FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Kenali Varises Dan Penanggulangannya  (Read 2499 times)

Offline sunshine3185

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 541
Kenali Varises Dan Penanggulangannya
« on: May 28, 2013, 02:09:05 PM »
Varises selama ini cenderung dianggap sepele. Padahal, faktanya penyakit ini bisa menyebabkan kematian mendadak.
“Tak lain penyebabnya adanya pembekuan darah yang masuk ke paru-paru dan jantung,” ujar Spesialis Bedah Vaskuler, Dr. R. Suhartono, SpB (K), saat ditemui di Rumah Sakit Premier Bintaro.
Varises atau Chronic Venous Disease merupakan penyakit yang terjadi karena pembuluh vena yang dekat dengan kulit mengalami pelebaran, berwarna kebiruan, membesar, dan berkelok-kelok. Kondisi ini umumnya terjadi pada usia 30 hingga 70 tahun-an.
Penyakit ini juga berhubungan erat dengan kelemahan struktur tonus otot pembuluh darah balik (vena). Artinya, vena tak memiliki kekuatan cukup untuk mendorong darah kembali ke peredaran, karena arah alirannya ke atas. Untuk membantu darah bergerak ke atas, vena dilengkapi dengan katup.
Katup terbuka untuk membiarkan darah mengalir dan katup akan menutup kembali setelah darah telah melaluinya. Akan tetapi, ketika tonus otot di sekitar pembuluh vena kurang kekuatannya atau lemah, maka terjadilah aliran darah terhenti dan darah cenderung berkumpul di dasar vena, sehingga melebar. Akibatnya timbul pengendapan darah pada pembuluh vena.
Saat telah terjadi penggumpalan pada pembuluh darah, maka akan memunculkan gejala klinis seperti kaki terasa berat, nyeri, gatal, rasa terbakar, keram di malam hari, dan terjadi perubahan kulit serta kesemutan. 
Varises terdiri atas empat jenis. Berikut daftarnya.
- Spider Navy Varises
Dibandingkan jenis varises lainnya, Spider Navy Varises termasuk ringan. Varises jenis ini biasanya ditemukan di bagian tubuh, seperti paha, daerah lutut, pangkal lengan, tumit, dan pangkal lengan.
Penyebabnya antara lain paparan sinar Matahari terus-menerus, hamil, pengobatan hormonal, dan faktor keturunan. Varises ini bisa diatasi dengan terapi memakai sinar laser serta alat listrik.
- Varises Dalam Kulit
Varises ini terjadi pada pembuluh vena halus dan tipis yang letaknya di dalam kulit bagian kaki. Varises dalam kulit bisa diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan yang dapat memperkuat dinding vena sekaligus memperlancar aliran darah.
- Varises Resticular Varicose Veins
Ini adalah varises yang kondisinya lebih parah. Varises Resticular Varicose Veins terjadi karena pelebaran pembuluh darah terjadi di pembuluh vena bawah kulit.
Penyakit ini juga bisa diatasi dengan menggunakan obat yang dapat memperkuat dinding vena serta melancarkan peredaran darah. Atau solusi lainnya bisa dilakukan dengan menyuntikkan zat anti iritasi ke dalam pembuluh darah yang rusak atau melebar.

- Varises Kronik
Pembuluh darah yang berkelok-kelok di betis akan tampak jika Anda mengalami jenis varises ini. Hal yang patut dihindari adalah memijat area tersebut karena bisa membahayakan --pembuluh bisa pecah--.
Langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan bedah atau pemotongan pembuluh vena yang rusak, sehingga aliran darah dapat kembali normal.

Offline sunshine3185

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 541
Re: Kenali Varises Dan Penanggulangannya
« Reply #1 on: May 28, 2013, 02:42:37 PM »
Selulit bisa dikatakan menjadi salah satu musuh terbesar wanita. Hampir semua wanita selalu dihantui dengan kemunculan selulit di beberapa bagian tubuh, khususnya bagian paha, pinggul dan bokong, di mana distribusi lemak lebih dekat ke kulit.

Area-area tersebut menekan serat kolagen yang menghubungkan kulit ke otot, menciptakan kantong-kantong kecil dari lemak yang menyebabkan terbentuknya lesung pada permukaan kulit yang dinamakan selulit.

Namun, saat ini terdapat sebuah perawatan kosmetik yang disebut-sebut sangat ampuh untuk mengusir selulit. Majalah The Sunday Time Style melaporkan perawatan baru selulit menggunakan laser yang dinamakan Cellulaze. Perawatan ini diklaim mampu mencairkan lemak, dan menghilangkan kantong-kantong kecil lemak yang membentuk selulit.

Perawatan seharga 2.500 Euro tersebut telah melewati percobaan penelitian yang memberi hasil cukup signifikan.

Seperti dikutip dari Daily Mail, wanita yang melakukan satu kali perawatan Cellulaze mampu menghilangkan selulit dan mempertahankan tubuh bebas selulit selama tiga tahun ke depan. Perawatan ini mengharuskan pasien dianastesi lokal dan obat penenang ringan serta memakan waktu selama dua jam.

Langkah selanjutnya, penyisipan batang laser pada area tepat di bawah kulit. Sinar laser kemudian mampu meluruhkan lemak dan memanaskan jaringan tisu.

Metode ini diklaim, juga mampu mempromosikan kulit yang lebih kencang dan halus karena laser langsung mengenai struktur selulit. Selain itu, perawatan ini juga mampu menstimulasi produksi kolagen di bawah kulit dan pada banyak kasus memberikan hasil yang lebih baik daripada perawatan selulit lainnya.

Dokter bedah kosmetik, Angelica Kavouni di Cadogan Clinic di London telah melakukan perawatan ini pada 15 wanita.

"Saya sangat optimis perawatan ini akan berhasil, namun saya pikir kebanyakan pasien juga harus mengubah gaya hidup mereka seperti melakukan diet dan berolahraga untuk mendapatkan hasil yang lebih baik," ujarnya.

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Re: Kenali Varises Dan Penanggulangannya
« Reply #1 on: May 28, 2013, 02:42:37 PM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.