FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Berat Badan Anak Naik Terus? Hati-Hati Obesitas  (Read 145 times)

Offline ani.aya

  • Newbie
  • *
  • Posts: 9
Berat Badan Anak Naik Terus? Hati-Hati Obesitas
« on: April 13, 2017, 02:13:35 PM »
Pola asuh orang tua bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak, mulai dari kesehatan hingga psikologi si kecil. Salah satu hal yang paling terlihat dari pola asuh bisa diukur dari kesehatan anak. Dimana kesehatan anak juga bisa dipengaruhi oleh berat badan anak, karena itu orang tua perlu memonitoring perkembangan berat badan anak sejak bayi. Umumnya, berat badan anak bisa dipengaruhi oleh makanan dan pola asuh yang kurang baik. Lalu bagaimana jika anak Anda mulai mengalami gejala obesitas?

Bagi orang dewasa, diet untuk menurunkan berat badan bisa menjadi alternatif untuk mengatasi obesitas. Tapi cara ini kurang cocok diterapkan pada anak, terutama balita. Pasalnya, anak di bawah usia 5 tahun sangat membutuhkan asupan gizi seimbang untuk mendukung pertumbuhannya. Resiko lainnya, program diet pada anak ditakutkan bisa mempengaruhi nafsu makan anak akibat pembatasan terhadap makanan.

Untuk itu, Ibu perlu tahu dulu apa penyebab berat badan si kecil terus naik? Mungkin beberapa hal berikut bisa membantu Ibu menemukan cara untuk menjaga berat badan si kecil tetap ideal.

  • Ajak Anak Lebih Aktif Bergerak
Terkadang ada anak yang agak 'malas' untuk bergerak. Bukan berarti dia sakit, tapi bisa saja karena aktivitas yang dilakukan tidak menarik untuknya. Atau bisa juga si anak memang tidak menyukai aktifitas fisik yang melelahkan.

Salah satu fenomena yang saat ini terjadi adalah kebanyakan anak malas bergerak karena terlalu asik bermain gadget. Berbeda dengan anak di zaman Ibu yang senang bermain di luar dan melakukan banyak aktifitas fisik. Anak zaman sekarang banyak yang lebih suka duduk manis dan bermain game seharian. Mungkin ini menjadi salah satu faktor yang membuat berat badan anak terus meningkat.

Untuk mengantisipasinya, Ibu bisa membatasi jam bermain anak dengan gadget agar mereka tidak terlalu lama berdiam di satu tempat saja. Ibu juga perlu mengajak si kecil ke tempat-tempat seperti taman bermain atau sarana olahraga seperti kolam renang. Semakin banyak bergerak, diharapkan metabolisme tubuh berjalan dengan baik, sehingga berat badan bisa terjaga.

  • Faktor Psikologi Anak
Bukan orang dewasa saja yang bisa stres, anak kecil juga bisa. Salah satu faktornya bisa karena mereka bosan akibat terkekang oleh orang tuanya. Di sinilah, pola asuh orang tua bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada anak.

Untuk antisipasi hal ini, Ibu perlu lebih mengerti si anak. Jangan terlalu mengekang atau memaksa anak untuk selalu mengikuti kemauan orang tua. Atau sekali-kali orang tua juga perlu mengajak bertamasya agar mereka tidak bosan di rumah.

  • Jaga Asupan Makanan Anak, Tapi Bukan Membatasinya
Susu, salah satu minuman wajib untuk balita karena mengandung nutrisi lengkap untuk mendukung tumbuh kembangnya. Tapi, Ibu juga perlu hati-hati karena pemberian susu yang tidak teratur bisa membuat berat badan anak naik tak terkendali. Untuk pemberian susu anak secara ruti, coba perhatikan dulu kandungan lemaknya. Jika si kecil kuat minum susunya, akan lebih baik jika Ibu memberi susu anak rendah lemak.

Kentang, sumber karbohidrat dengan tambahan nutrisi seperti vitamin C, B6, potassium, zat besi, dan serat tinggi. Memberikan kentang pada anak bisa membantu menjaga berat badannya. Karbohidrat pada kentang 'agak' sulit dicerna sehingga penyerapan oleh tubuh pun terbatas, hal ini baik karena bisa membuat anak cepat kenyang sehingga bisa membatasi asupan makanan lain. Kentang juga bisa menjaga kesehatan usus anak dan mengurangi kolesterol.

Kacang Polong sudah bisa dikonsumsi oleh si kecil sejak usia 6 bulan. Mengandung vitamin A, C, K, protein, kalsium, potassium, omega 3, dan magnesium yang baik untuk perkembangan anak. Manfaat lain, kacang polong bisa mencegah asma dan penyakit hati pada anak.

Selain beberapa tips di atas, mungkin masih ada cara lain untuk menjaga berat badan anak agar tetap ideal dan terhindar dari obesitas. Ayo share pengalaman Anda disini.  ;D


Sumber: ceritawanitamodern.com, portalgayahidup.com
« Last Edit: April 13, 2017, 02:31:40 PM by yeobeseyo »

Offline melissajose82

  • Newbie
  • *
  • Posts: 11
Re: Berat Badan Anak Naik Terus? Hati-Hati Obesitas
« Reply #1 on: August 10, 2017, 12:50:49 PM »
Oh ya. Pola makan teratur sangat membantu loh bun. Aku baca di sini: nutriclub.co.id/kategori/balita/nutrisi/cegah-obesitas-pada-balita
« Last Edit: August 11, 2017, 02:29:01 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Re: Berat Badan Anak Naik Terus? Hati-Hati Obesitas
« Reply #1 on: August 10, 2017, 12:50:49 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab