FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Abses, Veruca vulgaris / Kutil, Skin Tag, Kista Ateroma, Ganglion, Lipoma  (Read 3125 times)

Offline Pusat Khitan

  • Newbie
  • *
  • Posts: 6
    • Email
Abses adalah merupakan sekumpulan nanah yang terdapat pada sebuah rongga di jaringan yang diakibatkan oleh infeksi, menimbulkan gejala bengkak, kemerahan, nyeri dan menimbulkan demam.

Veruca Vulgaris / Kutil adalah Veruca vulgaris / Kutil adalah merupakan pertumbuhan kulit jinak yang berukuran kecil yang biasa permukaan kasar yang diakibatkan oleh virus papiloma.

Skin tag adalah merupakan pertumbuhan kulit yang tidak normal yang biasa bertangkai, biasanya pertumbuhannya lambat dan sifatnya tidak ganas. Biasanya tidak menimbulkan keluhan hanya menggangu secara kosmetik.

Kista Ateroma adalah suatu kelenjar keringat yang tersumbat muara kelenjarnya, sehingga kotoran keringat tidak keluar yang mengakibatkan penumpukan dan benjolan. Biasanya adanya bintik pada puncak benjolan yang merupakan muara kelenjar yang tersumbat.

Ganglion adalah  kista yang terbentuk dari kapsul suatu sendi atau sarung suatu tendo. Kista ini berisi cairan kental jernih yang mirip dengan jelly yang kaya protein. Kista merupakan tumor jaringan lunak yang paling sering didapatkan pada tangan. Ganglion biasanya melekat pada sarung tendon pada tangan atau pergelangan tangan atau melekat pada suatu sendi; namun ada pula yang tidak memiliki hubungan dengan struktur apapun. Kista ini juga dapat ditemukan di kaki. Ukuran kista bervariasi, dapat bertambah besar atau mengecil seiring berjalannya waktu dan bahkan menghilang. Selain itu kadang dapat mengalami inflamasi jika teriritasi. Konsistensi dapat lunak hingga keras seperti batu akibat tekanan tinggi cairan yang mengisi kista sehingga kadang didiagnosis sebagai tonjolan tulang.

Lipoma adalah tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak. Berbentuk benjolan lunak, kuning terang dan dikelilingi oleh kapsul yang tipis, tidak disertai nyeri. (nyeri timbul jika lipoma di tekan dan di pijat). Biasanya tidak memerlukan pengobatan, kecuali jika menimbulkan rasa nyeri, mengganggu pergerakan dan secara kosmetik memberikan rasa tidak nyaman.
« Last Edit: January 08, 2016, 10:05:30 AM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.