tahun sebelum membalikkannya, dan kesempatan jumlah sperma yang hidup sekitar 75 persen. Usia pasien rata-rata 41 tahun, meski berkisar antara 22 tahun hingga 72 tahun.

Direktur Kesuburan Pria di Penn Fertility Care, University of Pennsylvania, Dr. Puneet Masson,  menjelaskan, setiap pasien yang melakukan vasektomi prosesnya itu permanen dan tak bisa diubah.

Memang , pedoman American Urological Association menyatakan bahwa vasektomi harus dianggap sebagai kontrasepsi bentuk permanen.

Sementara, Dr. Paul Turek, Prisden dari Society for Male Reproduction and Urology, memiliki pandangan tak adil membandingkan vasektomi dengan kondom dalam memilih kontrasepsi.

"Dalam beberapa hal , vasektomi lebih baik, " kata Turek.

Menurutnya, tingkat kegagalan mencegah kehamilan dengan kondom jauh lebih tinggi dibandingkan dengan vasektomi. Planned Parenthood memperkirakan ada 15 hingga 24 kehamilan dari 100 wanita per tahunnya meski dengan penggunaan kondom pada pria, sementara pada vasektomi hanya 1 dari 100 kehamilan. Selain itu, vasektomi tak seperti kondom yang melindungi dari infeksi menular seksual.



Sumber Artikel: http://health.liputan6.com/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Vasektomi Bisa Gantikan Kondom?
« on: August 03, 2017, 04:57:25 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab