FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Tak Cuma Kesuburan, Premarital Checkup Ini Juga Perlu Dilakukan  (Read 15 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 346
    • Email
Oleh: Benedikta Desideria


Kondisi kesuburan (fertilitas) pasangan kerap yang menjadi sorotan utama saat pasangan melakukan premarital checkup jelang menikah. Namun ada kondisi kesehatan lain dari masing-masing pasangan yang sebenarnya juga perlu dilakukan pengecekan.

Dokter kebidanan dan kandungan, Bramundito, mengungkapkan selain kesuburan pasangan perlu mengetahui kondisi kesehatan lain seperti penyakit menular dan kronis, sehingga bisa dilakukan pencegahan atau pengobatan sebelum menikah. "Sebagai calon suami istri harus tahu suami ada hepatitis tidak, HIV atau penyakit menular seksual lainnya atau tidak, sehingga nanti bisa dilakukan upaya pencegahan," kata pria yang akrab disapa dokter Bram.

Memang tidak ada standar pemeriksaan apa saja yang perlu dilakukan. Paling tidak, dokter Bram mengatakan pasangan yang akan menikah sebaiknya melakukan tes kesehatan hepatitis, HIV, dan TBC.

"Dengan premarital checkup, seseorang jadi lebih mengenal pasangannya serta bisa mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menjaga dan merawat satu sama lain tetap sehat," pesannya.



Sumber Artikel: http://health.liputan6.com/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab