FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Spiral: Cara Jitu Menghindari Kehamilan  (Read 121 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 400
    • Email
Spiral: Cara Jitu Menghindari Kehamilan
« on: June 14, 2017, 03:41:18 PM »
Oleh: dr. Anita Amalia Sari


Perencanaan keluarga merupakan suatu hal yang sangat penting dalam sebuah rumah tangga. Bagi seorang wanita, usia 20 hingga 35 tahun merupakan waktu yang tepat untuk hamil dan melahirkan karena memiliki risiko paling rendah bagi ibu dan janin yang dikandung. Setelah melahirkan, jarak terbaik antar melahirkan dengan hamil berikutnya adalah 2 hingga 4 tahun.

Hal ini bertujuan agar dapat menurunkan risiko pada kehamilan dan persalinan berkutnya serta merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan kasih sayang dan perhatian orangtua terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.

Saat ini banyak sekali metode yang dapat digunakan untuk mencegah atau merenggangkan kehamilan. Salah satu metode yang dikenal cukup efektif adalah metode alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) / intra uterine device (IUD) atau yang lebih dikenal awam dengan sebutan “spiral”.

Lalu apa yang dimaksud dengan AKDR? Berikut ini penjelasannya:


Apa yang dimaksud dengan AKDR?

AKDR merupakan sebuah metode pencegahan kehamilan dengan cara memasukkan alat ke rahim. Alat tersebut akan menimbulkan reaksi peradangan lokal di dalam rahim sehingga menghambat terjadinya pembuahan. AKDR juga menghambat pergerakan sperma sehingga memaksa sperma berenang melawan arus.


Kapan sebaiknya memasang AKDR?

Sebaiknya pemasangan AKDR dilakukan saat haid untuk memastikan bahwa saat tersebut Anda memang sedang tidak haid selain itu saat haid mulut rahim lebih elastis dan mudah membuka sehingga memudahkan untuk memasukkan AKDR. Namun sebenarnya pemasangan AKDR dapat dilakukan kapanpun dengan syarat diketahui bahwa sedang tidak hamil.


Pengguna AKDR diwajibkan untuk kontrol ke dokter kandungan dan kebidanan setidaknya setahun sekali salah satunya untuk mengetahui letak AKDR. Anda tidak perlu takut untuk memasang AKDR, selama dilakukan oleh tenaga ksehatan yang berkompetensi kemungkinan lepasnya AKDR sangat kecil.



Sumber Artikel: www.klikdokter.com

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 16
Re: Spiral: Cara Jitu Menghindari Kehamilan
« Reply #1 on: December 03, 2017, 08:00:37 PM »
Mau nanya dong, kalau spiral dengan pil KB atau pull out lebih manjur mana ya?

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Re: Spiral: Cara Jitu Menghindari Kehamilan
« Reply #1 on: December 03, 2017, 08:00:37 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab