FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab



Recent Posts

Pages: 1 ... 8 9 [10]
91
Ibu tidak akan menganggap sepele alergi makanan pada anak setelah tahu informasi yang satu ini. Selama ini, banyak orang tua yang menganggap alergi pada anak itu hanya mengakibatkan munculnya bintik-bintik merah pada kulit. Dan itu membuat anak tidak nyaman karena gatalnya luar biasa. Ia susah tidur karena sering merasa gatal, sering menangis, serta biasanya dibarangi dengan demam yang tinggi.
Namun, ada hal yang lebih berbahaya lagi, yaitu anafilaksis. Apa itu anafilaksis?

Sekilas Mengenai Anafilaksis

Ada banyak sekali artikel yang mengulas mengenai kesehatan bayi dan balita. Namun, hanya sedikit yang membahas tentang hal yang lebih spesifik. Contohnya saja anafilaksis.
Mungkin Anda rajin mengikuti twitter seorang dokter anak yang suka berbagi informasi mengenai kesehatan anak. Di sana ibu bisa mendapatkan info lebih akurat. Atau akan lebih baik jika sesekali ibu mengikuti seminar yang narasumbernya adalah seorang dokter anak.
Anafilaksis biasanya dibahas oleh pakar kesehatan anak. Pasalnya, ini bukan kondisi yang biasa. Memang ini adalah alergi pada anak. Namun, bukan alergi biasa. Para ahli kesehatan lebih mempermudah dengan penjelasan anafilaksis merupakan alergi yang parah.

Ada beberapa tanda yang menunjukkan anak mengalami anafilaksis. Salah satunya adalah sulitnya bernafas. Biasanya, alergi hanya ditunjukkan dengan munculnya bintik merah dan gatal pada kulit. Akan tetapi, hal ini juga bisa berimbas pada naiknya suhu tubuh. Anak menjadi demam. Dan jika demam sangat tinggi, organ tubuh lainnya juga bisa terpengaruh, tak terkecuali sistem pernafasan. Maka dari itu, ketika anak alergi makanan dan mengalami sesak nafas, bukan tidak mungkin ia mengalami anafilaksis.
Tidak hanya sesak nafas. Anafilaksis juga ditandai dengan tekanan darah yang turun sangat drastis yang berakibat juga anak mengalami pingsan.

Berbahaya sekali, bukan? Maka dari itu, ibu tidak boleh menganggap sepele alergi makanan ini. Ini bukan sekedar masalah kulit atau sistem pencernaan saja. Imbasnya yang berbahaya.


Mengapa Anak Alergi Makanan

Sekarang, ibu pasti ingin tahu bagaimana agar anak terhindar dari alergi makanan. Sayangnya, tidak banyak hal yang bisa ibu lakukan. Anak diketahui alergi terhadap makanan setelah makanan tersebut dikonsumsi. Maka dari itu, bukan pencegahan yang diperlukan tapi tindakan langsung seperti apa yang perlu ibu lakukan ketika anak alergi makanan.

Sebelum itu, harus dipahami dulu apa itu alergi makanan. Ini merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana tubuh seorang anak terlalu protektif terhadap suatu zat atau nutrisi yang terkandung di dalam makanan tertentu. Sistem imun tubuh anak menganggap hal tersebut sebagai suatu ancaman. Akibatnya, tubuh merespon dengan memunulkan tanda-tanda alergi.
Maka dari itu, sebenarnya alergi itu bukan masalah kesehatan. Tubuh belum mengenal suatu zat tertentu saja.

Dari penjelasan singkat tersebut, ibu tahu kan bahwa sebenarnya bukan makanan tertentu saja yang harus diperhatikan tapi zat atau kandungan nutrisinya. Contohnya saja, jika anak alergi terhadap daging sapi, bukan berarti ia tidak alergi terhadap daging yang lain. Kemungkinan besar ia alergi terhadap kandungan protein hewani yang terlalu tinggi. Dan itu artinya ibu sebaiknya tidak memberikan makanan atau minuman yang kandungan proteinnya terlalu tinggi.

Sekarang, sudah jelas kan apa yang dimaksud dengan alergi makanan pada anak? Selanjutnya, ibu harus tahu apa yang seharusnya dilakukan saat anak mengalami alergi.


Berarti kalau anak alergi sapi dikasih daging kambing mungkin saja aman dong?
92
Remaja / Trauma, Salah Satu Faktor Pencetus Obesitas pada Remaja
« Last post by yeobeseyo on May 04, 2018, 04:32:25 PM »
Oleh: Febrianti Diah Kusumaningrum


Sebuah penelitian yang seperti dilansir dari reuters.com mengungkapkan bahwa stres dan trauma masa kecil dapat menyebabkan remaja terkena obesitas.

"Trauma atau stres yang dialami terlalu dini di masa anak-anak dapat menyebabkan pertumbuhan berat badan yang signifikan pada masa remaja," ungkap Dr Julie Lumeng dari University of Michigan Medical School.

Penelitian ini melibatkan ibu dari 848 anak yang berusia 4, 9, dan 11 tahun. Mereka kemudian pertanyaan yang berkaitan dengan perubahan hidup apa saja yang terjadi pada anak mereka. Hasilnya empat kategori perubahan hidup seperti masalah keuangan, masalah kesehatan, masalah keluarga, dan pola pengasuhan yang didapatkan remaja saat anak-anak mengakibatkan mereka menjadi emotional eater.

Emotional eater adalah salah satu perilaku yang berhubungan dengan pola makan yang dilakukan seseorang saat sedang stres dimana mereka mengonsumsi makanan dengan jumlah yang sangat banyak untuk meredakan ketegangan emosi mereka.

Emotional eater dapat mengakibatkan seseorang mengalami obesitas apabila diperparah dengan jarangnya mereka berolahraga atau melakukan pola hidup sehat.

Oleh karena itu agar hal ini tidak terjadi pada buah hati Anda, sebagai orang tua rajin-rajinlah untuk berkomunikasi dengan buah hati Anda. Bantulah mereka untuk meredakan stres yang mereka alami agar mereka tidak mengalami gangguan pola makan yang berakhir dengan obesitas.



Sumber Artikel: https://www.merdeka.com/
93
Tumor / Mengenal HISTEREKTOMI, Prosedur Pengangkatan Rahim Wanita
« Last post by yeobeseyo on April 27, 2018, 10:22:34 AM »
Oleh: Febrianti Diah Kusumaningrum


Histerektomi merupakan prosedur operasi untuk mengangkat rahim wanita. Kebanyakan, operasi ini dilakukan demi alasan kesehatan seperti karena kanker endometrium atau masalah rahim lainnya.

Berikut beberapa penjelasan lebih lanjut tentang histerektomi.

1. Histerektomi hanya mengangkat rahim saja, tidak dengan indung telur. Sehingga wanita yang menjalani operasi ini tetap bisa menjadi ibu meski melalui pengganti.

2. Histerektomi membuat wanita tidak bisa mengalami menstruasi lagi sebab kedua ovarium yang ada masih mampu menghasilkan hormon estrogen.

3. Kehidupan seksual tidak terpengaruh karena histerektomi. Wanita juga masih bisa mengalami orgasme, terutama orgasme vagina.

4. Meski wanita sudah tidak mengalami menstruasi karena histerektomi, bukan berarti mereka akan mengalami menopause. Sebab indung telur masih menghasilkan hormon dan telur setiap bulannya.

5. Risiko kanker ovarium akan menurun secara drastis. Sebab kanker ovarium biasanya muncul di saluran tuba dan berkembang ke arah rahim. Dengan pengangkatan rahim, maka risiko terkena kanker ini akan hilang.

6. Komplikasi yang biasanya terjadi adalah kerusakan ureter dan pendarahan secara berlebihan.

7.Setelah menjalani proses histerektomi, sebaiknya tidak melakukan hubungan seks selama 4-6 minggu setelahnya untuk mencegah infeksi dan tidak mengganggu proses penyembuhan luka.


Demi alasan medis, histerektomi tidak akan mencegahmu menjadi wanita yang seutuhnya. Sebab, kondisi kesehatan jauh lebih penting. Dengan menderita penyakit rahim dan tidak menjalani proses histerektomi seperti yang disarankan, bisa jadi penyakit akan jadi lebih parah dan membahayakan nyawamu.



Sumber Artikel: https://www.merdeka.com/sehat/
94
Keluarga Berencana / Apa Saja Perubahan Bentuk Payudara Ketika Sedang Hamil
« Last post by tiatio on April 26, 2018, 03:17:09 PM »


    Salah satu hal yang mereka takutkan dalam fase kehamilan adalah perubahan bentuk fisik, seperti perut yang membesar, kaki yang bengkak, serta payudara yang mulai berubah bentuk. Walaupun hal tersebut bersifat natural, tidak sedikit ibu yang merasa tidak nyaman atas perubahan tersebut, terutama pada payudara.

    Nah, mau tahu seperti apa saja bentuk perubahan dari payudara ini?

    • Membesarnya ukuran payudara

    Perubahan ukuran payudara saat hamil umumnya mulai terlihat pada minggu ke-6 kehamilan. Pasalnya, mulai dari awal kehamilan, pasokan aliran darah dan jumlah jaringan lemak di dalam payudara bumil akan meningkat.
    Tujuannya? Tentu saja untuk mempersiapkan kelenjar susu dan membantu perkembangan saluran susu demi si jabang bayi. Tak hanya itu, puting susu bumil juga akan membesar di masa kehamilan.

    Jika bumil merasa terganggu dengan ukuran payudaranya, banyak kok metode senam dan yoga yang bisa digunakan sebagai cara mengecilkan payudara jika fase kehamilan telah usai.


    • Payudara mengeras
    Fase kehamilan juga ditandai dengan mengerasnya puting payudara, karena tubuh sudah mulai memproduksi ASI. Nah, karena bayi belum lahir dan ASI terus disimpan di dalam payudara di masa kehamilan inilah yang membuat payudara akan terasa keras.


    • Berubahnya warna payudara

    Pada saat masa kehamilan, umumnya warna kulit di sekitar puting susu dan areola -wilayah gelap di sekitar puting- akan berubah menjadi semakin gelap.


    • Timbul rasa sakit dan nyeri pada payudara
    Rasa sakit dan nyeri pada payudara dapat menyerang 90% wanita yang tengah hamil, lho. Rasa sakit ini muncul karena adanya perubahan pada kadar hormon progesteron dan estrogen di dalam tubuh bumil, nih.

    Selain rasa sakit, rasa nyeri juga dapat menyerang payudara saat hamil. Rasa nyeri ini diakibatkan oleh pembentukan dan pengumpulan ASI yang sudah dimulai dalam payudara, serta sel-sel payudara yang membengkak.


    • Terjadi kebocoran

    Ketika usia kehamilan menginjak 16 minggu, seringkali terjadi kebocoran kolostrum (suatu cairan berwarna keemasan yang merupakan bentuk ASI wanita yang dihasilkan saat hamil) dari puting bumil.


    • Beratnya semakin bertambah
    Karena aliran darah yang mengalir ke payudara semakin bertambah, mengakibatkan payudara akan terasa semakin berat. Selain itu, kelenjar-kelenjar di dalam payudara juga semakin besar sehingga berat payudara pun turut bertambah.


    • Pembuluh darah menjadi terlihat

    Ketika sedang hamil, payudara bumil seakan menjadi transparan dan terlihat serat berwarna biru dan hijau yang membentang di bawah permukaan kulit. Tenang saja, ini hal yang wajar, akibat dari membesarnya pembuluh darah yang juga menandakan bahwa aliran darah di payudara semakin kencang dan banyak.


    • Adanya sensasi baru
    Munculnya rasa yang mengganjal seperti sensasi rasa gatal, rasa geli menggelitik, hingga rasa seperti tertusuk di bagian payudara dapat dialami bumil saat sedang hamil. Jika tidak tahan dengan sensasi tersebut, bumil bisa meredakannya dengan mengoleskan pelembap pada payudara di malam hari.


    • Berbintik-bintik

    Fase kehamilan juga dapat membuat payudara bumil jadi dipenuhi bintik merah yang biasa disebut Montgomery's turbucles. Ingat ya, bumil jangan menggaruknya, karena dapat menyebabkan luka dan infeksi pada kulit. Hal ini wajar terjadi, kok, dan bintik-bintik tersebut akan hilang sendiri pada waktunya.

    Nah, itulah 9 perubahan pada payudara yang biasa terjadi pada fase kehamilan. Yang penting, pastikan asupan nutrisi si jabang bayi tetap terpenuhi, ya![/list]
    95
    Kesehatan Ibu dan Anak / Cegah Malaria Sebelum Terlambat
    « Last post by userid8285 on April 25, 2018, 06:08:01 PM »
    Penyakit malaria adalah penyakit yang hampir sama seperti demam berdarah yaitu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Perbedaan antara keduanya adalah jenis nyamuk yang menyebabkan penyakit ini. Penyakit ini disebabkan oleh parasit Plasmodium yang hanya disebarkan oleh nyamuk Anopheles betina. Sedangkan demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang penyebarannya terjadi melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Gigitan nyamuk malaria sering terjadi pada malam hari. Setelah terjadinya gigitan, parasit akan masuk ke dalam aliran darah.

    Untuk pengobatan terhadap penyakit ini dapat disembuhkan total jika pasien diobati dan dirawat dengan benar. Berbagai jenis obat-obatan antimalaria dipakai untuk mengobati sekaligus mencegah penularan terhadap penyakit ini. Malaria juga berpotensi membuat ketahanan tubuh menurun secara drastis dalam waktu yang singkat dan berdampak buruk jika penyakit ini terjadi pada wanita hamil, bayi, anak kecil, dan orang tua. Maka dari itu, penanganan terhadap penyakit ini perlu dilakukan dengan sigap dan cepat. Jika tidak ditangani sejak awal, penyakit ini bisa menimbulkan beberapa komplikasi seperti dehidrasi, anemia parah, gagalnya organ tubuh, dan beberapa kondisi lainnya.

    Beberapa gejala-gejala awal dari malaria adalah demam tinggi, sakit kepala, berkeringat dingin, mual dan muntah-muntah, nyeri otot, diare, anemia, kejang, dan tinja berdarah. Pada masa awal, beberapa orang mulai menyepelekan gejala demam dan sakit kepala yang dirasakan yang biasa sering disalahartikan dengan penyakit umum lainnya. Namun, jika penyakit yang Anda rasakan adalah benar Malaria, maka harus ditangani dengan cepat karena dapat mengancam nyawa apabila tidak segera ditangani dalam waktu 1x24 jam. Hal pertama yang harus dilakukan adalah konsultasi dengan dokter jika muncul malaria yang dicurigai, terutama apabila Anda sedang atau telah bepergian ke daerah endemis malaria di Indonesia agar pengobatan dapat segera dilakukan.

    Konsultasi Dokter Tanpa Antri

    Saat ini teknologi dan informasi yang kian pesat juga mulai mendukung berbagai metode dan cara yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis gejala penyakit yang dirasakan. Kini konsultasi dengan dokter sudah sangat mudah dan praktis. Tanpa perlu meninggalkan ruangan dan menunggu lama dalam antrean yang panjang, kita sudah bisa berinteraksi dan berkonsultasi langsung dengan dokter. Untuk pengguna Indosat, tidak perlu takut untuk ribet karna sekarang dengan mudah bisa langsung daftar untuk konsultasi kesehatan Anda langsung melalui Hp dengan tekan *633# atau ketik DOKTERGRATIS lalu kirim ke 99567. Dokter akan menelepon Anda dan konsultasi kesehatan juga jadi lebih mudah dan bisa diakukan dimanapun dan kapanpun.

    Layanan kesehatan yang dikenal dengan nama mHealth Indosat ini telah menjadi solusi kesehatan pasti untuk Anda yang ingin berkonsultasi kesehatan dengan dokter berpengalaman, bersertifikat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) begitu pula layanan mHealth Indosat ini yang juga sudah dipercaya dan didukung oleh IDI.  Tidak hanya layanan konsultasi dengan dokter, mHealth Indosat juga memberikan tips dan info kesehatan harian untuk Anda. Langsung dengan ketik REG(spasi)SEHAT2 kirim ke 99567, mHealth Indosat hadir menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin tampil sehat dan bahagia dengan berbagai tips kesehatan sehari-hari. Kenali diri Anda dengan konsultasikan gejala ataupun gangguan kesehatan yang mulai mengganggu.

    Mulai konsultasi kesehatan Anda dan orang-orang tersayang Anda sekarang tanpa ribet dengan layanan mHealth Indosat. Kesehatan adalah aset yang paling penting. Jangan sampai terlambat menjaga diri Anda dan orang-orang tersayang yang berada di dekat Anda saat ini.  Gunakan dan atur waktu Anda sebaik mungkin untuk mulai berkonsultasi sejak dini dengan dokter. Jangan lupa pastikan diri Anda dan orang-orang tersayang Anda bahagia dan sehat selalu.
    96
    Lain-lain / Ini Perawatan Kulit yang Tepat Setelah Olahraga
    « Last post by yeobeseyo on April 25, 2018, 05:05:41 PM »
    Oleh: Vinsensia Dianawanti


    Olahraga tidak hanya baik bagi kesehatan, namun juga bermanfaat bagi kulit Anda. Dengan berolahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit dan mencegah kerusakan radikal bebas.

    Meski bermanfaat bagi kulit, Anda tidak boleh lupa bahwa dengan olahraga akan menghasilkan keringat. Sehingga Anda membutuhkan perawatan yang tepat untuk memastikan kulit tetap sehat. Anda harus melakukan sejumlah perawatan kulit yang harus dilakukan agar kulit tetap sehat setelah berolahraga.

    1. Hindari memegang wajah

    Setelah berolahraga, tubuh Anda akan berkeringat dan akan tumbuh kuman serta bakteri. Menyentuh wajah setelah berolahraga dapat mentransferkan bakteri dari tangan Anda dan menyebabkan infeksi.


    2. Gunakan tissue daripada toilet

    Banyak orang membuat kesalahan di mana menyeka keringat di wajah dengan handuk yang sama dengan yang mereka gunakan menyeka bagian tubuh lainnya. Hal ini membahayakan kulit wajah dan menyebabkan infeksi serta jerawat. Daripada menggunakan handuk, gunakan tisu untuk menyeka keringat di wajah.


    3. Gunakan air hangat

    Setelah melakukan sesi olahraga yang berat, kebanyakan dari Anda mungkin memilih mandi dengan air dingin. Mencuci kulit Anda dengan air dingin bisa "melucuti" kulit Anda dari minyak alami dan menjadikkanya kering dan kasar. Gunakan air hangat untuk mandi dan mencuci muka.


    4. Rawat dengan lembut

    Banyak orang yang melakukan perawatan kulit setelah olahraga secara kasar dengan menyeka tubuh dengan handuk atau mengoleskan pembersih wajah. Hal ini bisa menyebabkan kemerahan dan peradangan sehingga menyebabkan jerawat. Sebaiknya perlakukan kulit secara lembut dengan menyekanya pelan-pelan.


    5. Gunakan toner

    Olahraga membuat kulit Anda dehidrasi dari dalam ke luar. Sehingga penting bagi Anda untuk memberi hidrasi pada kulit dengan minum air yang banyak dan menyemprotkan toner ringan di kulit untuk mengurangi resiko dehidrasi kulit dari luar.


    6. Pelembab

    Ini adalah sesuatu yang harus dilakukan setelah menggunakan toner. Oleskan pelembab ringan ke kulit untuk memastikan kulit Anda tetap lembut bahkan setelah olahraga.


    7. Hindari penggunaan riasan

    Hindari penggunaan riasan setidaknya satu jam setelah berolahraga. Menggunakan riasan setelah berolahraga dapat menyebabkan jerawat.


    8. Lindungi kulit Anda

    Ini menjadi tip perawatan kulit terakhir setelah berolahraga untuk mencegah jerawat yang tidak diinginkan. Lindungi kulit Anda dengan tabir surya karena beberapa detik terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.



    Sumber Artikel: https://www.liputan6.com/lifestyle/
    97
    Kesehatan Ibu dan Anak / Re: Pendarahan kehamilan: aman atau keguguran?
    « Last post by BuAntha on April 25, 2018, 09:54:31 AM »
    Saya baru tahu pendarahan saat hamil di trimester tiga ternyata berbahaya! Terima kasih infonya!

    Sama2 bunda, aku senang kalo bisa bantu  ;D
    98
    Kesuburan (Infertilitas) / Re: Lebih Mendalam Tentang Ejakulasi Dini
    « Last post by cara on April 22, 2018, 11:00:48 AM »
    posisi juga mempengaruhi ya
    99
    Oleh: Stella Maris


    Beberapa masalah yang kerap dialami pria, selain ejakulasi dini adalah bentuk alat kelamin. Masalahnya bukan sebesar apa ukurannya, tapi ada beberapa pria yang mengaku khawatir dengan bentuk Mister P.

    Nah pertanyaan yang kerap mengganggu pikiran mereka adalah, apakah benar bentuk kelamin yang bengkok memengaruhi kesuburan? Apakah pria dengan kelamin tampak menekuk atau bengkok ke atas atau samping tak bisa punya anak?

    Ahli medis menjelaskan bahwa, kesuburan pria tak dipengaruhi oleh bentuk Mister P yang bengkok. Dikutip laman Medical Daily, dalam dunia medis, kelamin dengan kondisi tersebut dikenal dengan nama peyronie.

    Peyronie adalah sebuah penyakit yang disebabkan akibat pembentukan plak fibrosa atau jaringan parut di sepanjang batang Mister P. Penyakit ini tidak menular.

    Hanya saja dalam beberapa kasus ketika berhubungan intim ada yang merasakan sakit. Gejala yang ditimbulkan karena sakit, dari waktu ke waktu akan membaik.

    Bahkan penyakit peyronie ini tidak membahayakan kehidupan seks pria. Namun pada kasus yang parah, peyronie dapat diobati dengan cara operasi, dengan menunggu perawatan rutin selama 12 bulan, apakah ada perubahan dari rasa sakit itu atau tidak.



    Article Source: https://feed.merdeka.com/
    100
    Menopouse / 6 Cara Alami Mencegah Keriput di Fase Menopause
    « Last post by tiatio on April 18, 2018, 04:44:11 PM »


    Bagi Anda kaum Hawa, tentunya merawat wajah menjadi prioritas yang utama. Tak peduli apapun yang tengah terjadi, melindungi wajah dari sinar matahari dan kotoran adalah hal yang wajib di kegiatan sehari-hari.

    Namun, pertambahan usia tentu tak bisa Anda cegah. Seiring dengan bertambahnya usia, secara alami, tanda-tanda penuaan perlahan mulai muncul, seperti garis halus dan kerutan di wajah yang semakin hari semakin banyak.

    Eits, tapi ternyata ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan sejak dini guna mencegah munculnya keriput, lho. Apa sajakah cara tersebut?

    1. Hindari matahari

    Cara mencegah keriput yang pertama adalah dengan menghindari kegiatan di luar ruangan semaksimal mungkin. Pasalnya, berdasarkan puluhan penelitian yang dilakukan, paparan sinar matahari ternyata merupakan penyebab utama munculnya keriput di wajah.

    Karena itu, ada baiknya jika Anda tidak terlalu sering berkegiatan di pantai, atau tempat lain yang terekspos sinar matahari secara berlebihan, ya!


    2. Tingkatkan asupan Vitamin C

    Cara mencegah keriput selanjutnya adalah dengan tingkatkan asupan vitamin C. Mengapa? Karena salah satu hal yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk mensintesis kolagen. Seperti yang telah diketahui bersama, kolagen amat penting untuk menjaga elastisitas kulit wajah Anda.

    Untuk itu, Anda harus mengonsumsi vitamin C secara teratur -75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria. Sedangkan jika Anda seorang perokok, Anda akan mebutuhkan 35 mg lebih banyak dari asupan tadi.

    Nah, vitamin C bisa Anda dapatkan melalui buah kiwi, stroberi, dan jeruk, serta sayuran seperti kangkung, paprika, dan brokoli.


    3. Perbanyak asupan protein

    Tahukah Anda bahwa protein merupakan sumber pertumbuhan dan perkembangan kulit yang utama? Protein mengandung Asam amino L-lisin dan L-prolin yang sangat penting untuk pembentukan kolagen, yang memberikan struktur pada jaringan kulit Anda.

    Nah, saat Anda bertambah tua, level kolagen akan menurun, yang bisa jadi menyebaabkan keriput di wajah. Karenanya, Anda membutuhkan protein yang tinggi guna mempertahankan kolagen dan mencegah keriput. Cobalah lebih banyak mengonsumsi ikan laut, seperti salmon dan tuna, serta telur sebagai sumber protein, ya!


    4. Jangan merokok

    Meskipun hal ini masih diperdebatkan, namun telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa asap rokok cepat menyebabkan penuaan kulit. Bahkan, sebuah penelitian membuktikan bahwa saudara kandung yang merokok memiliki lebih banyak keriput pada wajah jika dibandingkan dengan saudaranya. Tidak mau kan kalau kecantikan Anda harus memudar karena kebiasaan buruk yang satu ini?


    5. Manfaatkan tomat

    Tomat dapat digunakan sebagai cara mencegah keriput, lho. Buah merah ini berguna untuk mempertahankan kekencangan serta kelembapan kulit Anda. Sementara itu, madu telah terkenal khasiatnya dalam menjaga keremajaan kulit wajah.

    Pemakaian kedua bahan ini cukup mudah, Anda hanya harus memeras sari tomat, lalu mencampurnya rata dengan madu sebagai masker wajah. Oleskan campuran ini pada wajah, dan diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air bersih.


    6. Manfaatkan minyak-minyakan

    Cara mencegah keriput yang terakhir adalah memanfaatkan minyak-minyakan, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa, yang dapat mengangkat kulit kering penyebab keriput.

    Oleskan salah satu dari minyak tersebut pada wajah Anda setelah mencuci muka sebelum tidur. Diamkan, dan bilas dengan sabun pencuci muka keesokan harinya.

    Nah, itu dia 6 cara mencegah keriput yang harus Anda tahu. Semoga bermanfaat!


    Source: www.go-dok.com
    Pages: 1 ... 8 9 [10]

    Database Error

    Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.