FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab



Recent Posts

Pages: [1] 2 3 ... 10
1
Oleh: Kun Sila Ananda


Khawatir dengan kemungkinan untuk memiliki anak? Selain kesehatan, bisa jadi masalahnya ada pda kepribadian Anda sendiri, ungkap peneliti. Berdasarkan penelitian terbaru, pria yang moody dan wanita yang rewel lebih cenderung susah memiliki anak atau memiliki sedikit anak.

Hasil yang diterbitkan dalam European Journal of Personality ini mengamati efek kepribadian terhadap kemungkinan seseorang memiliki anak berdasarkan data yang didapatkan di Norwegia.

Selain itu, penelitian ini juga mengungkap bahwa pria yang ekstrovert lebih cenderung memiliki banyak anak. Sementara wanita yang memiliki sifat teliti cenderung memiliki anak yang lebih sedikit.

Penemuan ini tentunya bisa menjadi informasi penting bagi pasangan yang tengah menantikan buah hati. Selain menjaga kesehatan tubuh, mereka juga harus memperhatikan mood dan kepribadian diri mereka. Ketua peneliti Vegard Skirbekk dari International Insitution Applied Systems Analysis menjelaskan bahwa faktor kepribadian bisa jadi ikut andil dalam menurunnya angka kesuburan pada pasangan akhir-akhir ini.

Secara khusus Skirbekk memperhatikan penurunan jumlah anak pada pria yang moody dan sering terlalu serius, serta emosional. Ini ditemukan dalam penelitian pada pria pada tahun 1957. Hasil tersebut kemudian diperjelas dengan penelitian terbaru menggunakan data kelahiran di Norwegia.

Skirbekk menjelaskan bahwa Norwegia memiliki data yang akurat untuk masalah kelahiran, pernikahan, perceraian, serta masalah keluarga lainnya. Hal ini sangat membantu penelitian untuk menemukan kaitan antara kepribadian seseorang dengan kesuburannya.

Bagi Anda yang masih sering bersikap emosional, terlalu serius, dan moody, serta rewel, sebaiknya kurangi mulai saat ini jika ingin memiliki keturunan yang banyak.



Sumber Artikel: www.merdeka.com
2
Oleh: Febrianti Diah Kusumaningrum

Ada begitu banyak alat kontrasepsi yang tercipta saat ini. Namun yang paling populer penggunaannya adalah pil KB.

Pemakaian pil KB sendiri bisa dibilang tidak praktis, sebab kamu harus rutin meminumnya sesuai dengan jadwal yang ada. Belum lagi, pil KB mampu memberikan efek samping yang merugikan wanita seperti mudah mual, rambut rontok, melonjaknya berat badan, hingga siklus menstruasi yang tidak teratur.

Kabar gembiranya, efek buruk dari pil KB ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan berikut ini.

Pisang

Pisang kaya akan vitamin B6 di dalamnya yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Hal ini berarti bahwa mood swing yang terjadi karena minum pil KB bisa dikurangi.


Avokad

Avokad kaya akan asam lemak dan folat yang bermanfaat untuk mengatur ketidakseimbangan hormon karena konsumsi pil KB.


Jeruk

Tingginya kandungan vitamin C di dalam jeruk bisa mempercantik kembali kulit dan rambut dari efek negatif akibat konsumsi pil KB.


Ikan

Ikan kaya akan vitamin E yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan rambut. Hal ini disebabkan karena konsumsi pil KB bisa membuat rambutmu jadi rontok.


Kacang almond

Pil KB diketahui dapat menyebabkan penuaan dini. Dan efek buruk ini bisa dikurangi dengan konsumsi kacang almond.


Oatmeal

Konsumsi pil KB bisa menguras magnedium yang ada dalam tubuh Anda. Sementara rajin makan oatmeal mampu mengembalikan magnedium.


Jadi, kamu sedang dalam masa mengonsumsi pil KB? Kamu bisa mencoba makanan di atas agar kesehatan tubuhmu tetap terjaga.



Sumber Artikel: https://www.merdeka.com/sehat/
3
Kesehatan Ibu dan Anak / Permainan Untuk Balita Guna Menunjang Kecerdasan Si Kecil
« Last post by ani.aya on December 15, 2017, 02:25:25 PM »

Permainan untuk balita memang sangat banyak macamnya. Dunia balita adalah masa dimana anak-anak berusai 2-5 tahun yang asik untuk bermain sambil belajar. Seiring dengan bertambahnya usia anak, maka rasa penasaran dan keingintahuannya akan semakin bertambah pula. Untuk itu, anak-anak akan mulai belajar mengenal dan mengeskplor lingkungan sekitarnya lewat bermain. Meski di usia balita anak belum mengetahui hal-hal yang berarti untuk kehidupannya.

Hanya saja sebagai orangtua kita tentu perlu memberikan permainan yang tidak hanya membuat anak terhibur, namun juga sebuah permainan yang dapat membuat anak selalu aktif sehingga tubuhnya tetap sehat, sekaligus poin yang terpenting adalah permainan yang dapat mendidik anak dan membuatnya menjadi cerdas. Ada berbagai macam permainan kreatif yang bisa dilakukan bersama dengan anak-anak baik didalam rumah maupun diluar rumah. Bermain bersama anak akan memberikan dampak yang baik untuk perkembangan mental anak.

Selain itu juga bisa melatih kecerdasan emosional anak sebab dapat mempererat ikatan kasih sayang antara orang tua dengan anaknya. Hanya saja ada beberapa hal yang sebaiknya perlu kita perhatikan dalam bermain dengan anak, teruma anak balita diantaranya perhatikan jenis permaianan anak agar sesuai dengan usianya, perhatikan keamanan permainan yang anda lakukan bersama dengan anak, sesuaikan ukuran permainan yang anda berikan pada anak, perhatikan kebersihan dari peralatan permainan yang anda gunakan dan lain sebagainya.

Beberapa Macam Permainan Untuk Balita yang Mengasyikkan

Untuk kali ini kami akan menjelaskan tentang beberapa jenis permainan yang baik bersama dengan balita:
- Bermain Puzzle
Para orangtua sebenarnya tidak perlu seringkali membelikan puzzle terlalu mahal untuk anak. Hanya saja terkadang anak-anak mudah bosan diberikan puzzle yang sama berulangkali. Sebenarnya, puzzle buatan sendiri yang sederhana pun bisa menyenangkan untuk anak, apalagi jika anak terlibat dalam pembuatan puzzle tersebut. Untuk membuat puzzle sederhana orangtua bisa membuatnya dari gambar yang digunting dari majalah atau internet dengan gambar yang beragam kemudian ditempel di kertas karton. Anda bisa menggunting kertas karton tersebut menjadi beberapa bagian besar dan ajarkan anak untuk menyatukan puzzle-puzzle sederhana seperti demikian. Hal ini akan menguji kecerdasan anak dalam menyatukan bagian-bagian hilang agar menjadi satu komponen.

- Menebak Benda Dalam Kantong
Untuk melakukan permainan ini anda akan membutuhkan beberapa hal seperti kantong yang tidak tembus pandang dan benda-benda atau mainan anak-anak seperti mobil-mobilan, motor-motoran, gantungan kunci, penggaris, pensil dan sebagainya dimana benda-benda ini nantinya akan dimasukan pada kantong tersebut. Cara bermainnya anda bisa mengacak kantong-kantong tersebut dan meminta anak untuk menutup matanya, kemudian menebak apa yang ada dalam kantong tersebut dengan menginzinkan anak untuk meraba dan memegang benda tersebut kemudian menebaknya. Permainan ini akan dapat merangsang motorik halus anak melalui kegiatan meraba benda dan melatih indera penciuman anak.

- Menggambar dan Mewarnai
Alat yang dibutuhkan untuk permaianan ini hanyalah buku gambar, pensil dan pensil warna. Selanjutnya anda bisa meminta anak untuk menggambar dan mewarnai sebuah objek pada si anak dan biarkan mereka bereksplorasi dengan apa yang mereka lihat. Walaupun gambar yang dibuat anak tidak akan digambar terlau bagus, namun hal yang terpenting adalah usaha anak untuk mencoba. Berikan pujian setelah anak mencoba menggambar hasil karyanya dan buatlah pajangan gambar yang ia buat dikamarnya dengan demikian anak akan merasa dihargai dan bersemangat melakukan hal tersebut.

Permainan Untuk Balita Yang Menyenangkan

Jika Anda sering merasa anak masih terlalu muda untuk dimasukkan ke prasekolah Atau justru Anda merasa pelajaran di TK kurang dapat mengembangkan kecerdasannya. Jangan khawatir, Anda bisa turun tangan mengatasi ini semua. Para ahli mengatakan, bermain bersama anak adalah cara terbaik untuk membantunya belajar. Flashcard dan aneka kertas tugas akan membuat anak usia ini cepat bosan. Itu sebabnya mengapa permainan berikut, yang dirancang sesuai dengan keterampilan anak TK, pas dilakukan. Selain menjalin kelekatan, belajar pun dilakukan secara gembira Anda harus mencobanya di rumah.

Bantu anak membuat aneka ikan dari kertas karton berwarna-warni, dan beri angka pada setiap ikan. Lalu, rekatkan magnetic strip pada masing-masing ikan. Buatlah kail dengan cara mengikatkan tali dengan ranting pohon dan tempelkan magnet kecil pada bagian ujung kail. Sebarkan ikan di atas lantai, sebutkan angka tertentu, dan biarkan anak memancing secara bergiliran.

Beri nomor mobil matchbox anak dengan marker yang bisa dihapus. Bangunlah track balap sederhana menggunakan balok kayu dan selembar karton tebal, lalu berpura-puralah menjadi komentator balapan mobil setelah Anda melepaskan mobil menuruni track balap. Ia akan mengenali angka-angka dasar dengan cara menyebutkan nomor mobil yang menang balapan. Buatlah track balap dengan ketinggian yang berbeda-beda, sehingga anak bisa mengetahui pada ketinggian berapa mobil akan meluncur lebih cepat. Untuk anak yang lebih besar, katakan padanya bahwa peraturan balapan mobil adalah mobil yang menang harus memiliki angka yang lebih besar di track tertentu. Jangan lupa memintanya mencatat nomor mobil yang menang, cara lain untuk membuat anak mengenal berbagai angka. Melalui balapan mobil ini, anak akan belajar banyak hal, mulai dari mengenal angka hingga konsep ketinggian.

Semakin banyak anak bermain papan permainan untuk balita, semakin baik nilai matematika mereka nantinya. Namun, ini bukan berarti ia harus bermain ular tangga terus menerus. Sebaliknya, ciptakan permainan sendiri bersama-sama. Ambil selembar kertas karton tebal dan gambarlah garis yang berliuk-liuk di sekeliling kertas. Bantu anak menggunting berbagai kotak dari kertas warna, lalu tempelkan kotak-kotak tersebut secara berselang-seling untuk menutupi garis yang berliuk-liuk tadi.

4
Kesehatan Ibu dan Anak / Re: Tips Merawat Bayi di 3 Bulan Pertama
« Last post by ani.aya on December 15, 2017, 11:44:32 AM »
Oleh: Fitri Haryanti Harsono


Sebagai ibu baru, Anda harus mulai belajar mengetahui, apa sebenarnya si Kecil butuhkan. Misal, bagaimana menenangkan tangisan bayi, apakah ia lapar atau popoknya harus diganti.

Untuk membantu para ibu baru, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Harvey Karp, asisten profesor pediatri di University of Southern California, Amerika Serikat membeberkan tips merawat bayi pada tiga bulan pertama.

1. Berikan semua kebutuhan bayi

Setelah melahirkan, berikan bayi semua kebutuhan yang diperlukan dalam 12 minggu pertama. Anda bisa mengeksplorasi teknik untuk menenangkan bayi saat bayi menangis atau rewel.

Anda juga harus memerhatikan, pada tiga bulan pertama, bayi biasanya lebih banyak makan dan tidur. Perhatikan secara cermat, apakah si kecil rewel karena lapar atau ia tidak bisa tidur nyenyak.


2. Luangkan waktu untuk memulihkan kesehatan pasca melahirkan

Pada minggu-minggu awal, pemulihan kembali rahim menjadi sangat penting bagi Ibu. Bayi yang mungkin rewel biasa Anda gendong atau ditimang. Namun, Ibu juga perlu memerhatikan kesehatannya.

Sebaiknya tidak terlalu lama menggendong bayi menggunakan selempang. Hal ini dikarenakan agar energi yang dikeluarkan tidak besar dan cukup membiarkan tubuh segera pulih.


3. Minta bantuan untuk merawat bayi

Setelah  melahirkan, Anda pasti membutuhkan bantuan untuk merawat bayi. Kehadiran saudara-saudara terdekat atau kakek dan nenek amat diperlukan.

Anda mungkin bisa istirahat sejenak sekadar untuk mandi atau berjalan-jalan untuk memulihkan kesehatan.

Sebagai pendukung lain, Anda bisa menggunakan jasa asisten rumah tangga untuk menangani kebersihan rumah, baik dari persiapan makanan dan berbelanja. Hal ini akan meringankan  beban pekerjaan Anda dan Anda bisa fokus merawat bayi.

Momen tiga bulan pertama adalah momen yang sangat penting bagi bayi dan orang tua untuk saling mengenal satu sama lain.



Sumber Artikel: http://health.liputan6.com/
Pada tiga bulan awal bayi baru dilahirkan juga bagus diberikan ASI eksklusif sampai nanti berumur 6 bulan.
5
Nice artikel! dan kita juga harus tahu cara mengarahkan perkembangan emosi anak, terlebih jaman sekarang.
Terima kasih  :) betul sekali sebagai orang tua kita juga harus tau tahapan perkembangan emosi anak untuk lebih mengenal dan mengerti perasaan anak.
Have a nice day!
6
Sekedar menambahkan detail untuk perkembangan melatih motorik anak
7
Kesehatan Ibu dan Anak / Melatih Motorik Kasar Anak Dengan Cara Yang Menyenangkan
« Last post by ani.aya on December 12, 2017, 11:05:39 AM »


Dalam melatih motorik kasar anak lewat permainan interaktif hanya rasa gembira yang dirasakan anak. Tapi ia juga bisa belajar banyak tentang dirinya, Anda dan lingkungan sekitarnya. Memang, tak ada yang lebih menyenangkan daripada bermain dengan buah hati tercinta. Apalagi, kegiatan ini bisa pula memperkuat rasa cinta dan kedekatan dengan Anda, guru pertamanya. Tapi perlu diingat bahwa ketertarikan dan rentang perhatian murid kecil. Anda ini berbeda-beda atau terhadap suatu permainan. Jadi, pemberian stimulasi lewat permainan ini sebaiknya tidak berlebihan.

Orang tua harus cermat memperhatikan ekspresi atau sikap tubuh sang anak saat bermain. Jadi, segeralah berhenti bermain dan beristirahat begitu anak memalingkan muka, mengalihkan pandangan matanya, atau rewel. Selain itu, pilihan permainan dapat dilakukan berdasarkan perkembangan keterampilan, sesuai umurnya.  Tingkatkan keterampilan motorik kasarnya. Permainan berikut dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menggunakan otot-otot besar pada tangan, kaki, dan tubuh.

Melatih Motorik Kasar Anak Usia 3 Bulan Keatas

Cara melatih motorik bayi usia 3 bulan yaitu dengan main kaki dan tangan. Telentang kan bayi di atas alas yang rata. Sambil menyanyikan lagu favoritnya, tekuk kakinya perlahan-lahan, lalu luruskan kembali. Lakukan beberapa kali. Setelah itu, pegang tangannya, dan gerakkan turun naik perlahan-lahan. Ulangi permainan dalam posisi tidur menyamping atau tengkurap. Manfaat dari cara ini adalah membuat bayi sadar akan tubuhnya. Pada awal kehidupannya, bayi tidak dapat membedakan antara tubuhnya dan tubuh Anda.

Seiring dengan irama lagu yang Anda nyanyikan, Anda juga dapat membantunya melakukan koordinasi gerakan-gerakan yang sederhana. Untuk usia 4-7 bulan Anda bisa melatih si kecil dengan meletakkan bola plastik kecil di atas gelas kertas dengan posisi di luar jangkauan anak. Lalu, tunjukkan bagaimana cara mengambil dan menjatuhkannya. Bila perlu, geser bola hingga dekat dengannya. Manfaatnya yaitu untuk membantu si kecil mengembangkan kemampuan koordinasi tangan, mata dan kakinya. Selain itu, aksi meraih sesuatu akan memberi pemahaman pada anak kalau ia dapat menggerakkan tubuhnya maju.

Dengan begini, ia akan bersemangat untuk merangkak kelak. Untuk usia 8-12 bulan, bayi-bayi usia ini biasanya sudah mulai merangkak. Anda bisa bergabung dengannya. Sebelumnya, tunjukkan padanya Anda menyembunyikan mainan berbunyi di bawah selembar selimut yang dihamparkan di depannya.  Manfaatnya yaitu selain melatih koordinasi dan kekuatan otot-ototnya, permainan ini juga melatih daya ingatnya.

Melatih Motorik Kasar Anak Dengan Sederhana

Ada 4 area penting yang harus diperhatikan orang tua dalam hal perkembangan kecerdasan anak, yaitu Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Motorik serta Kecerdasan Komunikasi. Keempatnya harus berkembang beriringan sehingga perkembangan kecerdasan anak menjadi maksimal. Rangsangan yang tepat akan membuat keempat area kecerdasan tersebut menjadi tumbuh maksimal. Kali ini kami akan membagi tips memberi rangsangan tepat bagi kecerdasan motorik anak umur 0-12 bulan.

Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar, sebagaian besar atau seluruh anggota tubuh, yang dipengaruhi oleh usia, berat badan dan perkembangan anak secara fisik. Contoh kemampuan motorik kasar adalah menendang, duduk, berdiri, berjalan berlari, dan naik turun naik tangga. Sedangkan motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan.

Salah satu hal pertama yang Ibu menopang kepala karena bayi tidak bisa melakukannya sendiri sampai sekitar 3 bulan. Setelah otot lehernya kuat, dia akan mampu melakukan mini push-up, mengangkat kepala dan dada dari lantai. Cara menstimulasi motorik kasar bayi usia 3 bulan yaitu dengan cara sebagai berikut;

-Letakkan si kecil dengan posisi tengkurap. Lakukan beberapa kali untuk membiarkan di berlatih.

-Ajaklah si kecil untuk mengangkat kepalanya. Ibu bisa menempatkan cermin atau gambar besar di depannya, atau sejajarkan wajah ibu dengan dia sambil memanggil namanya.

-Membelai kepala dan leher belakangnya, sehingga si kecil akan mengangkat kepalanya.

-Baringkan si kecil dalam posisi terlentang, kemudia bantu si kecil membalikkan posisi tubuhnya.


Sedangkan cara untuk menstimulasi motorik halus yaitu dengan cara sebagai berikut;

-Ketika si kecil mengepalkan telapak tangannya, Ibu bisa membuka kepalan tangannya, sentuh jari jemarinya satu persatu dan luruskan.

-Berikan pijatan lembut pada jari-jari si kecil dan berikan mainan lembut dengan warna-warna menyolok dan bisa mengeluarkan bunyi untuk memancingnya bereaksi.

-Pegang jari-jari tangannya, lalu lakukan gerakan menyilangkan lengan di dadanya. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan atas, bahu dan punggung atas.

Di usia 4-6 bulan ini, bayi sudah bisa memiringkan badan ke sisi kiri dan kanan tubuh, tengkurap, menggunakan tangan untuk mendukung diri sambil duduk, menggulingkan badan, dan menggunakan kedua tangan untuk mengesplorasi mainan. Cara menstimulasi motorik kasarnya yaitu dengan;

-Membunyikan mainan di atas kepala si kecil dan pindahkan mainan secara perlahan ke salah satu sisinya. Hal ini akan merangsang si kecil untuk memiringkan dan menggulingkan badan.

-Baringkan dalam posisi tengkurap lalu membunyikan mainan dari atas atau depan agar si kecil mengangkat kepalanya. Ativitas ini dapat melatih otot lehernya.


Untuk menstimulasi motorik halus yaitu dengan;

- Berikan mainan yang memiliki pegangan dan bisa digigit agar si kecil terus menggenggam.

-Letakkan si kecil dalam posisi tengkurap. Letakkan mainan berwarna-warni dalam jangkauannya dan biarkan bayi mencoba untuk meraih benda-benda tersebut.

-Kenalkan si kecil dengan beragam tekstur benda-benda di rumah, seperti kain yang halus, kasar dan berbulu.

Itu tadi pembahasan mengenai cara melatih motorik kasar anak yang bisa Anda coba pada buah hati Anda. Semoga membantu

8
Lain-lain / Re: Manfaat Menakjubkan dari Bersepeda Setiap Hari
« Last post by rarasenja on December 09, 2017, 06:49:55 AM »
Bersepeda itu juga olehraga yang aman buat ibu hamil sama yang pasca melahirkan loh, olahraga yang nggak kalah manfaatnya sama senam... Saya juga suka sekali bersepeda, soalnya nggak gitu capke darupada yang lain hhehheheh
9
Tumor / Re: Waspada Tumor Otak jika Mata Normal tapi Pandangan Sering Kabur
« Last post by rarasenja on December 09, 2017, 06:40:12 AM »
Aduh jadi takut. ASaya pengguna kacamata yang daily use, Paling tidur aja kalo dilepas. Soalnya mines saya lumayan besar, 5 sama 4. jadi kalo nggak pake kacamata otomatis nggak kelihatan. Aku jadi penasaran ini tuh kabur walaupun udah pake kacamata atau gimana ya?
10
Tumor / Re: Jangan Bingung, Ini Beda Tumor, Kista dan Kanker di Payudara
« Last post by rarasenja on December 09, 2017, 06:36:12 AM »
Wah bener banget tuh. Saya juga sempat bingung bedanya apa. Saya malah tahunya cuma bab kanker sama tumor malah baru tahu ini kalo kista juga bisa. Makasih infonya...
Pages: [1] 2 3 ... 10


Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab