FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Belum Menikah Tapi Memiliki Kista? Begini Penjelasan Dokter Kandungan  (Read 8 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 358
    • Email
Oleh: Muhamad Reza Sulaiman


Wanita yang belum menikah bukan berarti tidak bisa memiliki kista. Dokter mengatakan kista bisa saja muncul di rahim meskipun wanita belum menikah.

Dikatakan dr Ferdhy Suryadi Suwandinata, SpOG dari RS Siloam Kebon Jeruk, kista adalah tumor jinak yang sering ditemui. Jenisnya pun bermacam-macam dan tidak semuanya tergolong ganas dan berbahaya.

"Semua wanita yang memiliki indung telur, masih usia produktif dan sudah menstruasi pasti ada risiko punya kista, dan ini bukan hal yang aneh. Yang berbahaya justru kalau ada kista tapi dia belum menstruasi atau sudah menopause," tutur dr Ferdhy.

dr Ferdhy mengatakan penyebab kista yang muncul pada wanita belum menikah bermacam-macam. Namun ada dua faktor utama yang harus jadi perhatian, yakni riwayat genetik keluarga dan pola hidup termasuk makanan, lingkungan hingga pola tidur.

Ia juga menegaskan bahwa tidak semua kista harus diangkat. Kista yang diangkat hanya kista yang memiliki kecurigaan ganas, tumbuh membesar dan menyebabkan rasa nyeri atau tidak nyaman pada pasien.

"Kalau belum menikah sih tidak disarankan atau ukuran kistanya hanya 2 cm itu nggak perlu dibuang. Tapi kalau di USG terlihat ada kecurigaan ganas, memang sebaiknya dibuang," tandasnya lagi.

Beberapa jenis kista seperti kista endometriosis atau kista coklat tidak membutuhkan tindakan operasi. Karena berisi darah, kista bisa dikempeskan dengan mengeluarkan cairannya saja.

Satu hal yang membuat wanita khawatir atau enggan terhadap operasi kista adalah adanya anggapan bahwa prosedur akan membuat seseorang sulit hamil. Ini juga dikoreksi oleh dr Ferdhy bahwa tidak semua kista menyebabkan masalah sulit hamil.

Terakhir, dr Ferdhy berpesan agar wanita yang belum menikah tidak perlu malu memeriksakan kondisi rahimnya bila memiliki keluhan seperti haid tidak teratur, nyeri saat haid atau rasa tidak nyaman di perut.

"Nggak masalah, biasa saja periksa ke dokter kandungan. Saya banyak pasien yang belum menikah juga kok. Kalau periksa ke dokter kan nggak ada bedanya menikah atau nggak," ujarnya.



Sumber Artikel: https://health.detik.com/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab