FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Manfaat Ciuman Bagi Kesehatan  (Read 1995 times)

Offline sunshine3185

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 541
Manfaat Ciuman Bagi Kesehatan
« on: December 19, 2012, 03:58:18 PM »
Ketika cinta hadir, ciuman bibir seringkali menjadi elemen penting untuk mengungkap rasa. Semua terjadi begitu alamiah saat dua pasang bibir sudah terkunci.

Terlepas seksualitas yang terbangun, ciuman menjadi elemen penting dalam sebuah hubungan. Tak melulu beradu bibir, tapi juga bentuk-bentuk ciuman hangat di kening atau pipi, seperti dilansir Your Tango.

Berdasar survei yang dilakukan confetti.co.uk terhadap 3.000 pasangan berumah tangga di Inggris, pasangan yang berciuman empat kali sehari memiliki ikatan emosional lebih erat. Yang merupakan dasar hubungan langgeng dan harmonis.

Namun faktanya, intensitas ciuman justru cenderung menurun setelah menikah. Survei di Inggris menunjukkan, satu dari lima pasangan menikah tidak lagi memiliki hasrat ciuman. Bisa bertahan tak ciuman selama seminggu. Dan ketika bibir akhirnya bertemu, ciuman tak sampai lima detik. Hanya sekitar lima persen yang mengaku masih menikmati intensitas ciuman.

Lewat buku 'The Science of Kissing: What Our Lips Are Telling Us', Sheril Kirshenbaum mencoba mengalisis kecenderungan. Dalam sebuah pernikahan, ciuman rupanya bukan untuk membangun ikatan emosional. Melainkan menjadi cara untuk mencapai 'tujuan', yakni pemanasan sebelum memasuki hubungan percintaan yang lebih intim.

Kesehatan
Terlepas etika moral, sejumlah literatur mengungkap bahwa ciuman memiliki daya efektif untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

- Ciuman Cegah Penyakit Jantung
Ciuman dalam waktu lama memiliki manfaat positif terhadap sistem peredaraan darah dan jantung. Saat seseorang berciuman, denyut nadi akan terpacu lebih cepat hingga 110 ketukan per menit. Kondisi ini sangat baik untuk melatih kerja jantung.

- Ciuman Cegah Penyakit Paru-paru
Usai ciuman, paru-paru akan bekerja keras dan mampu menghasilkan 60 tarikan nafas per menit. Dalam kondisi normal, hanya 20 tarikan nafas. Seperti sistem ventilasi udara, semakin banyak tarikan nafas pertukaran udara di paru-paru pun semakin baik. Kondisi ini merupakan terapi yang baik untuk mencegah penyakit paru-paru.

- Ciuman Cegah Karang Gigi
Sejumlah dokter gigi mempercayai ciuman dapat mencegah pembentukan karang gigi. Ciuman menstimulasi produksi air liur yang dapat menghancurkan asam yang melapisi gigi.

- Ciuman Cegah Stres
Ciuman lebih dari tiga menit membantu kita melawan stres. Ciuman dalam waktu lama menstimulasi reaksi kimia yang mampu menghancurkan hormon stres.

Meski demikian, ciuman bibir hendaknya dilakukan dengan tingkat kewaspadaan tinggi. Menurut penelitian di Inggris, ciuman yang merupakan bagian kehidupan romantis juga bisa menyebarkan kuman dan mengganggu kekebalan pasangannya. Sebab, kita tak pernah tahu apakah air liur pasangan mengandung virus atau tidak.

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Manfaat Ciuman Bagi Kesehatan
« on: December 19, 2012, 03:58:18 PM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.