FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab



Recent Posts

Pages: [1] 2 3 ... 10
1
Memang ya, payudara dan pregnancy seolah gak terpisahkan gitu. Buktinya, banyak perempuan merasakan nyeri payudara saat hamil (referensi artikel: nutriclub.co.id) Like i mean, waktu mau hamil saja payudara sudah berulah, eh pas kandungan makin menjadi tingkahnya nggak ngerti lagi. Eh btw ada yang punya tips nggak untuk ngatasin rasa nggak nyaman di payudara?
2
Oleh : Giovani Dio Prasasti


Selama ini, untuk mengontrol kelahiran pada pria, hanya terbatas pada penggunaan kondom. Selain itu, kendali saat hubungan seksual juga bisa mengendalikan kehamilan. Namun, keduanya dianggap kurang efektif ketimbang metode kontrasepsi yang digunakan wanita. Sekalipun pria juga bisa melakukan vasektomi, namun cara ini dianggap sulit dan terkadang tidak bisa dikembalikan lagi ke keadaan semula.

Pengembangan pil KB untuk pria sebelumnya mengalami masalah. Obat testoteron oral contohnya, yang mana efek benda itu akan pergi dari tubuh dengan cepat, sehingga pria harus mengonsumsi pil dua kali sehari.

Saat ini ada inovasi pil KB untuk pria yang cukup akurat untuk mengendalikan kehamilan. Obat itu dinamakan Dimethandrolone Undecanoate atau DMAU. Hal ini dianggap sebagai langkah besar dalam pengembangan pil KB untuk pria. Pernyataan ini dinyatakan oleh Dr. Stephanie Page, profesor kedokteran di University of Washington Medical Center di Seattle, Amerika Serikat.

DMAU dianggap mengandung molekul asam lemak dengan rantai yang panjang, dan dapat memeperlambat pembersihan testoterone. Itu berarti, efeknya akan ada di tubuh untuk jangka waktu yang lebih panjang.

Pil itu mengandung obat yang bekerja seperti androgen, atau hormon pria seperti testoteron, progestin, dan hormon seks lainnya.

Penelitian ini dipresentasikan pada Minggu, 18 Maret waktu setempat, di ENDO 2018, pertemuan tahunan ke 100 Endocrine Society di Chicago, Amerika Serikat. Penelitian awal dilakukan pada beberapa pria yang mengonsumsi pil uji coba tersebut selama sebulan. Pil KB tersebut tampaknya bekerja dengan cara menghalangi produksi sperma. Obat tersebut juga diklaim aman.

Walaupun begitu, penelitian yang lebih panjang masih diperlukan untuk memastikan apakah hal itu benar-benar bisa menghambat produksi sperma atau tidak.



Sumber Artikel : https://www.liputan6.com/health/
3
Lain-lain / 5 Cara Alami Bantu Hilangkan Dengkur Tidur
« Last post by fera113 on May 17, 2018, 01:38:03 PM »
Mendengkur adalah kebiasaan terburuk pada seseorang yang dapat mengganggu kenyamanan waktu istirahat orang lain. Terdapat kiat-kiat alami untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur dalam hidup Anda, salah satu contoh terbaru adalah menggunakan alat terapi kesehatan anti dengkur. Dan berikut 5 tips lainnya :

Mengubah posisi tidur Anda

Perhatikan kembali posisi tidur Anda. Posisi tidur yang tidak tepat dapat menyebabkan tidur menciptakan dengkuran saat terlelap. Cobalah posisi menyamping karena hal itu dapat memberikan sedikit tekanan pada tenggorokan dan lidah, titik gesekan yang menyebabkan suara bergetar.

Usahakan mandi sebelum tidur

Mungkin lebih banyak orang lebih suka mandi pada pagi hari dibandingkan malam hari. Tapi karena mendengkur sering disebabkan karena saluran hidung yang tersekat. Mandi sebelum tidur dapat membantu saluran hidung lebih terbuka dan akhirnya memberi tidur yang baik untuk Anda.

Coba gunakan plester penghilang lendir

Jika hidung tersumbat adalah masalah, taktik ini dapat membantu. Plester dengan harga ekonomis dapat membantu saluran hidung Anda terbebas dari sumbatan, sehingga Anda layak mencobanya.

Bersihkan debu bantal Anda

Tungau debu adalah pengacau mikroskopis yang menjadi salah satu penyebab utama seseorang mendengkur. Mereka meninggalkan  enzim yang dapat membuat alergi dan hidung tersumbat.

Mengenakan pelindung mulut

Tentu saja alat ini bukan hal yang Anda harapkan untuk dipakai menjelang tidur. Tapi alat ini membantu membuka saluran udara Anda dengan cara menyelaraskanny ke rahang bawah. Cara ini cukup signifikan mengurangi atau bahkan menghilangkan dengkuran ketika Anda terlelap.

Beli alat terapi kesehatan anti dengkur bisa akses web matrixshop.co.id
4
Lain-lain / Rambut Kembali Halus dan Sehat dengan Perawatan Nano Spray
« Last post by fera113 on May 17, 2018, 01:32:10 PM »
Mendapatkan rambut yang sehat dan halus menjadi dambaan setiap perempuan. Namun karena kurangnya perawatan dan pemakaian bahan kimia, rambut menjadi kering dan kusam.

Rambut kering dan rusak ini bisa kembali normal dan halus, dengan teknik nano spray. Rambut adalah mahkota kaum perempuan yang harus dirawat secara kontinyu. Namun, banyak di antara kaum perempuan yang tak memiliki rambut sehat, karena berbagai macam jenis perawatan dengan alat tertentu dan bahan kimia.

Kebanyakan perempuan mengeluhkan rambut yang rusak ketika ke salon. Kondisi rambut rusak itu bermacam cirinya, mulai dari rambut kering, pecah-pecah dan kasar.

Tak hanya rambut rusak, permasalahan lain seperti rambut berketombe dan rambut rontok juga jadi problem rambut sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan itu, rambut harus dibuat sehat kembali dengan pemberian oksigen pada kulit kepala dan rambut.

Ini adalah teknologi nano spray, dimana alat khusus ini bisa mengeluarkan air oksigen yang disemprotkan pada rambut dan kulit kepala. Mekanisme alat khusus ini adalah bisa mendeteksi kondisi rambut sehat atau tidak dengan memancarkan sinar dari alatnya.

Proses semprot ini merata di semua bagian rambut. Semua permasalahan rambut bisa ditangani dengan nano spray ini. Teknologi nano spray ini bisa digunakan untuk kaum hawa berusia remaja hingga di atas 50 tahun.

Supaya hasil maksimal, maka perawatan ini dilakukan seminggu sekali selama empat kali. Dengan perawatan intensif, maka rambut kering bisa jadi lembab dan halus. Rambut kembali hitam dan tak kusam. Adapun dalam perawatan nano spray ini, ada beberapa tahapan yang dilakukan.

Tahapan itu adalah :
1.Lebih dulu rambut yang rusak itu dicuci untuk menghilangkan debu dan kotoran
2.Kemudian rambut diberi krim masker agar proses penyerapan oksigen ke dalam rambut bisa maksimal.
3.Proses pemberian nano spray dengan penyemprotan air oksigen ke seluruh rambut.
4.Rambut kembali dicuci agar lebih segar.

Pembelian Nano spray bisa kunjungi tautan matrixshop.co.id
5
@buAntha kemungkinan besar tidak bunda. Hanya saja silahkan dipastikan jenis zat atau nutrisi apa yang memicu alergi pada anak. Seperti yang saya cantumkan pada artikel, kalau bukan daging sapi yang menjadi problematika utama, melainkan kandungan sapi itu sendiri. Semoga membantu ya.
6
Lain-lain / Lakukan 6 Hal Ini Agar Wajahmu Tetap Lembab dan Segar Selama Puasa
« Last post by yeobeseyo on May 16, 2018, 05:02:59 PM »
Oleh: ladybird


Berpuasa selama berjam-jam setiap harinya tentu akan membuat asupan nutrisi bagi tubuh berkurang yang berimbas kepada kondisi kulit. Belum lagi dengan paparan sinar matahari, polusi dan pendingin ruangan dapat membuat kulit wajah menjadi kering dan kusam.

Pasti kamu gak mau dong wajah tampak gak oke selama puasa? Biar wajah tetap glowing selama puasa lakukan hal-hal di bawah ini, yuk!

1. Banyak minum air putih saat berbuka dan sahur

Menahan haus selama berjam-jam membuat tubuh kekurangan cairan yang mengakibatkan dehidrasi. Selain dehidrasi, kulit juga cenderung menjadi kering karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh.

Untuk itu, usahakan untuk segera mengonsumsi air putih saat berbuka puasa dan juga saat sahur. Hal ini berguna untuk mengembalikan ion dalam tubuh sekaligus untuk mengembalikan kelembaban kulit.

Usahakan untuk minum empat gelas air putih setiap berbuka dan sahur untuk memenuhi kebutuhan cairan kamu selama puasa.


2. Gunakan sunblock

Paparan sinar matahari sehari-hari saja sudah lebih cukup untuk membuat kulit wajah menjadi kering. Apalagi ditambah dengan berkurangnya cairan dalam tubuh selama berpuasa akan memperparah kondisi kulit wajah kamu. Untuk itu selalu gunakan sunblock atau sunscreen sebelum beraktifitas keluar rumah.

Sunblock atau suncscreen dapat melindungi wajah kamu dari sinar UVA dan UVB yang buruk untuk kulit. Kamu dapat mengaplikasikannya sebelum memakai make-up. Untuk perlindungan maksimal, aplikasikan ulang setiap 2-3 jam sekali.


3. Pakai moisturizer

Satu lagi yang tak boleh ketinggalan yaitu moisturizer alias pelembab. Seperti namanya, produk satu ini memang bertujuan untuk mencegah kulit wajah dari kekeringan.

Kulit yang kering bisa bikin wajah kamu terlihat kusam dan tua lho. Gunakan moisturizer setelah pemakaian toner dan sebelum mengaplikasikan sunscreen. Selain melembabkan, mosturizer dapat membuat makeup kamu jadi lebih menempel dan mudah dibaurkan.


4. Tidur yang cukup

Tidur sepertinya adalah masalah yang sepele. Karena itulah banyak wanita yang sering menyepelekan pola tidur mereka. Padahal pola tidur yang tidak teratur juga menjadi penyebab kulit wajah menjadi kusam, lelah dan cepat keriput. Ditambah lagi dengan lingkaran hitam yang muncul di bawah mata bikin muka mirip panda.

Biar tetap cantik selama bulan Ramadan, mulailah untuk mengatur pola tidur. Usahakan untuk tidur selama kurang lebih 6-7 jam sehari. Jangan begadang untuk hal-hal yang tidak begitu penting seperti menonton satu season penuh drama Korea dalam semalam. Lebih baik habiskan waktu untuk mengaji, betul?


5. Olahraga

Biarpun sedang puasa, kamu tetap bisa menjalankan olahraga lho. Olahraga penting untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan kulit melalui keringat. Dengan berkeringat dijamin deh kulit kamu akan terlihat glowing dan sehat.

Berhubung sedang puasa, lakukan saja olahraga ringan di sore hari menjelang berbuka puasa seperti bersepeda atau jalan kaki di sekitar kompleks. Tak hanya sehat, wajah kamu juga akan selalu terlihat fresh. Sehat dapat, cantik pun dapat.


6. Perhatikan makananmu!

You are what you eat.

Menahan lapar selama hampir seharian penuh memang membuat orang menjadi kalap saat berbuka. Hal ini perlu diwaspadai karena salah-salah makananmu bisa menimbulkan masalah bagi kulit wajahmu.

Untuk itu, perhatikan menu berbuka dan sahurmu. Makan makanan manis saat berbuka tentu sah-sah saja asal konsumsinya dibatasi. Alih-alih makan yang manis atau makanan yang digoreng, lebih baik mengonsumsi sayur dan buah. Selain lebih sehat, sayur dan buah juga baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah kamu.

Itu tadi hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kulit wajah agar tetap lembab dan sehat selama bulan Ramadan. Puasa lancar, hati bersih, wajah pun tetap oke dan cantik hingga hari kemenangan tiba. Selamat berpuasa!



Sumber Artikel: https://life.idntimes.com/women/
7
Menopouse / Persiapkan Masa Menopause dengan Rutin Melakukan Senam Zumba
« Last post by tiatio on May 15, 2018, 02:26:29 PM »


Bagi wanita yang telah berumur dan sedang memasuki masa menopause, mungkin merasa minder ketika ingin memulai untuk melakukan olahraga. Selain itu, kondisi tubuh yang sudah tidak lagi prima menjadi pertimbangan lainnya untuk memulai olahraga.

Padahal, cukup membiasakan berjalan santai mengelilingi komplek setiap pagi sudah bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh. Jika tidak ingin berolahraga sendirian, mengapa tidak mencoba senam zumba untuk menjaga tubuh tetap prima di usia senja?

Sejak beberapa tahun belakangan, senam zumba menjadi salah satu olahraga populer di kalangan perempuan, mulai dari siswa SMA hingga ibu rumah tangga. Selain terbukti menyehatkan, zumba dance juga menyenangkan karena dilakukan secara bersama-sama dengan gerakan yang variatif.

Memang, apa saja sih manfaat senam zumba yang bisa dirasakan oleh tubuh?

  • Melenturkan tubuh

Seiring dengan bertambahnya usia, sendi-sendi tubuh akan mulai kehilangan fleksibilitasnya. Nah, gerakan zumba dance yang seperti tarian dansa, terbukti dapat membuat tubuh menjadi lebih lentur, sehingga dapat menjauhi Anda dari risiko cedera sendi.
Makanya, jangan ragu untuk rutin mengikuti senam zumba, setidaknya sekali dalam seminggu sebagai cara ampuh untuk menjaga kelenturan sendi.

  • Membakar lemak dan menguatkan otot

Setiap wanita selalu mendambakan memiliki bentuk tubuh yang kencang dan penuh lekukan bak gitar Spanyol. Sayangnya, tidak semua wanita cukup beruntung untuk memiliki tubuh seperti model Victoria's Secret.

Selain menjaga komitmen dalam program diet yang sedang Anda jalankan, senam zumba terbukti ampuh dalam menjaga bentuk tubuh, lho! Gerakannya yang melibatkan seluruh anggota tubuh, dapat membakar lemak-lemak yang menggelambir di beberapa bagian, seperti bokong, paha, dan lengan bagian atas.

Selain itu, dengan rutin melakukan senam zumba setiap minggu, tubuh juga dapat menjadi lebih kencang dan berotot. Semakin banyak kandungan otot di dalam tubuh, maka semakin sedikit pula lemak yang menggumpal di dalamnya. Mau?

  • Mencegah stres dan depresi

Pada dasarnya, olahraga memang menjadi sarana rekreasi bagi tubuh dan jiwa. Hal ini sejalan dengan fakta bahwa olahraga, termasuk senam zumba, dapat merangsang produksi hormon serotonin.
Nah, semakin banyak serotonin yang diproduksi, maka akan semakin bahagia pula perasaan Anda. Sekarang, katakan bye-bye pada stres!

  • Menyehatkan jantung

Selain dapat menjaga bentuk tubuh tetap ideal, senam zumba juga baik untuk menyehatkan jantung. Gerakan zumba yang cepat dan bervariasi terbukti dapat memicu peredaran darah agar berjalan lebih optimal.
Dampaknya, Anda akan terhindar dari risiko terkena berbagai penyakit kardiovaskular, seperti stroke atau gagal jantung.

  • Menstabilkan tekanan darah

Mungkin banyak yang mengira kalau menjaga asupan makanan adalah satu-satunya cara untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Padahal, aktivitas fisik juga harus diperhatikan, lho!

Senam zumba yang rutin dilakukan setiap minggu, terbukti dapat menjaga Anda dari risiko terkena hipertensi. Bagi yang belum tahu, hipertensi adalah kondisi ketika tekanan darah berada di atas level 140/90 mmHG, di mana tekanan darah normal berada pada level 120/80.


Itulah 5 manfaat senam zumba yang harus Anda ketahui. Khusus bagi Anda yang sudah berusia lanjut, ada baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu durasi dan frekuensi zumba dengan dokter. Sebab, terlalu berlebihan dalam mempraktikkan olahraga ini juga tidak dianjurkan karena dapat memicu keluhan medis yang lain.



Sumber Artikel: www.go-dok.com
8
Oleh : Fitri Haryanti Harsono


Makanan cepat saji (fast food) yang dikonsumsi wanita dapat meningkatkan risiko infertilitas (kemandulan, ketidaksuburan), menurut sebuah studi baru dari Australia. Para peneliti menemukan, konsumsi makanan cepat saji secara teratur dikaitkan dengan peningkatan dua kali lipat risiko infertilitas pada wanita.

Risiko infertilitas makin besar (50 persen) bila wanita tidak cukup makan buah. Namun, studi ini hanya menemukan hubungan antara diet dan infertilitas. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan makanan tertentu memiliki dampak langsung pada risiko infertilitas.

Sekretaris British Fertility Society, Raj Mathur, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan, penelitian baru ini bermanfaat bagi para dokter dan wanita yang ingin mulai mencoba untuk hamil.

"Sesuai yang ada dalam penelitian, pola diet secara keseluruhan dapat memengaruhi kesuburan," kata Mathur. Pesan dari penelitian ini tampaknya, makanan cepat saji itu buruk. Yang baik itu, makan buah dan sayuran segar untuk kesuburan.

Penelitian yang dipublikasikan 3 Mei 2018 dalam jurnal Human Reproduction meneliti hampir 5.600 wanita yang berusia 18 hingga 43 tahun dari Australia, Selandia Baru, Inggris, dan Irlandia. Seluruh wanita berada di tahap awal kehamilan pertama. Bidan yang merawat mereka diinstruksikan untuk menanyakan tentang pola diet beberapa bulan sebelum kehamilan. Hasil wawancara itu dicatat untuk melihat berapa lama mereka dapat hamil.

Temuan yang mengejutkan dari penelitian Mathur, pasangan dianggap tidak subur ketika mereka tidak dapat hamil dalam waktu satu tahun. Meskipun semua wanita yang terlibat dalam penelitian itu hamil, 8 persen dari mereka termasuk kategori tidak subur. Ini karena mereka membutuhkan waktu lebih lama (lebih dari satu tahun) untuk hamil.

"Temuan utama adalah risiko infertilitas, yaitu membutuhkan waktu lebih dari 12 bulan untuk hamil. Mereka juga kurang asupan buah," tulis Mathur.

Peneliti senior Claire Roberts dari Robinson Research Institute di University of Adelaide, Australia menambahkan, risiko infertilitas naik dari 8 persen menjadi 16 persen pada wanita yang makan empat atau lebih porsi makanan cepat saji setiap minggu.

Asupan makanan juga terkait dengan jumlah waktu yang dibutuhkan wanita untuk hamil. Wanita yang makan buah tiga atau lebih dalam sehari bisa hamil setengah bulan lebih cepat daripada wanita yang makan buah hanya beberapa kali dalam sebulan. Sebaliknya pada wanita yang mengonsumsi makanan cepat saji, seperti burger, pizza, ayam goreng, dan keripik empat kali atau lebih dalam seminggu, mereka lebih lama untuk hamil.



Sumber Artikel : https://www.liputan6.com/health/
9
Menopouse / Cegah Osteoporosis, Manfaat Rutin Olahraga Sebelum Menopause
« Last post by yeobeseyo on May 11, 2018, 04:32:57 PM »
Oleh : Aditya Eka Prawira


Perbanyak olahraga bagi para wanita berguna menghambat osteoporosis. Tujuan dari aktivitas fisik ini guna memberikan penekanan dan beban terhadap tulang. Dr Rio Aditya, menjelaskan, tulang akan semakin padat jika kita sering mempergunakan itu untuk olahraga, sehingga tulang dapat beradaptasi sesuai dengan lingkungannya. "Karena jika diberikan banyak beban dan penekanan, tulang akan bertumbuh semakin tebal," kata Dr Rio.

Ada tiga jenis olahraga yang Dr Rio anjurkan agar terhindar dari osteoporosis. Dari yang ringan seperti jalan kaki, beladiri, sampai angkat beban. Dengan melakukan banyak aktivitas yang melibatkan kontak fisik, kata Dr Rio, kepadatan massa tulang akan bertambah dibanding orang-orang yang malas olahraga. Menurut Dr Rio, prinsip ini yang menjadi alasan wanita pekerja atau yang aktif cenderung lebih jarang mengalami osteoporosis.

Hal ini semakin dipertegas dengan hasil penemuan yang dikemukakan National Osteoporosis Foundation di Amerika Serikat, yaitu rutin olahraga sebelum memasuki usia menopause, punya efek luar biasa untuk kesehatan wanita itu sendiri di kemudian hari.

Wanita yang kurang aktif secara fisik memiliki kepadatan tulang yang rendah karena minimalnya stimulasi yang diberikan pada tulang. Kepadatan tulang yang rendah berarti tabungan kalsium di tulang lebih sedikit, sehingga pada masa menopause, jumlah kalsium yang diambil oleh sel osteoklast akan lebih cepat habis dibandingkan dengan tulang yang memiliki tabungan kalsium yang banyak.



Sumber Artikel: https://www.liputan6.com/health/
10
Salah satu risiko berhubungan seks adalah tertularnya penyakit menular seksual atau PMS. Namun, ternyata penyakin ini bukan hanya menular lewat hubungan seks saja. Karena, penyakit ini bisa menyerang kita meski tanpa melakukan hubungan seks, seperti yang dijelaskan oleh Dr Christopher Chong, obstetrician dan ginekelog di Gleneagles Hospital, Singapura. Jadi, selain karena berhubungan seks, 6 hal ini bisa membuat kita tertular penyakit menular seksual (PMS).

1) Oral Seks

Ini juga yang menjadi alasan kenapa kita harus menghindari oral seks, karena PMS bisa menular ke kita kalau penis, anus, atau vagina sudah terinfeksi. Terlebih kalau ada luka di sekitar area vagina kita.

Penyakit yang mengancam: HPV, herpes, dan chlamydia.


2) Ciuman

Yup, satu kali ciuman bisa menularkan 80 juta bakteri, jadi kalau pasangan kita terinfeksi, kita pun bisa tertular.

Penyakit yang mengancam: herpes, mononucleosis.


3) Transfusi Darah

Karena itu, kita wajib memastikan darah dari pendonor benar-benar aman dan bersih sebelum melakukan transfusi darah. Bukan hanya itu, kita juga harus memastikan kalau jarum suntik dan semua peralatan yang dipakai aman dan bersih.

Penyakit yang mengancam: HIV - AIDS


4) Makanan yang Sudah Terkontaminasi

Menurut Dr Christopher, kalau seseorang yang terkontaminasi tidak mencuci tangannya ketika memegang makanan, terutama setelah buang air kecil dan buang air besar, bukan tidak mungkin kita akan tertular.

Penyakit yang mengancam: Hepatitis A


5) Sentuhan Fisik

Untuk beberapa penyakit, kita bisa saja tertular karena bersentuhan dengan pakaian si penderita, seperti yang diungkapkan oleh Dr Christopher. Karena itu, hati-hati kalau meminjamkan barang kita kepada orang lain.

Penyakit yang mengancam: beberapa kasus ada HPV, Trichomonas.


6) Pisau Cukur

Sebaiknya sih kita memakai sendiri pisau cukur milik kita dan enggak berbagi pemakaian dengan orang lain. Ketika memakai pisau cukur yang sudah dipakai oleh penderita, organisme pembawa penyakit akan langsung masuk ke darah kita melalui luka cukuran.

Penyakit yang mengancam: Trichomonas, HIV



Sumber Artikel: http://cewekbanget.grid.id/Love-Life-And-Sex-Education/
Pages: [1] 2 3 ... 10


Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab