FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Hal Penting Untuk Diperhatikan Saat Membuat Menu MPASI 6 Bulan  (Read 195 times)

Offline Ka-Chan

  • Newbie
  • *
  • Posts: 24


Bagi ibu yang baru memiliki anak pertama, ibu harus tahu bagaimana cara membuat menu MPASI 6 bulan. Beruntung sekarang ini tidak sulit lagi bagi ibu untuk mendapatkan referensi mengenai menu makanan untuk bayi usia 6 bulan. Banyak resep menu MPASI yang dibagikan di blog pribadi, website, ataupun di forum para ibu.

Sekalipun ibu sudah mendapatkan referensi tersebut, ibu sebaiknya seleksi dulu. Jangan asal memilih dan mencoba membuat menu makanan tersebut. Harus diperhatikan 3 hal berikut.

Tekstur

Meskipun namanya adalah makanan, tekstur menu MPASI bayi 6 bulan lebih seperti jus. Menu tersebut lembek dan lebih ke cair daripada kasar atau padat. Namun, bukan tidak mungkin ibu boleh membuatkan menu makanan yang sedikit lebih kasar ya bu. Yang pasti, jangan sampai ibu memberikan menu MPASI yang kasar layaknya makanan yang ibu konsumsi sendiri.

Tekstur yang lembek, cair, dan tidak padat ini lebih seperti bubur. Akan tetapi, tidak itu saja menu makanan yang baik untuk bayi 6 bulan. Buah yang diblender pun sangat dianjurkan. Apalagi buah tersebut mengandung serat yang tinggi.

Selain buah, ibu juga bisa membuat menu MPASI yang berbahan sayuran. Pilih sayuran yang ibu ingin masak lalu lembutkan dengan mesin blender dengan menambahkan air. Mudah, kan?

Komposisi
Ibu pasti berpikir dengan memberikan makanan yang komplit, maka si kecil bisa mendapatkan nutrisi lebih banyak. Memang itu benar sekali. Namun, tidak untuk sekarang yang usia bayi ibu baru 6 bulan. Para ahli kesehatan bayi tidak menyarankan untuk membuat menu MPASI dari berbagai jenis bahan.

Usia 6 bulan adalah usia di mana bayi baru mengenal makanan. Sistem pencernaan juga baru beradaptasi untuk mencerna jenis makanan yang sedikit lebih padat, tidak lagi ASI yang sangat cair. Untuk itu, ada baiknya ibu membuatkan menu makanan yang terbuat dari satu jenis bahan. Ibu bisa membuat menu makaan dari satu jenis sayuran atau buah saja. Jika ibu membuatkan bubur, gunakan beras, sereal, kentang, dan bahan tunggal lainnya.

Rasa

Banyak sekali tujuan memberikan menu MPASI untuk bayi 6 bulan. Bayi usia 6 bulan sudah memerlukan nutrisi dalam jumlah yang banyak. ASI saja tidak cukup. Oleh sebab itu, ibu disarankan untuk membuatkan menu MPASI.
Selain itu, menu MPASI juga akan membuat bayi mencoba berbagai jenis rasa, tidak hanya rasa ASI. Maka dari itu, ada baiknya ibu membuatkan menu MPASI yang berbeda-beda. Ibu bihsa membuat menu makanan yang rasanya bervariasi. Tujuannya agar bayi mengenal berbagai macam rasa supaya.

Tiga hal tersebut di atas harus ibu perhatikan saat membuat menu MPASI. Tentu saja ada hal lain yang lazim harus ibu perhatikan seperti kandungan gizi, kebersihan dan kehigienisan makanan. Dan 3 hal tersebut di atas menjadi pelengkap agar supaya si kecil benar-benar mendapakan kebaikan dari menu MPASI.

Setelah beberapa hari ibu memberikan menu MPASI, ibu tidak boleh kaget. Biasanya, ada efek yang sering terjadi seperti susah buang air besar. Ini sangat bisa dipahami mengingat sistem pencernaan selama 6 bulan penuh hanya mengkonsumsi ASI yang cair saja. Ketika pertama kali mengkonsumsi makanan, sistem pencernaan belum bisa mencerna secara sempurna sehingga bayi mengalami susah buah air besar.

Meskipun ini hal yang wajar, bukan berarti ibu tidak perlu melakukan apa-apa. Pertolongan pertama perlu ibu lakukan.
Yang pertama, ibu perlu memberikan lebih banyak ASI lagi. Ini diperlukan agar bayi mendapatkan cairan sehingga makanan yang terlalu padat di dalam perut menjadi sedikit lebih cair dan sisa makanan bisa dikeluarkan dengan mudah.
Yang kedua, berikan menu makanan yang terbuat dari buah atau sayuran. Selama masalah buang air besar belum selesai, sebaiknya ibu buatkan menu makanan bayi 6 bulan yang terbuat dari buah atau sayuran. Pasalnya, di dalam buah dan sayuran, terdapat serat dalam jumlah yang banyak. Serat tersebut berperan untuk mengatasi masalah susah buang air besar yang dialami oleh si kecil.
Yang ketiga, buatkan menu makanan yang sedikit lebih cair. Stop dulu pemberian bubur. Buatkan menu MPASI yang terbuat dari buah yang banyak mengandung air seperti buah apel, pir, dan buah naga.

Jadi, ibu tidak boleh asal-asalan dalam membuat menu MPASI. Sekalipun ibu mendapatkan resep MPASI, jangan langsung pilih. Perhatikan dulu tekstur, komposisi, serta rasa. Selain itu, kandungan nutrisi juga harus lengkap dan seimbang agar tumbuh kembang bayi lebih optimal.
Jika ibu dalam perjalanan atau tidak sempat membuatkan menu MPASI sendiri, ibu bisa berikan Nestle Cerelac. Ini merupakan bubur bayi instan. Jangan khawatir bu. Meskipun instan, bubur bayi ini tidak berbahaya. Karena bubur ini untuk bayi, maka tidak ada bahan pengawet di dalamnya. Kandungan nutrisinya pun sangat lengkap, mulai dari zat besi, kalsium, hingga vitamin lengkap ada di bubur tersebut. Ini cocok sekali ibu pilih sebagai makanan bayi saat ada di perjalanan. Cara membuatnya sangat mudah. Tinggal seduh dengan air hangat lalu sajikan untuk si kecil.

Sekalipun ibu sudah diperbolehkan memberikan menu MPASI 6 bulan, tetap saja ibu harus memberikan ASI. Pemberian ASI tetap harus diberikan hingga usia balita 2 tahun.
« Last Edit: August 03, 2017, 03:58:23 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab