FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab



Recent Posts

Pages: [1] 2 3 ... 10
1
Fertilitas Endokrinologi Reproduksi / Re: flek coklat
« Last post by sabrina69 on September 06, 2019, 04:00:22 PM »
terima kasih artikel nya sangat bagus. coklat juga banyak manfaat nya untuk kesehatan
2
Kesehatan Ibu dan Anak / Makanan Sehat Untuk Menjunjang Tumbuh Kembang Anak
« Last post by sabrina69 on September 03, 2019, 06:29:17 PM »
Makanan Sehat Untuk Menjunjang Tumbuh Kembang Anak. Anak dalam masa pertumbuhan serta perkembangan sangat membutuhkan beragam jenis makanan yang kaya akan nutrisi yang tepat. Anak dengan nutrisi yang cukup maka proses tumbuh kembangnya akan lebih baik. Nah oleh karena itu maka sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui jenis makanan sehat yang harus dikonsumsi anak untuk menunjang pertumbuhan serta perkembangannya. Berikut informasinya.

1. Susu.

Susu dikatakan sebagai sumber protein dan lemak yang baik bagi pertumbuhan anak. Susu mengandung banyak kalsium yang akan sangat dibutuhkan oleh anak. Nah kalsium tersebut sangat penting perannya dalam pembentukan tulang dan gigi. Pembentukan tulang yang baik akan menunjang tumbuh kembang anak yang semakin aktif melakukan beragam aktivitas.

 2. Kacang-kacangan.

Nah makanan selajutnya yang sama pentingnya terhadap tumbuh kembang anak yaitu kacang-kacangan. Anda sebagai orang tua dapat memberikan makanan olahan berbahan dasar kacang-kacangan untuk anak anda. Kacang-kacangan mengandung zat yang penting yaitu berupa vitamin e dan antioksidan.

3. Sayuran.

Telah banyak sumber yang menyebutkan bahwa jenis sayur-sayuran perannya sangat penting terhadap lesehatan. Sayuran yang mengandung banyak serat yang akan memperlancar pencernaan. Nah banyak anak yang tak suka dengan sayuran, padahal jika ditengok dari segi nilai gizinya, sayuran mengandung banyak zat yang sangat penting bagi proses tumbuh kembang anak yaitu berupa serat, vitamin, serta mineral. Nah sebagai orang tua, anda harus pintar mengolah sayuran agar mampu disukai oleh sang anak. Anda dapat mengolahnya bersama jenis makanan lainnya dan nantinya dibuat dengan bentuk yang lebih menarik agar anak mau untuk memakannya.

4. Buah-buahan.

Anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan haruslah didampingi dengan berbagai jenis makanan yang sehat. Nah salah satunya yaitu dengan buah-buahan. Didalam buah-buahan terkandng banyak vitamin yang dibutuhkan anak. Jika kebutuhan ini tak terpenuhi maka anak tak mendapatkan cukup  zat gizi yang akan menunjang pertumbuhan serta perkembangan. Buah-buahan dapat dimakan langsung atau diolah menjadi jus ataupun campuran dalam pudding serta makanan lainnya.
3
Kesehatan Ibu dan Anak / Pentingnya Menyadari Kesehatan Bagi Ibu Hamil
« Last post by sabrina69 on September 03, 2019, 06:10:54 PM »


Pentingnya Menyadari Kesehatan Bagi Ibu Hamil Kesehatan merupakan hal yang terpenting dalam hidup kita, untuk itu kesehatan harusnya menjadi hal utama yang harus kita jaga. Menjaga kesehatan haruslah dilakukan oleh setiap orang, termasuk untuk anak-anak. Tentu saja untuk anak kecil, tugas menjaga kesehatan merupakan tugas orang tuanya terutama ibunya. Ibu memiliki peranan yang penting terhadap kesehatan keluarganya terutama anak. Jika ibunya kuang menjaga kesehatan, bukan tidak mungkin anaknya juga akan terkena dampaknya. Karena seperti yang kita tahu, apapun yang dikonsumsi maupun dialami ibu yang sedang mengandung akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang kandungannya. Masa dalam kandungan juga akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si anak nantinya saat dilahirkan. Dengan begitu, tentu saja kesehatan ibu dan anak sangatlah penting.

Sebagian orang masih kurang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan ibu dan anak, padahal hal yang satu ini merupakan salah satu penyebab meningkatnya jumlah kematian yang terjadi terutama di Indonesia. Wanita dan juga anak-anak merupakan kelompok yang memiliki resiko banyak terkait kematian. Hampir dapat dihitung bahwa ada satu balita yang meninggal setiap tiga menit. Sedangkan untuk wanita, faktor kehamilan kerap kali jadi alasan yang menjadi penyebab kematian. Entah itu karena proses melahirkan, maupun penyebab lain yang juga masih terkait dengan masalah kehamilan.

Peran pemerintah serta orang sekitar sangatlah penting bagi kesehatan ibu dan anak, terutama untuk ibu yang sedang hamil, dimana jika terjadi masalah kesehatan tidak hanya ibunya saja yang dalam bahaya, tapi juga anak dalam kandungannya. Hal pertama yang membuat jumlah kematian ibu dan anak semakin meningkat sebernarnya adalah kurangnya kesadaran sekaligus pengetahuan masyarakat. Masyarakat belum sepenuhnya memiliki pengetahuan mengenai bahaya yang dapat mengancam nyawa ibu dan anak sehingga menyebabkan kematian. Hal tersebutlah yang membuat masyarakat kurang begitu sadar bagaimana pentingnya menjaga kesehatan kedua kelompok ini.

Alasan lainnya adalah layanan kesehatan yang masih buruk serta pengetahuan mengenai penanggulangan penyakit pada ibu dan anak yang masih terbatas. Jika anda adalah seorang ibu, maka muai sekarang sebaiknya anda jaga kesehatan anda dengan baik, karena tumbuh kembang anak anda bergantung pada kesehatan anda. Apalagi untuk ibu yang mengandung, dimana masa tersebut merupakan masa dimana ibu rentan terhadap penyakit dan juga gangguan kehamilan. Apalagi penggunaan obat-obatan juga terbatas jika anda sedang mengandung. Pemakaian obat yang tidak sesuai resep dokter bisa saja membahayakan anda sekaligus janin yang ada dalam kandungan anda. Tak hanya bagi ibu saja, peran suami juga sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan ibu dan anak. Sebaiknya suami juga memiliki pengetahuan seputar pentingnya menjaga kesehatan ibu dan anak serta bagaimana caranya menanggulangi sekaligus memberikan obat yang tepat jika sang astri mengalami masalah kesehatan. Jika terjadi masalah pada kesehatan ibu dan anak, paling tidak penanggulangan utama yang diberikan dapat mengurangi resiko kematian. Untuk itu, program pengobatan gratis maupun sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan ibu dan anak bagi setiap anggota masyarakat sangatlah penting.

Selain berharap layanan kesehatan masyarakat ditingatkan oleh pemerintah kita sebagai masyarakat juga harusnya menyadari tentang pentingnya menjaga kesehatan ibu dan anak. Tidak peduli apapun peran kita dalam keluarga. Suami, istri, ayah, ibu, semuanya memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan ibu dan anak. Sekian informasinya, dan marilah kita jaga kesehatan kita bersama-sama.
4
Lain-lain / 10 Penyebab Serangan Asma Dan Solusinya
« Last post by BuAntha on September 03, 2019, 03:06:44 PM »
Peradangan pada saluran udara di tubuh menyebabkan sebuah gangguan pernapasan yang disebut asma. Akibat dari peradangan ini, saluran menjadi bengkak dan menghasilkan lendir berlebih. Karena penyakit ini tidak bisa disembuhkan, maka kita perlu mengecilkan kemungkinan terjadinya serangan ini. Misalkan menjaga kebersihan lingkungan rumah dengan vakum cleaner debu dan tungau.

Penyakit asma ini bisa menyerang siapa saja. Kebanyakan asma ini berasal dari penyakit turunan. Namun beberapa penyakit atau kondisi bisa menyebabkan seseorang mengidap asma. Contohnya, pneumonia, alergi, bronkitis, bayi yang lahir prematur atau bayi yang terlahir dengan berat badan rendah. Anak lelaki lebih beresiko terkena penyakit asma dibanding anak perempuan. Sayangnya ketika beranjak dewasa, perempuan lebih rentan terhadap serangannya.

Gejala-gejala orang yang terkena asma

Asma menyebabkan otot di saluran pernafasan membengkak. Akibatnya terowongan jalur nafas pun mengecil. Alhasil dia pun merasakan sesak nafas dan mengeluarkan bunyi saat bernafas. Bila kondisi semakin parah, maka pasien bisa:
Kesulitan berbicara, makan dan tidur
Jantung berdebar-debar
Lesu
Pusing
Bibir dan kuning membiru karena kekurangan oksigen
Gejala asma semakin parah

Apa yang menyebabkan serangan asma?

Karena asma belum ditemukan penyebabnya maka kesembuhan total dari asma itu agak sulit. Namun kamu bisa menjauhi penyebabnya.

Lingkungan yang kotor
Polusi udara adalah penyebab serangan asma. Buat kamu yang tinggal di kota-kota besar atau dekat dengan pabrik, kamu akan kesulitan menghindari serbuk kayu, debu konstruksi, zat kimia, asap kendaraan, asap pabrik dan lain sebagainya. Kalau rumahmu dekat pabrikan atau banyak kendaraan, kami sarankan pindah saja atau sering-sering kenakan masker saat bepergian.

Selain polusi udara dari luar, faktor tempat tinggal yang bersih juga mempengaruhi. Rumah yang banyak debu tungau, bulu-bulu hewan peliharaan, kotoran dan lain sebagainya juga perlu diperhatikan. Makanya kamu butuh mesin penyedot debu anti tungau yang kuat untuk membersihkan tempat tinggalmu. Plus air purifier untuk membersihkan udara.

Rokok
Perokok adalah orang-orang yang memiliki potensi tinggi terkena penyakit asma. Dan kalau dikombinasikan, tentu serangan ini lebih mudah terjadi. Wanita hamil yang merokok juga bisa membuat paru-paru janin mengalami gangguan pertumbuhan. Jadi jika kamu senang merokok, hentikanlah kebiasaan ini. Jika kamu bukan perokok aktif namun pasif, kami sarankan kamu untuk menjauhi wilayah yang penuh rokok.
 
Alergi
Banyak orang yang menderita alergi terhadap bulu-bulu binatang. Sebut saja bulu anjing, bulu kucing, tungau debu, kecoa, dan lain sebagainya. Ketika mereka menghirup bulu-bulu atau kotorannya, serangan asma pun terjadi. Dan biasanya anak-anak yang tinggal di lingkungan kotor seperti banyak kecoa dan debu sering memiliki penyakit asma.

Alergi makanan
Makanan-makanan tertentu seperti kacang, telur, ikan, gandum, udang, kerang dan buah-buah tertentu bisa memicu alergi dan menyebabkan serangan asma. Kami sarankan anggota keluargamu untuk tes imunologi untuk mengetahui jenis-jenis alergi yang dimiliknya agar kamu bisa mencegah mereka konsumsi produk tertentu.

Asam lambung naik
Orang yang memiliki asma rentan terhadap Gerd aliasnya naiknya asam lambung 2-3 kali dibanding biasanya. Gerd terjadi karena katup lambung tidak sanggup menjaga asam ini tetap di lambung sehingga asam ini pun naiak ke tenggorokan dan menyebabkan peradangan di bronkus. Di sinilah serangan asma sering terjadi.

Bila kamu memiliki asam lambung, kamu bisa menjauhi makanan yang pedas dan berminyak. Perbanyaklah makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Mengikuti pola diet tertentu bisa mengurangi terjadinya asam lambung.

Olahraga
Ketika kamu melakukan kegiatan olahraga, keteraturan pernafasan sangatlah penting. Ketika kamu melakukan kesalahan dengan menarik nafas lewat mulut, rongga sinus bisa menyebabkan udara kering masuk ke paru-paru. Alhasil, saluran nafasmu menyempit dan sulit bernafas. Untuk mengurangi serangan ini, gunakan inhaler atau melakukan pemasaran sebelum berolahraga. Dan cari tahulah kapasitas tubuh dalam berolahraga. Jangan demi sehat atau langsing, kamu mengabaikan asmamu ya.
 
Batuk
Penyakit batuk disebabkan peradangan di saluran pernafasan seperti sinus, bronkitis dan rhinitis. Infeksi ini biasnaya disebabkan oleh bakteri atau virus. Orang yang memiliki asma akibat batuk biasanya sulit terdeteksi. Namun bila kamu batuk terus menerus, segera periksakan diri ke dokter paru-paru.

Obat-obatan
Ibuprofen, aspirin atau obat-obat penghilang nyeri lainnya bisa menyebabkan serangan asma. Jadi kalau kamu memiliki penyakit asma, konsultasikan ke dokter sebelum mengkonsumsi obat yang dijual bebas.

Malam hari
Udara yang dingin, posisi tidur dan produksi hormon tertentu bisa memicu serangan asma. Apalagi kalau kamu sedang pilek sehingga ada lendir di saluran pernafasan. Serangan batuk asma pun bisa erjadi. Untuk bisa memiliki tidur berkualitas, kamu bisa minum madu dengan air hangat atau menghirup obat asma.

Penyebab lainnya
Aroma-aroma kuat seperti parfum, produk pembersih, pewangi ruangan, aerosol dan lain-lain bisa menyebabkan serangan asma. Kondisi psikis seperti menangis, marah, cemas dan stress juga mempengaruhi ada tidaknya serangan asma. Jadi jagalah kesehatan psikis dan pintar-pintar memilih produk yang digunakan.

Jadi kamu sudah tahu penyebab-penyebab seseorang terkena serangan asma bukan? Yuk mari menjauhi penyebab-penyebab serangan asma. Dan untuk menjaga kebersihan rumah, gunakan vakum cleaner debu dan tungau.

Salam sehat selalu!
5
Kesehatan Ibu dan Anak / Faktor Kegagalan Orang Tua Saat Menyapih Anak
« Last post by BuAntha on June 26, 2019, 01:48:06 PM »
Apakah Bunda salah satu dari orang tua yang gagal menyapih? Bunda pasti sudah tahu masa menyapih anak. Ketika usia sang buah hati sudah mencapai 2 tahun, sudah saatnya Bunda menyapih.
Menunda berarti masalah baru akan muncul. Saat anak tetap minum ASI di usia 2 tahun lebih, anak cenderung sulit untuk berhenti. Selain itu, ada efek psikologisnya. Anak menjadi manja. Karena pada dasarnya saat anak tidak lagi minum ASI, pada saat itulah anak belajar mandiri. Ia tidak lagi hanya bergantung pada sang ibu.
Maka dari itu, penting sekali bagi orang tua untuk menyapih anak di usia 2 tahun. Sayangnya, banyak yang gagal daripada yang berhasil. Alasannya bermacam-macam. Ada yang tidak tega karena anak sering merengek. Ada juga yang merasa sudah berhasil tapi setiap kali mau tidur anak tidak bisa tidur kalau tidak minum ASI.
Akan tetapi, ada satu faktor yang sebenarnya mempengaruhi mengapa banyak ibu yang gagal padahal sudah tiba masa menyapih anak.
Apa Faktor Penyebabnya?
Sebenarnya, faktor yang utama adalah kesiapan ibu. Banyak ibu yang tidak kurang siap saat harus menyapih. Bukan hanya kurang siap untuk menyapih tapi juga tidak siap dalam hal pengetahuan. Kebanyakan mereka tidak tahu apa yang seharusnya dilakukan.
Mungkin Bunda pernah dengar istilah weaning with love. Dalam Bahasa Indonesia, ini artinya menyapih dengan cinta. Artinya, proses menyapih anak dilakukan tanpa paksaan tanpa menyakiti. Ini teknik yang sebenarnya harus Bunda ketahui jauh-jauh hari sebelum masa menyapih anak tiba.
Sayangnya, banyak yang tidak tahu sehingga mereka tidak siap untuk menyapih dengan cinta. Mereka hanya tahu saat anak 2 tahun, anak harus disapih. Sementara mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan.
Beberapa dari mereka akhirnya menerapkan cara menyapih yang dilakukan oleh tua terdahulu. Contohnya saja menyapih dengan cara mengoleskan balsem pada puting. Dengan tujuan agar anak tidak lagi suka minum ASI.
Ada juga yang mengoleskan daun pahitan. Namun, apapun yang digunakan, jelas ini bukan cara menyapih dengan cinta. Ini menyapih dengan menyakiti.
Bunda mungkin tidak merasa itu hal yang menyakiti. Bunda harus dengarkan apa yang dikatakan oleh para ahli psikologi anak.
Sebenarnya, kedekatan anak dengan ibu itu sudah terjalin sangat kuat sejak awal anak lahir. Pada saat itu, tidak ada yang dilakukan oleh bayi selain minum ASI. Ia merasa nyaman dan aman ketika berada di dekapan ibu
Namun, semua itu rusak ketika Bunda menyapih dengan cara memaksa. Anak merasa Bunda tidak lagi sayang dengannya. Dan ikatan antara anak dengan ibu semakin pudar.
Mungkin Bunda tidak percaya dengan penjelasan dari sudut pandang psikologi seperti itu. Namun, secara ilmiah, hal tersebut memang benar adanya.
Di sisi lain, ada yang disebut dengan weaning with love. Ini merupakan cara menyapih dengan terus memperkuat bonding atau ikatan dengan sang buah hati. Bukankah ini cara yang seharusnya Bunda pilih?
Belajar Cara Menyapih
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kesiapan menjadi kunci utama sehingga Bunda berhasil menyapih dengan cinta. Bunda harus mempersiapkan diri dengan cara mengetahui tentang bagaimana menyapih dengan cinta. Dan itu harus Bunda pelajari jauh-jauh hari sebelum masa menyapih anak.

Siapkan Minuman Alternatif
Sebelum usia 2 tahun, mulailah Bunda memperkenalkan minuman lain kepada si kecil. Bunda bisa buatkan jus buah kesukaan di siang hari. Jadi, ketika anak mau tidur siang, ia tidak lagi minum ASI.

Namun, sangat direkomendasikan Bunda berikan susu balita yang terbaik. Ini bisa menjadi alternatif dari ASI. Buatkan susu anak yang hangat. Jangan biarkan anak minum sendirian. Ketika anak minum susu balita, Bunda harus menemaninya. Ini sama seperti ketika Bunda memberikan ASI. Buat suasana yang sama seperti ketika Bunda memberi ASI.

Berbicara Tentang Anak Dewasa
Saat anak menginjak usia 2 tahun, anak sudah bisa diajak berbicara. Seringlah Bunda menjelaskan tentang anak-anak yang sudah dewasa. Selipkan cerita bahwa salah satu ciri anak yang sudah besar tidak lagi minum susu. Dengan sendirinya, anak akan merasa malu jika masih minum ASI.

Alihkan Perhatian
Yang paling sulit adalah ketika anak mau tidur. Banyak anak balita usia 2 tahun yang tidak bisa tidur tanpa minum ASI langsung dari sang ibu. Nah, ini tantangan tersendiri bagi seorang ibu.

Bunda bisa mengalihkan perhatian anak. Bunda bisa ajak anak melihat video lagu anak-anak. Atau Bunda bisa bacakan buku cerita. Biarkan anak melihat gambar menarik di buku cerita tersebut. Sambil bercerita, Bunda bisa memijat kaki sang buah hati agar cepat terlelap.

Tidur Sambil Digendong
Agar anak tidak minta ASI, gendong anak saat ia mengantuk. Jangan tunggu anak rewel. Ketahui siklus tidur anak. 15-20 menit sebelum waktu tidur anak tiba, gendong sang buah hati. Buat ia tidur di pelukan Bunda tanpa harus Bunda beri ASI.

Setidaknya itulah teknik weaning with love yang Bunda perlu ketahui. Yang pasti, Bunda harus menyiapkan diri. Pahami bagaimana cara menerapkan menyapih dengan cinta sebelum masa menyapih anak tiba. Selain itu, siapkan juga waktu dan perhatikan. Dua hal ini yang juga harus disiapkan. Pasalnya, butuh waktu yang tidak pendek untuk menyapih anak dengan cinta.
Jadi, apakah Bunda sudah siap untuk menyapih sang buah hati? Jadilah Bunda yang sebenarnya dengan cara menyapih tanpa menyakiti.
6
Nah ini yang bahaya nih, maunya biar sesuai planning tapi malah jadi pening  :o
7
terima kasih infonya, setahu saya cuma test pack saja.
8
ini perlu biaya tambahan gak sih.
9
yang penting sabar dan selalu bersyukur  ???
10
Remaja / Re: Memberi Pendidikan Seks pada Remaja, Bagaimana Caranya?
« Last post by fera113 on June 18, 2019, 09:55:03 AM »
biar belajar sendiri saja  ;)
Pages: [1] 2 3 ... 10

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.