FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab



Recent Posts

Pages: 1 2 [3] 4 5 ... 10
21
Kesehatan Ibu dan Anak / Re: ASI Sudah Keluar Saat Hamil, Normalkah?
« Last post by lailarsih12 on November 06, 2018, 12:18:50 PM »
Pas hubungan intim suami keminum asi apa tidak bahaya ya?
22
Remaja / Jangan Sembarangan Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci Dulu, Ini 4 Bahayanya!
« Last post by yeobeseyo on November 02, 2018, 04:52:13 PM »
Oleh : Patricia Firscha


Baju atau pakaian selain untuk kebutuhan, kini juga untuk kepentingan penampilan. Banyak yang merasa klik dengan baju yang sedang dilihatnya di toko dan langsung membelinya. Padahal, tidak masuk dalam daftar kebutuhannya.

Dari banyaknya orang yang memutuskan langsung membeli, tidak sedikit juga yang buru-buru memakainya tanpa dicuci terlebih dahulu. Kebiasaan ini rupanya memberi dampak buruk bagi kesehatan. Menurut para ahli, berikut 4 bahayanya.

1. Virus flu dan norovirus bisa bertahan di pakaian selama 48 jam

Virus tersebar oleh udara. Kemudian, udara membawa virus tersebut menempel pada benda apa saja yang dicapainya. Kain adalah salah satu media yang bisa digunakan virus flu dan norovirus untuk bertahan cukup lama, bahkan hingga 48 jam.


2. Penyakit kulit bisa tertular melalui baju baru

Pakaian yang dipajang di toko bebas dicoba oleh siapa saja. Bayangkan jika sebelum kamu mencoba ada orang lain yang mencobanya dan ia memiliki penyakit kulit. Meskipun kamu membeli stok yang baru, tidak menutup kemungkinan bahwa akan tertular penyakit kulit kan?

Serat-serat kain adalah tempat yang nyaman bagi bakteri dan kutu untuk tinggal dan berkembang biak. Penyakit infeksi kulit itu bisa menular ke kamu dengan mudah.


3. Pewarna sintetis pada pakaian bisa menyebabkan peradangan kulit

Terutama bagi kulit yang sensitif, hati-hati terhadap pakaian baru. Kamu wajib mencucinya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Pewarna sintetis yang digunakan pada pakaian bisa menyebabkan peradangan bagi kulitmu.

Bahkan menurut beberapa penelitian, zat-zat kimia yang digunakan dalam produksi pakaian beragam dan memiliki risiko bagi kesehatan. Bahan-bahan ini bisa menyebabkan alergi dan iritasi pada kulit, paru-paru, mata, mulut, hingga memicu kanker.


4. Berkeringat memudahkan bakteri menginvasi kulit

Ketika berkeringat, pori-pori terbuka lebih lebar. Keadaan ini sangat memudahkan bakteri patogen menginfeksi dan menyebar melalui pori-pori dan menyebabkan penyakit. Ini berlaku tidak hanya untuk baju baru, tetapi semua bajumu. Jangan sampai kamu gunakan berkali-kali, padahal bakteri dengan mudah tersebar dan siap menginvasi kulitmu kapan saja.


Ternyata tidak mencuci baju baru itu bahaya kan? Mulai sekarang jangan cari-cari alasan lagi untuk langsung memakai baju yang baru kamu beli ya. Apakah kamu mau tertular penyakit kulit dan lainnya? gak kan?



Sumber Artikel : https://www.idntimes.com/health/fitness/
23
Keluarga Berencana / Bunda Juga Bisa Memprediksi Kelahiran Buah Hatinya Sendiri
« Last post by InfoSehat on October 29, 2018, 11:06:22 AM »

Kapan buah hati lahir itu bisa diprediksi oleh bunda sendiri, caranya adalah dengan memanfaatkan kalkulator kehamilan. Kalkulator ini memungkinkan bunda untuk mengetahui usia kehamilan di bulan tertentu, sampai mengetahui perkiraan si kecil terlahir ke dunia.

Perhitungannya juga tidak ribet. Sudah ada rumusnya. Tinggal bunda mengoperasikannya sesuai keterangan yang tersedia.

Dari perhitungan ini, bunda akan mengetahui kira-kira usia janin. Tentunya bunda juga bakalan paham kapan si kecil akan lahir. Jadinya, bunda bisa siap-siap untuk menyambut kelahiran si kecil.

Seberapa Besar Keakuratan Kalkulator Kehamilan Ini?

Namanya juga perkiraan, tidak ada yang pasti di dunia ini. Karena ini bukanlah ilmu exact yang bila digunakan akan ditemukan hasil yang pasti. Contohnya adalah 1+1=2.

Perhitungan ini tidak pasti. Masih ada kelemahan yang dimiliki dari rumus tersebut. Karena ada banyak faktor yang mempengaruhi.
Namun begitu, perhitungan ini sudah menjadi andalan bagi setiap bunda dan dokter kandungan. Perhitungan ini memiliki tingkat keakuratan luar biasa, mencapai 90% lebih.

Bunda tidak salah bila menggunakan perhitungan yang disebut juga dengan kalkulator menstruasi ini. Gunanya adalah untuk memperkirakan. Dan hasilnya kurang lebih bisa dipertanggungjawabkan.

Menghitung usia kehamilan ini jauh lebih baik ketimbang tidak. Perhitungan ini bisa memberikan bunda kesempatan untuk berjaga-jaga. Yakni menyediakan hal-hal yang berhubungan dengan usia kandungan.

Misalnya asupan nutrisi. Asupan nutrisi ini akan terus meningkat seiring dengan semakin tua usia kandungan. Ketika asupannya meningkat dan tercukupi, janin akan tumbuh sempurna dan lahir tanpa kekurangan apapun.

Begitupun ketika memasuki masa melahirkan, bunda bisa mempersiapkan banyak hal. Selain mempersiapkan biaya untuk melahirkan, bunda juga sudah siap untuk menyediakan perlengkapan si kecil. Jadi, kelahiran si kecil tidak membuat bunda kerepotan.

Faktor Yang Mempengaruhi Kelahiran Si Kecil
Ketika bunda telah mengoperasikan kalkulator kehamilan online, bunda tentunya sudah mengantongi perkiraan si kecil akan dilahirkan. Bunda juga sudah mempersiapkannya sesuai hasil yang didapatkan.

Namun begitu, kadang hasilnya tidak sesuai. Ada yang melahirkan si kecil lebih lambat, ada juga yang terlalu cepat dari perkiraan. Faktanya kadang ada yang dilahirkan 2 minggu sebelum dan sesudah hari lahir yang didapatkan dari perhitungan.
Apa yang menyebabkan hal tersebut? Tentunya banyak sekali penyebabnya. Bunda juga harus memahaminya agar bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan tepat.

Faktor kelahiran dini ini bisa disebabkan oleh adanya permasalahan pada kandungan. Kemungkinannya bisa dari asupan makanan yang kurang, bisa juga ada masalah serius di rahim bunda.

Mau tidak mau, buah hati akan lahir secara premature. Dilahirkan si kecil ini sangat diperlukan untuk menjaga kehidupannya. Entah itu dilahirkan secara alami, atau secara operasi.

Begitupun dengan keterlambatan kelahiran. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Bunda juga harus mengetahui informasinya agar bunda tidak terlalu khawatir dengan kondisi buah hati di dalam rahim.

Salah satunya adalah bunda baru pertama kali mengandung. Ini menjadi hal yang biasa bagi bunda. Si kecil biasanya akan terlambat untuk lahir ke dunia.
Selain itu, janin laki-laki yang dikandung juga turut mempengaruhi. Biasanya, janin berjenis kelamin laki-laki akan lebih lama di dalam kandungan. Makanya, bunda kadang harus menunggu berhari-hari untuk melahirkan si kecil.

Apakah hanya itu saja? tentu saja tidak. Masih banyak faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya adalah obesitas dan memiliki riwayat keluarga dengan persalinan terlambat.

Kesemuanya bisa dikenali oleh bundanya. Dengan memahaminya, bunda tidak perlu khawatir. Karena kekhawatiran ini malah berdampak negatif bagi bunda sendiri.

Rumus Menghitung Kelahiran Si Kecil
Selain menggunakan kalkulator kehamilan, ada dua rumus yang berguna untuk menghitung kelahiran si kecil. Ini mengacu pada rumus Naegele dan Parikh. Penggunaan rumus ini didasarkan pada durasi menstruasi seorang wanita.

Rumus Naegelle
Rumus ini akan memiliki tingkat keakuratan tinggi bila siklus menstruasi kaum wanita stabil di 28 hari. Jika tidak, bunda harus menggunakan rumus yang kedua.

Dalam perhitungannya, bunda harus ingat kapan mengalami haid terakhir. Ini disebut dengan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir).
Rumusnya ada dua. Rumus pertama untuk mencari tahun adalah tahunnya tetap. Kemudian untuk mencari bulan harus ditambah 9, dan mencari hari harus ditambah 7.

Contohnya HPHT di tanggal 1 Februari 2018. Maka tahunnya tetap 2018, bulannya menjadi November (2+9=11), dan harinya menjadi hari ke-8. Hasilnya adalah 8 November 2018.
Rumus pertama ini berlaku bila HPHT terjadi di bulan Januari-Maret. Makanya, bunda harus paham betul sebelum memulai untuk menghitung.
Rumus yang kedua adalah tahunnya ditambah 1, bulannya dikurangi 3, dan harinya ditambah 7. Rumus ini berlaku bila HPHT terjadi di bulan April-Desember.

Rumus Parikh
Rumus Parikh ini bisa digunakan ketika bunda mengalami siklus menstruasi yang tak tentu. Khususnya memiliki siklus menstruasi kurang atau lebih dari 28 hari. Contohnya adalah memiliki siklus haid sekitar 35 hari.

Perhitungannya menggunakan rumus Parikh ini. Rumusnya adalah HPHT + 9 Bulan + (lama siklus menstruasi ? 21 hari).
Contohnya bila HPHT dikenali jatuh di 1 Februari 2018 dan siklus haidnya 35 hari, maka kapan anak akan dilahirkan?
Perhitungannya menjadi 14 November 2018. 14 didapatkan dari 35-21, dan November didapatkan dari 2 (bulan Februari) + 9. Tahunnya masih tetap.
Tahunnya akan berbeda jika penambahan bulan berujung pergantian tahun. Bundalah yang akan memahaminya.
Itulah bagaimana cara bunda memperkirakan kelahiran si kecil. Cermati berapa lama durasi haid, kemudian ingat HPHTnya. Baru gunakan kalkulator kehamilan online seperti di https://www.ibudanbalita.com/aplikasi/kalkulator-kehamilan untuk mendapatkan hasil yang tepat.
24
Tumor / Simpan Ponsel di Bawah Bantal Tingkatkan Risiko Tumor Otak
« Last post by yeobeseyo on October 26, 2018, 04:52:24 PM »
Oleh : Nita Utami


Kehadiran ponsel sebagai alat komunikasi telah memudahkan kita menjalani kehidupan sehari-hari. Namun, di balik segala kemudahan tersebut, ponsel membawa dampak bagi kesehatan kita, salah satunya memicu risiko tumor otak.

Penyebabnya, sebagian besar karena radiasi medan elektromagnetik dari ponsel.

Dilansir dari website Liputan6.com, The All India Institute of MedicalSciences (AIIMS), Delhi, dalam laporannya tahun lalu, menyebut, terjadi peningkatan kasus tumor otak pada orang-orang yang menggunakan ponsel selama lebih dari 45 menit, selama sepuluh periode terakhir, mengalami kenaikan sebanyak 33 persen sebagai akibat dari paparan radiasi ponsel.

Peningkatan besar dalam jumlah kasus tumor otak juga terjadi ketika orang terus menyimpan ponselnya di bawah bantal ketika tidur.

Meskipun risiko terkena tumor otak dapat dialami oleh siapa saja, tetapi beberapa orang memiliki risiko lebih tinggi. Khususnya wanita hamil. Selain itu, efek radiasi ponsel dapat memengaruhi kualitas sperma pada pria.

Radiasi ponsel tidak hanya berdampak pada orang dewasa, tapi berdampak juga pada aktivitas otak anak-anak.

Paparan radiasi dari ponsel bisa menyebabkan sel-sel otak pada anak-anak mudah rusak. Karena radiasi ponsel jugalah tubuh si Kecil tidak sepenuhnya berkembang dengan baik.

Ketika anak-anak mulai menggunakan ponsel pada usia dini, mereka memiliki tingkat penggunaan ponsel seumur hidup. Oleh sebab itu, penggunaan ponsel selama beberapa dekade tersebut berisiko terhadap kesehatan mereka.



Sumber Artikel : https://www.liputan6.com/health/
25
Kesehatan Ibu dan Anak / Teknologi Locknutri Untuk Kebaikan Pencernaan Si Kecil
« Last post by BuAntha on October 24, 2018, 11:55:24 AM »
Memberikan nutrisi terbaik dari susu adalah prioritas dari produk Friso. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi Locknutri. Sebuah inovasi terbaik dari Friso untuk menghasilkan produk susu yang terbaik. Dilansir dari friso.co.id, teknologi ini menggunakan perlakuan panas ringan selama pemrosesan susu. Protein susu diawetkan lebih dekat ke struktur alaminya, membuat pencernaan protein mudah bagi si kecil.


Mengapa teknologi Locknutri penting?

Protein memainkan peran penting dalam otot, kulit dan tulang. Zat gizi ini membantu dalam pembentukan jaringan dan pertumbuhan dan merupakan komponen dalam sel darah merah. Protein membangun fondasi yang kuat untuk daya tahan tubuh anak-anak agar lebih kuat. proses penyerapan protein yang kurang sempurna akan memberikan banyak masalah kesehatan pada anak terutama pada pencernaan.

Gangguan pencernaan bisa terjadi pada siapa pun dan bahkan lebih sering pula ditemukan pada perut anak. Perut kecil sangat lembut dan sensitif. Gangguan pencernaan terjadi ketika pencernaan anak tidak mampu memecah nutrisi yang mereka telan, sehingga memberi mereka rasa sakit atau ketidaknyamanan. Itulah sebabnya perut anak membutuhkan nutrisi yang dekat dengan struktur alami untuk pencernaan yang mudah.

Ketika susu terlalu panas, nutrisi susu rusak dan membuatnya tidak bisa dicerna. Nutrisi yang tidak dapat dicerna ini berbahaya bagi perut sensitif si kecil. Itulah sebabnya anak mengalami gangguan pencernaan. Masalah pencernaan umum yang dihadapi anak adalah sembelit, gas dan diare. Oleh karena itu Friso memberikan solusi dengan menghadirkan produk susu Friso Gold yang diproses menggunakan teknologi LockNutri. Teknologi yang telah dipatenkan ini memainkan peran kunci dalam melestarikan nutrisi susu agar protein susu mudah dicerna bagi si kecil.


Bagaimana pemrosesan susu Friso Gold?

Susu Friso Gold berasal dari peternakan di Belanda dengan lebih dari 140 tahun keahlian peternak sapi perah. Mereka menciptakan lingkungan yang secara alami bergizi bagi sapi untuk menghasilkan susu berkualitas tinggi yang secara alami kaya akan nutrisi. Setiap gelas susu Friso Gold berasal dari salah satu dari 19.000 peternakan sapi perah di Belanda. Sapi-sapi ini dipantau dan diberi makan makanan yang sehat dari ryegrass dan jagung untuk memastikan mereka menghasilkan susu berkualitas tinggi yang kaya nutrisi.

Selama transportasi, susu disimpan maksimal 4 derajat Celcius untuk menjaga indeks kesegaran tinggi dari peternakan ke pabrik pengolahan. Perawatan ringan dilakukan di setiap langkah proses untuk mengunci kebaikan susu dari peternakan ke pabrik.

Begitu susu mencapai pabrik, ia akan menjalani perawatan yang hati-hati. Friso tahu pentingnya menjaga nutrisi susu selama proses ini saat kita mengubahnya menjadi susu formula yang berkualitas. Jika susu diproses pada suhu tinggi, maka nutrisi susu akan rusak. Nutrisi yang rusak ini tidak dapat dicerna dan berbahaya bagi perut kecil Anda yang sensitif yang dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit, diare dan gassiness.

Friso mengembangkan Locknutri Technology untuk menjaga nutrisi susu dekat dengan keadaan alami mereka. Ketika nutrisi susu diawetkan dengan cara ini, mereka lebih mudah dicerna oleh perut si kecil. Protein susu akan lebih bermanfaat karena dapat dengan mudah dipecah dan pencernaan si kecil menyerap nutrisi penting yang disediakan oleh Friso Gold.


Mempersiapkan Nutrisi terbaik untuk si kecil

Dari seluruh proses pengolahan susu, Friso melakukan tugasnya mempertahankan protein susu esensial secara tekun dan ilmiah. Maka kini giliran Anda untuk melakukan hal yang sama. Saat menyiapkan segelas Friso Gold untuk si kecil, berhati-hatilah dan perhatikan suhu air yang digunakan untuk membuat susu. Air yang digunakan tidak boleh lebih dari 40 derajat untuk menjaga nutrisi susu karena terlalu panas akan merusak nutrisi susu.


Demikianlah teknologi Locknutri dari Friso gold yang dapat memberikan nutrisi terbaik bagi buah hati Anda. Semoga bermanafaat!
26
Kesehatan Ibu dan Anak / ASI Sudah Keluar Saat Hamil, Normalkah?
« Last post by yeobeseyo on October 22, 2018, 04:31:07 PM »
Oleh : Rohmitriasih



Air Susu Ibu (ASI) sudah keluar dari puting payudara saat hamil kerap membuat ibu baru deg-degan. Untungnya, itu bukan perkara yang patut dikhawatirkan. ASI sudah keluar saat hamil merupakan hal wajar dan umum dirasakan sebagian besar ibu hamil. Perlu kita tahu, protein yang membentuk ASI sudah mulai diproses di payudara sejak usia kehamilan masuk ke minggu ke 14.

Dengan adanya ASI yang sudah mulai terbentuk selama kehamilan, ini menandakan bahwa ibu sudah siap memberikan ASI ke buah hati yang baru lahir saat ia lahir nanti. Keluarnya ASI atau kolostrum saat hamil sendiri bisa terjadi sejak usia kandungan mencapai 5 sampai 6 bulan atau berada di trimester ke tiga.

Keluarnya ASI selama kehamilan tidak akan mengurangi produksi ASI setelah melahirkan nanti. Jadi, tak perlu khawatir akan kehabisan produksi ASI saat menyusui asalkan memiliki asupan nutrisi yang terbaik buat melancarkan dan memperbanyak produksi ASI.

Selama kehamilan ASI bisa keluar di saat melakukan aktivitas fisik cukup berat. ASI juga bisa keluar saat payudara terangsang terutama saat melakukan hubungan intim dengan suami.

Mengenai keluarnya ASI di waktu yang lebih awal ini tidak bisa dicegah. Hanya saja, agar ASI yang keluar tetap bisa membuat Ibu nyaman, usahakan agar memakai bra yang menyerap ASI dengan baik. Bila perlu, gunakan bantalan payudara atau breast pads agar ASI tidak menimbulkan bercak atau bekas di baju.



Sumber Artikel : https://www.liputan6.com/health/
27

Bagi pasangan muda, belum banyak yang tahu tentang cara menghitung usia kandungan. Padahal, cara ini terbilang mudah dan bisa dipraktekkan sendiri di rumah.

Mengetahui usia kandungan juga sangatlah penting. Ini mengingat janin akan terus mengalami perkembangan. Perkembangan janin ini harusnya didukung dengan pola hidup dan makan yang teratur. Pola makan ini harusnya terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Karena, asupan nutrisi yang didapatkan dari luar akan dimanfaatkan oleh ibu dan janin itu sendiri.Tak hanya itu saja, mengetahui usia kehamilan akan membantu ibu dalam memahami kapan bayi akan lahir. Jadinya, Anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kelahiran buah hati.

Nah, di sini kami akan bagikan beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan ibu. Diantaranya  adalah sebagai berikut ini

Menghitung Usia Kandungan Dengan Kalender
Hitungan kalender merupakan perhitungan sederhana. Tapi memiliki tingkat keakuratan tinggi. Baik itu untuk mengetahui usia janin, sampai kapan waktunya bayi dilahirkan ke dunia. Indikator yang digunakan adalah hari pertama haid terakhir (HPHT). Hari ini dihitung dan menjadi patokan utama dalam menghitung usia kehamilan. Ini juga dilakukan oleh para bidan kandungan. Asumsinya adalah pembuahan terjadi 14 hari setelah menstruasi terakhir muncul. Dengan asumsi ini, bidan bisa menentukan usia kandungan di waktu tertentu. Bahkan, bidan tahu persis bulan tertentu kandungan ibu sudah memasuki bulan keberapa. Ibu juga bisa melakukannya sendiri. Yang terpenting adalah mengetahui secara jelas kapan hari pertama haid terakhir muncul. Kemudian, ibu bisa menghitungnya dengan rumus hitungan kalender kehamilan.

Rumusnya adalah HPHT + 7 (mengetahui tanggal), bulan haid terakhir ? 3 (mengetahui bulan), dan tahun HPHT +1 (mengetahui tahun).
Rumus tambahan berlaku pada indicator mengetahui bulan yang tidak bisa dikurangi 3 habis. Rumusnya diganti dengan bulan HPHT + 9.
Misalnya ibu datang bulan terakhir di 1 desember 2018. Maka perhitungannya menjadi seperti berikut. Yakni (1+7 =8) (12-3 =9) (2018+1 = 2019). Artinya, bulan kelahiran bayi nantinya ada di kisaran tanggal 8 September 2019 mendatang.Namun jika HPHT ini terjadi di bulan Februari, maka hitungan bulannya menjadi 2+9 =11. Artinya, bulan kelahirannya ada di bulan kesebelas, yaitu November.

Menghitung Usia Kehamilan Dengan Kalkulator Kehamilan
Ibu bisa juga menggunakan cara yang lebih modern. Bisa memanfaatkan layanan kalkulator usia kandungan otomatis. Cara menghitung usia kehamilan dengan kalkulator ini bisa dijumpai di situs seperti  https://www.friso.co.id/tools/kehamilan.

Kalkulator ini punya kelebihan yang banyak sekali. Kalkulator tersebut bisa digunakan untuk mengetahui masa subur seorang wanita. Masa subur inilah yang bisa dijadikan patokan untuk berhubungan intim supaya keberhasilannya lebih besar. Cara ini terbilang instan, tidak memerlukan perhitungan yang rumit. Karena ibu hanya perlu mengisi data sesuai. Misalnya mengisi siklus menstruasi harian, tanggal HPHT dan durasi lamanya haid.
Jika sudah mengisinya, ibu bisa menekan perhitungannya. Tunggu sebentar dan hasilnya akan terlihat. Contohnya adalah hari keberapa mengalami masa subur, serta hari dan bulan saat bayi akan lahir.

Menghitung Dengan Gerakan Janin
Perhitungan jenis ini bisa dicoba meskipun tingkat keakuratannya tidak 100%. Karena ini bisa sedikitnya membantu dalam memahami usia kandungan ibu.
Patokannya adalah gerakan janin yang dirasakan oleh ibu sendiri. Tentu, ibulah yang akan merasakan dan mengetahui ciri-cirinya. Jika merasakannya, silahkan cocokkan dengan cara berikut.

Perkiraannya ada dua. Jika ibu adalah pasangan baru pertama kali hamil, gerakan janin ini menandakan jika usianya sekitar 18-20 minggu. Sementara bila pernah hamil sebelumnya, gerakan janin yang terasa ada di kisaran 16-18 minggu. Gerakan dari janin ini hanya akan terasa di minggu-minggu tersebut. Jika belum memasuki minggu tersebut, janin tetap diam. Makanya, bila terasa ada gerakan, diperkirakan janin sudah berusia sesuai ketentuan.
Sekali lagi, itu hanya perkiraaan. Perkiraan ini bisa saja meleset, tapi tidak terlalu jauh. Dan normalnya tidak begitu jelas untuk megetahui keakuratan tentang waktu buah hati dilahirkan kedepannya.

Menghitung Usia Kehamilan Dengan USG
Begitu banyak cara yang bisa dilakukan bumil untuk mengetahui usia kehamilan. Cara menghitung usia kandungan yang disebutkan di atas menjadi contoh sederhana. Hanya saja, kadang bumil masih ragu karena bukan berasal dari ucapan dokter kandungan. Bagi bumil yang masih ragu dengan cara sebelumnya, kami sarankan untuk memeriksa usia kandunganya ke dokter kandungan. Cara ini jauh lebih akurat dibandingkan sebelumnya. Khususnya jika menggunakan USG.

Bumil yang melakukan USG akan mendapatkan gambaran jelas tentang usia kehamilan. Malahan, bumil juga akan tahu gambaran jenis kelamin bayi dalam kandungan, serta kondisi kesehatan janin itu sendiri.

Perlu dipahami jika USG ini terbagi menjadi dua. Ada USG Transvaginal dan USG Transabdominal. Keduanya sama-sama disarankan oleh dokter kandungan.
USG Transvaginal merupakan pemeriksaan kesehatan kandungan dari jalan lahir bayi. Sementara USG Transabdominal diperiksa dari dinding perut. Masing-masing bisa dicoba oleh dokter untuk memastikan usia kandungan. Namun yang paling banyak adalah menggunakan USG Transvaginal.
Bumil hanya perlu datang ke dokter kandungan. Melakukan pemeriksaan secara rutin sesuai anjuran dokter. Pemeriksaan ini tak lain untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan janin, serta mengetahui masalah yang mungkin terjadi pada janin.

Dari hasil pemeriksaan ini, bumil tentunya bisa mengupayakan berbagai hal. Misalnya menjaga asupan makanan yang sesuai usia janin.
Itulah beberapa metode untuk menghitung usia janin dalam kandungan. Jika ingin menghitung sendiri, hitungan kalender, kalkulator kehamilan dan gerakan janin bisa dicoba. Sementara yang tidak mau ribet, cukup gunakan cara menghitung usia kandungan di dokter kandungan dengan USG.
28
Lain-lain / 5 Sikap Ini Penting Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Mental
« Last post by yeobeseyo on October 15, 2018, 04:52:19 PM »
Oleh : M.Farid Hermawan



Memperingati World Mental Health Day yang jatuh pada tanggal 10 Oktober setiap tahunnya, tentu menjadi pengingat bahwa kesehatan mental adalah sesuatu yang penting untuk dijaga kesehatannya. Di samping itu World Mental Health Day dapat dijadikan ajang refleksi sudah sejauh mana kita mencintai diri kita.

Berkaitan dengan hal tersebut di bawah ini ada beberapa sikap yang sangat berperan besar mencegah atau mengatasi timbulnya gejala-gejala gangguan kesehatan mental. Langsung simak aja yuk.

1. Jangan terlalu tenggelam dalam kesibukan

Sibuk adalah hal yang sangat sering menjadi penyebab timbulnya gangguan kesehatan mental. Aktivitas kerja, kuliah, sekolah hingga hal-hal yang sangat menyita waktu tentu harus kamu atur porsinya mulai dari sekarang.

Jangan sampai kamu terlalu tenggelam dalam kesibukan hingga lupa bahwa dirimu juga perlu diberi asupan akan hal-hal yang bisa meningkatkan kesehatan mentalmu.


2. Terbukalah jika kamu mendapat masalah

Masalah jika dipendam seorang diri pada akhirnya akan menjadi sebuah masalah besar yang sulit terselesaikan. Salah satu sikap yang perlu kamu lakukan agar masalah tersebut tidak menjadi sebuah gangguan kesehatan mental adalah bersifat terbuka.

Cobalah berinteraksi dengan teman, keluarga atau sahabatmu jika kamu masih tidak terlalu percaya mendiskusikan masalahmu dengan orang lain. Hal tersebut tentu akan berefek positif karena pikiranmu akan lebih terbuka dan sangat membantu.


3. Jadwalkan waktu untuk memanjakan dirimu

Dirimu bukan robot yang harus bekerja terus menerus. Kamu adalah manusia yang perlu waktu untuk istirahat. Langkah pentingnya adalah atur jadwalmu untuk kamu memanjakan dirimu.

Tidak boleh ada hal apapun yang berkaitan dengan pekerjaan dalam hari tersebut, karena hari tersebut adalah harimu. Kamu bisa bebas melakukan hobi, bersantai bahkan hingga tidak melakukan apa-apa.


4. Jelajahi alam

Berpetualang adalah salah satu sikap yang ampuh untuk mencegah timbulnya gangguan mental. Dengan melihat berbagai hal-hal yang belum pernah kamu liat disuntuknya gedung-gedung perkotaan.

Menjelajah alam dengan melihat rimbunnya hutan dan gunung nyatanya justru membuat mental menjadi lebih baik dan lebih segar.


5. Perbanyak Ibadah

Hal yang terbilang sangat penting jika ingin kesehatan mental terjaga adalah dengan meningkatkan sisi spritual dirimu. Memperbanyak ibadah tentu dapat menjadi tembok kokoh mencegah munculnya gangguan kesehatan mental.

Dengan seringnya kamu beribadah tentu menjadi ajang refleksi dan perenungan akan apa yang telah kamu lakukan selama ini. Hasilnya tentu kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan dengan jiwa yang lebih sehat lagi.


Kesehatan mental adalah hal yang sangat penting untuk kamu jaga kesehatannya. Tidak hanya tubuh, pikiranmu pun perlu dirawat guys. Selamat hari kesehatan mental sedunia!



Sumber Artikel : www.idntimes.com/health/fitness
29
Apa saja info yang sudah Anda ketahui mengenai wanita hamil? Tentu Anda sudah mencari tahu apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kehamilan, bukan?



Bagaimana dengan informasi mengenai bagaimana agar perkembangan otak bayi sejak di dalam kandungan maksimal?

Harus diketahui bayi itu bisa cerdas sejak dalam kandungan lho. Ini bisa dilihat nanti ketika bayi lahir. Ada bayi yang berkembang sangat cepat. Ia belajar hal-hal dengan sangat cepat. Sementara itu ada bayi yang perkembangannya lambat. Hal ini disebabkan perkembangan otak sejak masih ada di rahim antara bayi satu dengan yang lain berbeda.

Bagi orang tua, tentu mereka ingin sekali memiliki anak yang pintar. Dan jika Anda sedang hamil saat ini, sangat tepat jika Anda mengetahui bagaimana cara agar bayi cerdas.

Meniru Cara Orang Yahudi
Salah satu kelompok masyarakat yang dianggap paling cerdas hingga saat ini adalah yahudi. Lihat saja bagaimana tokoh-tokoh terkenal serta pebisnis super kaya saat ini yang ternyata keturunan yahudi. Dan memang benar ada beberapa hal yang turun temurun dilakukan oleh mereka agar generasi mereka selalu menjadi generasi paling cerdas di dunia.

Dan hal tersebut tidak hanya dilakukan ketika anak sudah dewasa. Melainkan ada hal yang dilakukan sejak bayi masih ada di dalam kandungan. Anda bisa meniru beberapa hal yang mereka lakukan.

Makan Buah
Anda harus tahu ibu hamil keturunan Yahudi lebih sering makan buah. Mulai awal kehamilan hingga persalinan tiba, mereka seolah-oleh diwajibkan makan buah.

Apakah ada korelasinya dengan perkembangan otak bayi di dalam kandungan? Tentu saja ada.

Berbeda dengan ibu hamil saat ini. Makan buah seolah bukan hal yang harus diprioritaskan. Ini terkait dengan kebiasaan. Khususnya mereka yang tinggi di perkotaan besar yang justru lebih sering makan makanan fast food daripada makan makanan yang bergizi seperti makan buah. Padahal, sudah dijelaskan berulang-ulang kali oleh para ahli kesehatan bahwasanya di dalam makanan fast food, kandungan nutrisinya rendah. Lebih banyak kandungan lemaknya.

Bagaimana otak bayi di dalam kandungan berkembang jika Anda justru makan makanan fast food?

Belajar Matematika
Meskipun ibu hamil Yahudi bukan seorang mahasiswa, mereka memiliki kebiasaan untuk mengerjakan soal matematika saat hamil. Bukan soal matematika yang rumit tapi matematika dasar. Ternyata, kegiatan ini bisa merangsang otak bayi di dalam rahim.

Ini menjadi cara agar bayi cerdas yang tidak banyak orang ketahui. Mungkin Anda juga baru tahu sekarang. Sangat mudah untuk dilakukan. Buka buku matematika Anda sewaktu masih sekolah. Kerjakan soal matematika dasar agar bayi Anda cerdas sejak ada di dalam kandungan.

Mengkonsumsi Ikan Laut
Di dalam ikan laut, ada kandungan asam folat yang begitu tinggi. Dan ini sudah diteliti oleh para ilmuwan bahwasanya otak bayi membutuhkan asam folat agar berkembang dengan baik.

Asam folat ini sebenarnya juga dibutuhkan oleh ibu hamil. Namun, jika Anda ingin memiliki bayi yang cerdas, mulailah untuk mengkonsumsi ikan laut. Ini sangat baik tidak hanya untuk Anda tapi juga bayi di dalam rahim.

Kebiasaan ini dilakukan oleh ibu hamil di Yahudi. Anda bisa tiru kebiasaan baik ini.
Setidaknya 3 hal tersebut bisa Anda praktikkan mulai saat ini juga. Jadi, ada upaya dini yang bisa Anda lakukan, bahkan sejak bayi masih ada di dalam kandungan agar anak Anda nanti tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Merangsang Perkembangan Otak Bayi Sejak Di Dalam Kandungan
Pada dasarnya, apa yang dilakukan oleh ibu hamil di Yahudi adalah untuk merangsang agar perkembangan otak lebih maksimal. Dan Anda sekarang sudah tahu apa saja rangsangan yang mereka lakukan.

Selain itu, ada juga cara lain merangsang perkembangan otak. Salah satunya dengan musik. Ini pasti sudah Anda ketahui. Sejak dulu, orang mengatakan musik klasik sebaiknya diperdengarkan kepada bayi di dalam kandungan agar bayi cerdas.

Itu hal yang benar sekali. Pasalnya, suara musik bisa didengar dan bayi akan merespon. Saat ada respon, itu artinya otak bayi bekerja.
Namun, apakah hanya dengan musik klasik? Ternyata tidak. Anda juga bisa memperdengarkan musik dengan beat yang keras di waktu siang. Ini akan membuat bayi bangun dan beraktivitas di dalam rahim. Sementara itu, musik klasik bisa Anda memperdengarkan di malam hari agar bayi tidur lelap.

Lalu, hal apa lagi yang bisa dilakukan untuk merangsang perkembangan otak bayi sejak ibu hamil? Ini lebih sederhana. Ajak bicara bayi Anda. Ternyata, hal yang terlihat sepele ini bisa membuat otak bayi terangsang dan berkembang.

Anda tidak percaya? Coba sesekali Anda elus perut Anda yang mulai membesar lalu bicaralah, seolah-olah Anda tahu bayi Anda dan bayi Anda melihat Anda. Maka sesekali ada gerakan yang dilakukan oleh bayi. Itu artinya bayi mendengar. Otak merespon ucapan Anda. Dan respon tersebut disalurkan ke organ tubuh seperti kaki atau tangan agar bergerak.

Selain untuk kecerdasan, mengajak bicara bayi sejak ada di dalam kandungan juga akan membuat ikatan batin antara Anda sebagai ibu dengan bayi semakin kuat. Ini sangat dibutuhkan agar anak Anda ketika lahir nanti menjadi anak yang patuh dan penurut dengan apa yang Anda katakan.

Jadi, wanita hamil tidak hanya harus mencari tahu bagaimana cara menjaga kesehatan di masa kehamilan. Anda juga perlu tahu bagaimana agar perkembangan otak janin berkembang maksimal.



Sumber Artikel : www.ibudanbalita.com
30
Menopouse / Jangan Percaya 4 Mitos tentang Menopause Ini
« Last post by yeobeseyo on October 10, 2018, 04:56:21 PM »
Oleh : Nilam Suri

Ketika berbicara tentang menopause, biasanya yang pertama terpikir adalah berhenti menstruasi tapi disertai dengan berbagai keluhan lain, seperti serangan panas (hot flash), dan hilangnya gairah seks.

Tapi, sebenarnya ada banyak mitos yang menyelubungi siklus hidup wanita ini. Dan beberapa di antaranya tidak benar.

Apa saja? Berikut empat mitos tentang menopause yang tak perlu lagi dipercayai:


1. Mulai di usia 50-an

Menurut Healthline, rata-rata wanita mulai menopause di usia 51 tahun, tapi hal ini tidak berlaku bagi semuanya.

Menopause bisa mulai di antara usia akhir 30-an dan awal 60-an. Anda dinyatakan sudah benar-benar menopause ketika tidak lagi menstruasi sama sekali selama satu tahun.

Bahkan ketika Anda sudah mulai mengalami simtom menopause, periode ini bisa jadi baru akan mulai beberapa tahun setelahnya.


2. Hot Flash Adalah Simtom Awal Menopause

Hal ini tidak selalu benar. Walaupun hot flash dan menopause seringnya muncul bersamaan, ada banyak simtom lain yang bisa Anda alami lebih dulu.

Simtom-simtom itu di antaranya adalah keletihan, berat badan naik, munculnya jerawat, dan suasana hati yang buruk.


3. Telat Menstruasi, Telat Menopause

Sayangnya, hal yang benar justru sebaliknya. Jika menstruasi pertama Anda lebih telat dibanding rata-rata, bisa jadi menopause Anda akan tiba lebih dulu.

Memprediksi usia menopause memang agak sulit, tapi menurut Women's Health Network, ada beberapa tanda yang membantu Anda memperkirakannya: Waktu ibu Anda menopause adalah indikasi terbaik.

Merokok juga bisa membuat menopause Anda mulai lebih cepat, sedang minum alkohol dan lebih sering hamil bisa menunda menopause.


4. Menopause Mengacaukan Kehidupan Seks

Sama sekali tidak benar. Banyak wanita yang memiliki kehidupan seksual yang sehat dan memuaskan setelah menopause.

Satu studi dalam Journal of Sexual Medicine menemukan, menopause tidak memiliki peranan penting dalam kepuasan seksual wanita seperti yang diprediksi sebelumnya.

Faktor yang lebih menentukan adalah, apakah Anda memiliki masalah seksual sebelum menopause. Jika ada, hal ini bisa terus berlanjut.



Sumber Artikel : https://www.liputan6.com/health/
Pages: 1 2 [3] 4 5 ... 10

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.