FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Pernah terinfeksi toxoplasma, bolehkah hamil?  (Read 8253 times)

Offline Ana

  • Newbie
  • *
  • Posts: 1
Pernah terinfeksi toxoplasma, bolehkah hamil?
« on: June 07, 2006, 01:15:11 AM »
Saya ibu rumah tangga, usia 30 tahun. Saya pernah terinfeksi toxoplasma dan hal itu diketahui setelah saya melakukan pemeriksaan laboratorium.

Saya pernah mempunyai seorang anak yang cacat bawaan bibir sumbing, tetapi anak saya sekarang meninggal dunia karena sakit dalam usia 1,5 tahun. Sebelum hamil saya sudah melakukan pemeriksaan laboratorium dengan hasil sebagai berikut :
Anti Toxoplasma IgM - negatif
Anti Toxoplasma IgG - positif (kons = 268)
Dari hasil konsultasi dengan dokter spesialis kandungan saya langsung diperbolehkan hamil tanpa ada pengobatan terlebih dahulu. Dan perlu diketahui juga bahwa saya memang mempunyai riwayat keturunan bibir sumbing, beberapa kerabat saya mempunyai anak yang cacat bibir sumbing

Baru-baru ini saya melakukan pemeriksaan laborataorium kembali dengan hasil  sebagai berikut :
Anti Toxoplasma IgM - negatif
Anti Toxoplasma IgG - positif (kons = 215)
Dari hasil konsultasi dengan dokter spesialis kandungan, saya diberi obat spiramycin,acyclovir dan vitamin E400i.u selama 1 bulan.

Yang ingin saya tanyakan adalah :
1. Saya berencana untuk punya anak lagi. Dengan hasil pemeriksaan laboratorium yang terakhir,bolehkah saya hamil?
2. Adakah efek dari pemakaian obat antibiotik selama 1 bulan tersebut terhadap rahim?Bolehkan saya langsung hamil setelah pemakaian obat antibiotik?
3. Apakah ada hubungan penyakit toxoplasma yang pernah saya derita (Anti Toxoplasma IgG - positif (kons = 268)) dengan cacat bawaan bibir sumbing anak saya yang pertama?

Saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter, karena saya agak trauma dengan kejadian anak saya yang pertama, sehingga rencana anak saya yang kedua ini, saya ingin mencari informasi-informasi  terlebih dahulu sebelum saya hamil lagi.

Sebelumnya terima kasih dok,
salam,
Ana

Offline dr_agus

  • Moderator
  • Newbie
  • *****
  • Posts: 3
Re: Pernah terinfeksi toxoplasma, bolehkah hamil?
« Reply #1 on: June 08, 2006, 12:13:34 PM »
Yth Ibu Ana,
Pertama saya ikut prihatin atas anak ibu yang pertama. Tentang toxoplasma, IgM menunjukkan bahwa umumnya penyakitnya akut (sedang terjadi), sedang IgG menunjuukkan penyakit udah lampau (selesai) atau menunjukkan kekebalan terhadap penyakit tsb. Kelainan yang berhubungan dengan toxoplasma yang sering adalah kelainan syaraf, otak (mikrocephalus=kepala kecil, hidrocephalus=kepalanya besar berisi cairan, biasanya disertai IQ yang rendah), juga kadang2 disertai kelainan jantung, pada umumnya tidak berhubungan dengan bibir sumbing yang seringkali disebabkan faktor lain, misalnya kekurangan mineral, asam folat dll. Jadi silakan kalo ibu mau hamil lagi, advis saya silakan minum asam folat sejak 3 bulan sbl merencanakan hamil s/d trimester 1 kehamilan. O iya, mengenai antibiotika yang diminum kemarin tidak berpengaruh pada kehamilan saat ini.
Salam, semoga berhasil baik.
Agus Sulistyono,dr,SpOG

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Re: Pernah terinfeksi toxoplasma, bolehkah hamil?
« Reply #1 on: June 08, 2006, 12:13:34 PM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.