FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab



Recent Posts

Pages: [1] 2 3 ... 10
1
Sumber: Anemia pada ibu hamil

Anemia pada ibu hamil memang sering terjadi, tapi bukan berarti hal ini bisa di sepelekan. Anemia atau kurang darah pada ibu hamil dapat meningkatkan resiko berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Bahkan jika tidak segera ditangani, anemia bisa juga mengakibatkan kematian. Karena itu, anemia yang dialami oleh ibu hamil tidak boleh diabaikan begitu saja.

Jenis-Jenis Anemia Yang Dialami Ibu Hamil
Ibu hamil memiliki potensi yang cukup besar terkena anemia, padahal mengalami penyakit anemia saat hamil bisa membahayakan kehamilan. Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh sehingga mengakibatkan suplai terhambat. Berikut ini beberapa jenis anemia yang bisa dialami pada ibu hamil :

Anemia Kekurangan Asam Folat
Folat adalah salah satu bagian vitamin B yang berfungsi sebagai pembentuk sel darah merah yang sehat. Oleh sebab itu, kekurangan asupan asam folat dapat menyebabkan anemia. Asam folat tidak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuhnya, tapi juga berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan janin yang ada di kandungan.

Resiko bagi ibu hamil yang kekurangan asam folat adalah kehilangan berat badan secara drastis serta lahirnya bayi secara prematur. Sedangkan resiko terburuknya adalah bayi lahir dalam kondisi yang tidak sempurna atau cacat lahir. Biasanya cacat ini terjadi pada tulang belakang atau otak bayi.

Anemia Kekurangan Zat Besi
Penyebab terbanyak anemia pada ibu hamil juga terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Saat tubuh kekurangan zat besi, jumlah hemoglobin akan menurun dan berdampak pada sel darah merah. Karena hemoglobin adalah salah satu jenis protein yang berperan membawa oksigen ke paru-paru dan seluruh tubuh.
Pada ibu hamil, anemia karena kekurangan zat besi ini dapat berakibat pada menurunnya berat badan ibu pasca persalinan. Bayi dalam kandungan juga berpotensi lahir prematur. Oleh sebab itu, untuk mengatasi kemungkinan buruk ini, asupan zat besi menjadi hal penting yang sangat dibutuhkan ibu hamil.

Anemia Kekurangan Vitamin B12
Vitamin B12 juga berfungsi untuk membentuk sel darah merah sehingga jika kekurangan vitamin yang satu ini maka tubuh akan mengalami anemia. Untuk ibu hamil, kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan terganggunya perkembangan janin di dalam kandungan. Dan kemungkinan terburuknya adalah saat lahir bayi bisa mengalami cacat tabung saraf.

Anemia Hemolitik
Pada umumnya sel darah merah akan melewati masa kehancuran dalam jangka waktu tertentu. Tapi ketika masalah anemia ini muncul maka penghancuran sel darah merah terjadi lebih awal sehingga diperlukan tranfusi darah agar peredaran darah normal. Kasus anemia ibu hamil yang satu ini memang jarang ditemukan, namun dampak yang ditimbulkan sangat tidak biasa terjadi.

Penyebab dan Gejala Anemia Pada Ibu Hamil
Tidak ada salahnya untuk ibu hamil mengetahui penyebab dan gejala yang muncul saat anemia. Dengan mengetahui lebih dulu, ibu justru dapat lebih berhati-hati dan lebih cepat menangani jika terdapat gejala anemia yang dirasakan ketika hamil.

Penyebab Ibu Hamil Anemia
Rasa mual yang dirasakan ibu hamil memicu menurunnya nafsu makan selama kehamilan sehingga pola makan ibu hamil tidak teratur
Cadangan zat besi pada ibu hamil yang rendah karena mestruasi atau persalinan sebelumnya

Ibu hamil memiliki kebutuhan zat besi lebih banyak dan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan janin dalam kandungan
Asupan nutrisi pembentuk sel darah merah yang diterima ibu hamil masih belum mencukupi kebutuhan

Gejala Anemia Pada Ibu Hamil
Tubuh terasa lemas, lesu, mudah lelah dan terlihat pucat
Jantung berdebar lebih cepat dari biasanya dan tidak beraturan
Sering merasa sakit kepala seperti pusing dan berkunang-kunang
Sulit berkonsentrasi
Tangan dan kaki terasa dingin
Nafsu makan berkurang
Penyembuhan luka butuh waktu lama

Tips Menghindari Anemia Bagi Ibu Hamil
Anemia ibu hamil bisa sangat berbahaya, karena itu lebih baik untuk menghindarinya sebisa mungkin. Untuk itu, beberapa tips berikut ini bisa dilakukan agar terhindar dari anemia selama kehamilan.

Konsumsi Makanan Yang Membantu Pembentukan Sel Darah Merah
Makanan yang dikonsumsi harus mengandung asam folat yang tinggi seperti roti, sayuran hijau, salmon dan sereal. Mengandung zat besi seperti daging merah, telur, dan kacang-kacangan. Serta makanan lain yang mengandung banyak vitamin B12 dan buahan-buahan yang mengandung vitamin C.

Rajin Minum Susu dan Air Putih Yang Cukup
Teratur minum susu pada siang dan malam hari akan membantu meringankan gejala anemia yang dirasakan karena susu tidak hanya mengandung kalsium tapi juga mengandung zat besi yang berguna untuk mengatasi anemia pada ibu hamil. Sedangkan dengan cukup minum air putih mampu mengurangi resiko anemia dan memperlancar peredaran darah. Dan yang perlu diketahui, jangan terlalu banyak mengkonsumsi kafein.

Rajin Berolahraga
Khusus untuk ibu hamil, olahraga yang dilakukan tidak boleh terlalu berat. Cukup dengan olahraga ringan seperti berenang atau jalan santai di sekitar rumah agar tubuh menjadi rileks dan janin sehat. Jika tidak memiliki waktu untuk berolahraga, lebih baik lakukan aktivitas seperti biasa. Jangan sampai bermalas-malasan karena itu akan membuat peredaran darah tidak lancar sehingga mudah lelah, lemas dan pusing.

Hindari Stres
Stres tidak hanya dapat membuat anemia semakin parah karena peredaran tidak lancar. Namun juga bisa membahayakan kesehatan janin yang ada dalam kandungan. Menghindari stres dapat dilakukan dengan jalan-jalan ditempat yang tenang dan terbuka atau lakukan hal lain yang membuat diri senang.
Hal penting yang juga bisa dilakukan untuk menghindari anemia pada ibu hamil adalah rajin memeriksakan darah. dengan mengetahui kondisi darah maka ibu bisa mengatasi anemia lebih dini. selain itu, teratur memeriksakan kesehatan janin ke dokter juga dapat memperkecil resiko yang bisa terjadi selama kehamilan.
2
Menopouse / Tempe Penyelamat Wanita Saat Menopause
« Last post by yeobeseyo on November 12, 2018, 04:52:51 PM »


Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari kedelai yang banyak digemari. Selain untuk lauk, tempe ini dijadikan bahan pelengkap masakan dan memiliki nutrisi yang tinggi bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu mencegah menopause. Setiap perempuan pasti akan mengalami menopause. Namun jangan khawatir, karena Anda tetap bisa tampil sehat dan cantik setelah menopause. Salah satunya adalah dengan rajin mengkonsumsi tempe.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi protein kedelai mempunyai efek menurunkan kolesterol. Salah satu contoh makanan yang gampang ditemui sekaligus mengandung isoflavon tinggi adalah tempe. Tentu ada syaratnya. "Kalau ingin mendapat manfaat isoflavon dari tempe, sebaiknya tempe tersebut diolah dengan cara direbus atau dikukus. Kalau digoreng, manfaatnya akan berkurang, karena minyak yang digunakan untuk menggoreng dapat menambah kadar kolesterol dalam darah," ujar Baziad. Ya, Anda harus pintar-pintar mengolah produk kedelai ini agar khasiatnya terasa. Anda juga bisa membuat olahan sayur dari tempe atau dibacem.

Bagaimana dengan susu kedelai? "Kadar isoflavon dalam susu kedelai malah rendah. Selain itu, kadar kolesterolnya pun telah tinggi, sehingga efek positifnya menurun," tambahnya.

Untuk isoflavon alami ini tidak ada patokan berapa gram yang harus dikonsumsi setiap harinya. Juga bisa dikonsumsi kapan saja. Efek samping fitoestrogen pun hingga saat ini belum ditemukan.

Bila Anda tak punya banyak waktu untuk mengolah tempe, Anda bisa menggunakan cara yang lebih praktis, yaitu dengan mengkonsumsi kapsul isoflavon yang kini telah dijual di pasaran. Kapsul isoflavon mengandung 50 mg isoflavon. Dari hasil uji coba, 1 cangkir kedelai bermutu bagus setara dengan 25 mg kapsul isoflavon.

Bagaimana dengan efek samping fitoestrogen dalam bentuk kapsul? "Hingga saat ini belum ada pasien yang melaporkan dan belum ada keluhan apa-apa. Jadi, terserah pasien, mau pilih yang alami atau yang praktis," tutur Baziad. Jadi, untuk tampil cantik dan sehat di masa menopause ternyata tidak sulit, bukan? Tak ada salahnya mulai sekarang Anda memperbanyak konsumsi tempe.



Sumber Artikel : https://doktersehat.com/
3
Oleh : Stella Azasya


Memiliki anak memang adalah impian semua wanita setelah menikah. Tapi berdasarkan kesehatan, tidak semua wanita bisa atau mumpuni untuk mengandung. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab beberapa wanita justru sulit hamil.

Berikut adalah 7 alasan yang bisa jadi penyebab seorang wanita memiliki anak. Tidak selalu tanda adanya penyakit, tapi lebih baik kamu cek saja faktornya di bawah ini.

1. Terlalu banyak mengonsumsi lemak

Kebanyakan makan makanan yang dipanggang atau digoreng bisa berdampak negatif bagi kesuburan yang berarti ovulasi tidak terjadi. Membatasi makan makanan tersebut sama dengan mengurangi risiko gangguan ovulasi. Ganti cemilanmu dengan gandum, almond, yogurt, pisang atau roti itu akan lebih baik bagi kesuburan.


2. Olahraga terlalu berat

Olahraga yang tepat bisa meningkatkan kesuburanmu tapi penting untuk kamu tahu batasannya. Melakukan terlalu banyak olahraga bisa mempengaruhi keseimbangan energi dalam tubuh dan berdampak buruk pada siklus reproduksimu. Latihan yang terlalu berat sangat tidak dianjurkan bila kamu ingin cepat punya anak. Kuncinya adalah menjaga kesehatan dan kebugaran, bukan membuat tubuh malah terlalu lelah dengan olahraga tidak terkontrol.


3. Pasanganmu mengalami stres

Kesuburan laki-laki dipengaruhi dari tingkat stres yang sedang dia alami, hal ini termasuk juga pekerjaan, keluarga atau kehidupan sosial. Ketidakmampuannya untuk menyelesaikan masalah atau mengurangi stres akan berpengaruh pada produksi sperma yang dia keluarkan.


4. Tidak menghitung masa subur dengan benar

Akan lebih akurat jika kamu tahu dengan jelas tanggal berapa masa kesuburanmu berlangsung. Tidak pas dalam menetapkan momentum bercinta juga bisa jadi salah satu penyebab kamu sulit hamil. Umumnya, masa subur wanita adalah 12-16 hari sebelum masa menstruasi berikutnya. Itu ukuran normal dalam artian kamu punya siklus teratur 28 hari. Tapi jika kamu memiliki siklus yang berbeda, maka kamu perlu mempelajari untuk menghitung masa subur.


5. Faktor Usia

Semakin tua seorang wanita akan berpengaruh juga pada kesuburan yang dia miliki. Biasanya wanita dengan usia 35 tahun ke atas akan mengalami penurunan kesuburan secara drastis. Bukan hanya itu, pada usia ini juga rentan terjadi keguguran.


6. Adanya infeksi vagina

Jika kamu merasa tidak mengalami semua faktor di atas maka kamu perlu periksa keputihanmu. Keputihan tidak normal; terlalu banyak, kental dan berwarna hijau adalah tanda kamu mengalami infeksi vagina yang memiliki peran besar dalam kesuburan. Semua penyakit panggul atau vagina dapat menghambat pembuahan sel telur dan sperma di tuba falopi. Inilah yang jadi penyebab kamu sulit untuk hamil. Sebaiknya kamu mulai memeriksakan ke dokter jika kamu mengalami ini.


7. Adanya penyakit chlamydia

Penyakit ini adalah penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Tanda adanya penyakit ini biasanya adalah nyeri panggul kronis dan sakit yang tak tertahankan saat menstruasi. Jelas hal ini memiliki peran besar dalam kesuburanmu. Nyeri memang tidak bisa selalu dihitung sebagai tanda adanya penyakit tapi kalau memang nyeri yang kamu alami ini tidak biasa, maka periksakan ke dokter.


Yang paling penting adalah kamu harus menjaga kesehatan dan kebersihan vagina sejak masih remaja. Perhatikan juga tentang sejarah keluarga tentang masalah kesuburan ini. Jika kamu merasa memiliki masalah tersebut, alangkah lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter. Yang perlu kamu ingat adalah sulit untuk hamil bukan berarti tidak bisa hamil.



Sumber Artikel : https://www.idntimes.com/life/women/
4
Kesehatan Ibu dan Anak / Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Dengan Aromaterapi
« Last post by lailarsih12 on November 06, 2018, 12:21:23 PM »

Sumber Artikel dan Gambar: www.ibudanbalita.com

Di awal kehamilan, banyak ibu hamil yang sibuk mencari cara mengatasi mual saat hamil. Apalagi, jika mual disertai dengan muntah-muntah dan rasa tak nyaman di perut. Hal ini memang wajar terjadi pada ibu hamil. Terutama di awal masa kehamilan. Mual muntah semacam ini biasanya terjadi ketika kehamilan bari menginjak trimester pertama. Sekitar usia 5-12 minggu. Namun, ada beberapa wanita juga yang mengalaminya hingga usia kandungan menginjak trimester kedua, bahkan ketiga.

Penyebab rasa mual yang timbul pada masa kehamilan, tak lepas dari peran hormon-hormon kehamilan itu sendiri. Seperti hormon progesteron, hormon estrogen dan HCG. Perubahan hormon dari ketiga hormon inilah yang ikut andil dalam ketidaknyamanan di saluran pencernaan.

Meningkatnya kadar hormon-hormon tersebut membuat kerja lambung menjadi semakin lambat, sehingga asam lambung pun menjadi meningkat. Dan inilah yang menyebabkan munculnya rasa mual. Namun dibalik itu, ada manfaat penting yang dibawa bersama hormon-hormon kehamilan.

HCG bekerja untuk mempertebal dinding rahim dan mendorong pertumbuhan embrio. Setelah embrio tumbuh dan membantu janin, peranannya diambil alih oleh hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon tersebut bekerja untuk menjaga janin agar tumbuh sehat dan mempersiapkan payudara ibu untuk memproduksi ASI.


Lalu Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil?

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa mual di masa kehamilan. Salah satunya adalah dengan menghirup bau-bau an yang memberikan efek menyegarkan. Minyak aroma terapi dapat Anda pilih sebagai salah satu solusinya. Dengan bahan minyak esensial yang alami, Anda dapat menghilangkan rasa mual saat hamil.

Minyak aroma terapi mampu memberikan ketenangan. Ada beberapa jenis aroma terapi yang dapat dipilih, berdasarkan bahan dan manfaatnya.

1) Minyak Aroma terapi dengan aroma Lemon dan Mint

Kedua jenis aroma ini memberikan efek fresh. Sangat cocok untuk melenyapkan berbagai gejala mual, pusing, dan rasa tak nyaman di awal masa kehamilan.


2) Minyak Aromaterapi dengan aroma Jeruk Manis

Nah, kalau jenis yang satu ini, memiliki aroma yang segar namun masih meninggalkan kesan 'sweet'. Menurut beberapa penelitian, aroma terapi yang terbuat dari jeruk manis, sangat ampuh untuk mengatasi gangguan lambung pada ibu hamil, termasuk sembelit.


3) Minyak Aromaterapi dengan aroma Lavender

Sedangkan aroma lavender sangat pas untuk memberikan efek menenangkan. Dan sangat baik untuk memperbaiki kualitas tidur pada ibu hamil.


Selain beberapa aroma utama tersebut, adapula aroma jahe, geranium, lemon rass, chamomile, dan citrus. Selebihnya, perlu dikonsultasikan dengan dokter kandungan ya, karena ada minyak aroma terapi yang dapat menimbulkan efek lain. seperti meningkatnya tekanan darah, menimbulkan kontraksi dini, dan keguguran.

Manfaat aroma terapi sudah memang sangat banyak. bagi ibu hamil, aroma terapi sangat baik untuk memberikan efek relaksasi. Sehingga, dapat memperbaiki mood, mengatasi masalah gangguan tidur seperti insomnia, dan juga mampu mengatasi mengatasi mual dan muntah.


Pantangan Bagi Ibu Hamil Untuk Menjaga Kesehatan Janin dan Ibu
   
Untuk menjaga kesehatan janin, bukan hanya mencegah dan mengatasi mual dan muntah saja lho. ada beberapa hal yang perlu dicegah oleh ibu hamil, agar masa kehamilan dapat terlewati dengan aman. Jadi, ibu hamil harup memperhatikan hal-hal berikut ini.


Kenali Diri Sendiri

Setiap kehamilan memiliki ceritanya sendiri. Satu ibu hamil, pasti memiliki pengalaman dan kondisi yang berbeda dengan ibu hamil yang lainnya. untuk itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui, apa yang terjadi pada dirinya?

Hamil bukanlah suatu kondisi yang membuat seorang wanita harus melepaskan segala aktivitas fisik yang ia sukai. Saat hamil, Anda masih bisa bepergian, membereskan rumah, olah raga, dan banyak kegiatan lainnya. namun, Anda juga harus paham betul, batas kemampuan diri Anda 'saat hamil'. Karena, terkadang seseorang yang sedang hamil, akan mengalami beberapa perubahan, yang membuat kondisi tubuhnya pun ikut berubah.

Sebagai contoh, menjadi lebih cepat lelah, lebih sensitif terhadap aroma dan rasa yang tajam, serta jam tidur yang mengalami perubahan.


Jangan Berlebihan

Masih terkait dengan pin sebelumnya, segala kegiatan masih boleh dilakukan, namun jangan berlebihan. Olah raga juga harus dipilih mana yang cocok untuk ibu hamil. Begitupun dengan makanan, boleh makan apapun, namun seperlunya saja. Ingat, yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah double nutrisi, bukan double porsi ya.


Hindari Kontak Langsung Dengan Berbagai Bahan Kimia

Berbagai macam bahan kimia juga dapat memberikan dampak negatif untuk kesehatan janin lho. maka, tak jarang dokter kandungan mencegah ibu hamil untuk menggunakan berbagai macam jenis perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan kimia. Selain itu, kontak langsung dengan bahan kimia juga bisa diperoleh dari berbagai produk kebersihan rumah tangga. nah, untuk itu, sebaiknya Anda sudah mulai aware, memilih dan memilah apa-apa saja yang harus 'dikeluarkan' dari rumah.


Stop Minum Obat-obatan

Selama hamil, Anda tak boleh sembarangan mengkonsumsi obat-obatan. Seperti obat pereda nyeri, atau pun yang lainnya. jika ada keluhan kesehatan, segera lakukan pemeriksaan kepada dokter kandungan atau bidan yang biasa menangani Anda selama masa kehamilan.
Mual dan muntah saat awal masa kehamilan memang hal yang wajar. Namun, tetap harus diantisipasi dan diatasi agar tak mengakibatkan berbagai efek negatif baik untuk ibu hamil maupun janin yang dikandungnya. Nah, untuk itu, Anda dapat mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman padat nutrisi dalam porsi kecil, namun dengan intensitas yang lebih sering. Ini ,merupakan salah satu cara mengatasi mual saat hamil yang paling aman.
5
Kesehatan Ibu dan Anak / Re: ASI Sudah Keluar Saat Hamil, Normalkah?
« Last post by lailarsih12 on November 06, 2018, 12:18:50 PM »
Pas hubungan intim suami keminum asi apa tidak bahaya ya?
6
Remaja / Jangan Sembarangan Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci Dulu, Ini 4 Bahayanya!
« Last post by yeobeseyo on November 02, 2018, 04:52:13 PM »
Oleh : Patricia Firscha


Baju atau pakaian selain untuk kebutuhan, kini juga untuk kepentingan penampilan. Banyak yang merasa klik dengan baju yang sedang dilihatnya di toko dan langsung membelinya. Padahal, tidak masuk dalam daftar kebutuhannya.

Dari banyaknya orang yang memutuskan langsung membeli, tidak sedikit juga yang buru-buru memakainya tanpa dicuci terlebih dahulu. Kebiasaan ini rupanya memberi dampak buruk bagi kesehatan. Menurut para ahli, berikut 4 bahayanya.

1. Virus flu dan norovirus bisa bertahan di pakaian selama 48 jam

Virus tersebar oleh udara. Kemudian, udara membawa virus tersebut menempel pada benda apa saja yang dicapainya. Kain adalah salah satu media yang bisa digunakan virus flu dan norovirus untuk bertahan cukup lama, bahkan hingga 48 jam.


2. Penyakit kulit bisa tertular melalui baju baru

Pakaian yang dipajang di toko bebas dicoba oleh siapa saja. Bayangkan jika sebelum kamu mencoba ada orang lain yang mencobanya dan ia memiliki penyakit kulit. Meskipun kamu membeli stok yang baru, tidak menutup kemungkinan bahwa akan tertular penyakit kulit kan?

Serat-serat kain adalah tempat yang nyaman bagi bakteri dan kutu untuk tinggal dan berkembang biak. Penyakit infeksi kulit itu bisa menular ke kamu dengan mudah.


3. Pewarna sintetis pada pakaian bisa menyebabkan peradangan kulit

Terutama bagi kulit yang sensitif, hati-hati terhadap pakaian baru. Kamu wajib mencucinya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Pewarna sintetis yang digunakan pada pakaian bisa menyebabkan peradangan bagi kulitmu.

Bahkan menurut beberapa penelitian, zat-zat kimia yang digunakan dalam produksi pakaian beragam dan memiliki risiko bagi kesehatan. Bahan-bahan ini bisa menyebabkan alergi dan iritasi pada kulit, paru-paru, mata, mulut, hingga memicu kanker.


4. Berkeringat memudahkan bakteri menginvasi kulit

Ketika berkeringat, pori-pori terbuka lebih lebar. Keadaan ini sangat memudahkan bakteri patogen menginfeksi dan menyebar melalui pori-pori dan menyebabkan penyakit. Ini berlaku tidak hanya untuk baju baru, tetapi semua bajumu. Jangan sampai kamu gunakan berkali-kali, padahal bakteri dengan mudah tersebar dan siap menginvasi kulitmu kapan saja.


Ternyata tidak mencuci baju baru itu bahaya kan? Mulai sekarang jangan cari-cari alasan lagi untuk langsung memakai baju yang baru kamu beli ya. Apakah kamu mau tertular penyakit kulit dan lainnya? gak kan?



Sumber Artikel : https://www.idntimes.com/health/fitness/
7
Keluarga Berencana / Bunda Juga Bisa Memprediksi Kelahiran Buah Hatinya Sendiri
« Last post by InfoSehat on October 29, 2018, 11:06:22 AM »

Kapan buah hati lahir itu bisa diprediksi oleh bunda sendiri, caranya adalah dengan memanfaatkan kalkulator kehamilan. Kalkulator ini memungkinkan bunda untuk mengetahui usia kehamilan di bulan tertentu, sampai mengetahui perkiraan si kecil terlahir ke dunia.

Perhitungannya juga tidak ribet. Sudah ada rumusnya. Tinggal bunda mengoperasikannya sesuai keterangan yang tersedia.

Dari perhitungan ini, bunda akan mengetahui kira-kira usia janin. Tentunya bunda juga bakalan paham kapan si kecil akan lahir. Jadinya, bunda bisa siap-siap untuk menyambut kelahiran si kecil.

Seberapa Besar Keakuratan Kalkulator Kehamilan Ini?

Namanya juga perkiraan, tidak ada yang pasti di dunia ini. Karena ini bukanlah ilmu exact yang bila digunakan akan ditemukan hasil yang pasti. Contohnya adalah 1+1=2.

Perhitungan ini tidak pasti. Masih ada kelemahan yang dimiliki dari rumus tersebut. Karena ada banyak faktor yang mempengaruhi.
Namun begitu, perhitungan ini sudah menjadi andalan bagi setiap bunda dan dokter kandungan. Perhitungan ini memiliki tingkat keakuratan luar biasa, mencapai 90% lebih.

Bunda tidak salah bila menggunakan perhitungan yang disebut juga dengan kalkulator menstruasi ini. Gunanya adalah untuk memperkirakan. Dan hasilnya kurang lebih bisa dipertanggungjawabkan.

Menghitung usia kehamilan ini jauh lebih baik ketimbang tidak. Perhitungan ini bisa memberikan bunda kesempatan untuk berjaga-jaga. Yakni menyediakan hal-hal yang berhubungan dengan usia kandungan.

Misalnya asupan nutrisi. Asupan nutrisi ini akan terus meningkat seiring dengan semakin tua usia kandungan. Ketika asupannya meningkat dan tercukupi, janin akan tumbuh sempurna dan lahir tanpa kekurangan apapun.

Begitupun ketika memasuki masa melahirkan, bunda bisa mempersiapkan banyak hal. Selain mempersiapkan biaya untuk melahirkan, bunda juga sudah siap untuk menyediakan perlengkapan si kecil. Jadi, kelahiran si kecil tidak membuat bunda kerepotan.

Faktor Yang Mempengaruhi Kelahiran Si Kecil
Ketika bunda telah mengoperasikan kalkulator kehamilan online, bunda tentunya sudah mengantongi perkiraan si kecil akan dilahirkan. Bunda juga sudah mempersiapkannya sesuai hasil yang didapatkan.

Namun begitu, kadang hasilnya tidak sesuai. Ada yang melahirkan si kecil lebih lambat, ada juga yang terlalu cepat dari perkiraan. Faktanya kadang ada yang dilahirkan 2 minggu sebelum dan sesudah hari lahir yang didapatkan dari perhitungan.
Apa yang menyebabkan hal tersebut? Tentunya banyak sekali penyebabnya. Bunda juga harus memahaminya agar bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan tepat.

Faktor kelahiran dini ini bisa disebabkan oleh adanya permasalahan pada kandungan. Kemungkinannya bisa dari asupan makanan yang kurang, bisa juga ada masalah serius di rahim bunda.

Mau tidak mau, buah hati akan lahir secara premature. Dilahirkan si kecil ini sangat diperlukan untuk menjaga kehidupannya. Entah itu dilahirkan secara alami, atau secara operasi.

Begitupun dengan keterlambatan kelahiran. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Bunda juga harus mengetahui informasinya agar bunda tidak terlalu khawatir dengan kondisi buah hati di dalam rahim.

Salah satunya adalah bunda baru pertama kali mengandung. Ini menjadi hal yang biasa bagi bunda. Si kecil biasanya akan terlambat untuk lahir ke dunia.
Selain itu, janin laki-laki yang dikandung juga turut mempengaruhi. Biasanya, janin berjenis kelamin laki-laki akan lebih lama di dalam kandungan. Makanya, bunda kadang harus menunggu berhari-hari untuk melahirkan si kecil.

Apakah hanya itu saja? tentu saja tidak. Masih banyak faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya adalah obesitas dan memiliki riwayat keluarga dengan persalinan terlambat.

Kesemuanya bisa dikenali oleh bundanya. Dengan memahaminya, bunda tidak perlu khawatir. Karena kekhawatiran ini malah berdampak negatif bagi bunda sendiri.

Rumus Menghitung Kelahiran Si Kecil
Selain menggunakan kalkulator kehamilan, ada dua rumus yang berguna untuk menghitung kelahiran si kecil. Ini mengacu pada rumus Naegele dan Parikh. Penggunaan rumus ini didasarkan pada durasi menstruasi seorang wanita.

Rumus Naegelle
Rumus ini akan memiliki tingkat keakuratan tinggi bila siklus menstruasi kaum wanita stabil di 28 hari. Jika tidak, bunda harus menggunakan rumus yang kedua.

Dalam perhitungannya, bunda harus ingat kapan mengalami haid terakhir. Ini disebut dengan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir).
Rumusnya ada dua. Rumus pertama untuk mencari tahun adalah tahunnya tetap. Kemudian untuk mencari bulan harus ditambah 9, dan mencari hari harus ditambah 7.

Contohnya HPHT di tanggal 1 Februari 2018. Maka tahunnya tetap 2018, bulannya menjadi November (2+9=11), dan harinya menjadi hari ke-8. Hasilnya adalah 8 November 2018.
Rumus pertama ini berlaku bila HPHT terjadi di bulan Januari-Maret. Makanya, bunda harus paham betul sebelum memulai untuk menghitung.
Rumus yang kedua adalah tahunnya ditambah 1, bulannya dikurangi 3, dan harinya ditambah 7. Rumus ini berlaku bila HPHT terjadi di bulan April-Desember.

Rumus Parikh
Rumus Parikh ini bisa digunakan ketika bunda mengalami siklus menstruasi yang tak tentu. Khususnya memiliki siklus menstruasi kurang atau lebih dari 28 hari. Contohnya adalah memiliki siklus haid sekitar 35 hari.

Perhitungannya menggunakan rumus Parikh ini. Rumusnya adalah HPHT + 9 Bulan + (lama siklus menstruasi ? 21 hari).
Contohnya bila HPHT dikenali jatuh di 1 Februari 2018 dan siklus haidnya 35 hari, maka kapan anak akan dilahirkan?
Perhitungannya menjadi 14 November 2018. 14 didapatkan dari 35-21, dan November didapatkan dari 2 (bulan Februari) + 9. Tahunnya masih tetap.
Tahunnya akan berbeda jika penambahan bulan berujung pergantian tahun. Bundalah yang akan memahaminya.
Itulah bagaimana cara bunda memperkirakan kelahiran si kecil. Cermati berapa lama durasi haid, kemudian ingat HPHTnya. Baru gunakan kalkulator kehamilan online seperti di https://www.ibudanbalita.com/aplikasi/kalkulator-kehamilan untuk mendapatkan hasil yang tepat.
8
Tumor / Simpan Ponsel di Bawah Bantal Tingkatkan Risiko Tumor Otak
« Last post by yeobeseyo on October 26, 2018, 04:52:24 PM »
Oleh : Nita Utami


Kehadiran ponsel sebagai alat komunikasi telah memudahkan kita menjalani kehidupan sehari-hari. Namun, di balik segala kemudahan tersebut, ponsel membawa dampak bagi kesehatan kita, salah satunya memicu risiko tumor otak.

Penyebabnya, sebagian besar karena radiasi medan elektromagnetik dari ponsel.

Dilansir dari website Liputan6.com, The All India Institute of MedicalSciences (AIIMS), Delhi, dalam laporannya tahun lalu, menyebut, terjadi peningkatan kasus tumor otak pada orang-orang yang menggunakan ponsel selama lebih dari 45 menit, selama sepuluh periode terakhir, mengalami kenaikan sebanyak 33 persen sebagai akibat dari paparan radiasi ponsel.

Peningkatan besar dalam jumlah kasus tumor otak juga terjadi ketika orang terus menyimpan ponselnya di bawah bantal ketika tidur.

Meskipun risiko terkena tumor otak dapat dialami oleh siapa saja, tetapi beberapa orang memiliki risiko lebih tinggi. Khususnya wanita hamil. Selain itu, efek radiasi ponsel dapat memengaruhi kualitas sperma pada pria.

Radiasi ponsel tidak hanya berdampak pada orang dewasa, tapi berdampak juga pada aktivitas otak anak-anak.

Paparan radiasi dari ponsel bisa menyebabkan sel-sel otak pada anak-anak mudah rusak. Karena radiasi ponsel jugalah tubuh si Kecil tidak sepenuhnya berkembang dengan baik.

Ketika anak-anak mulai menggunakan ponsel pada usia dini, mereka memiliki tingkat penggunaan ponsel seumur hidup. Oleh sebab itu, penggunaan ponsel selama beberapa dekade tersebut berisiko terhadap kesehatan mereka.



Sumber Artikel : https://www.liputan6.com/health/
9
Kesehatan Ibu dan Anak / Teknologi Locknutri Untuk Kebaikan Pencernaan Si Kecil
« Last post by BuAntha on October 24, 2018, 11:55:24 AM »
Memberikan nutrisi terbaik dari susu adalah prioritas dari produk Friso. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi Locknutri. Sebuah inovasi terbaik dari Friso untuk menghasilkan produk susu yang terbaik. Dilansir dari friso.co.id, teknologi ini menggunakan perlakuan panas ringan selama pemrosesan susu. Protein susu diawetkan lebih dekat ke struktur alaminya, membuat pencernaan protein mudah bagi si kecil.


Mengapa teknologi Locknutri penting?

Protein memainkan peran penting dalam otot, kulit dan tulang. Zat gizi ini membantu dalam pembentukan jaringan dan pertumbuhan dan merupakan komponen dalam sel darah merah. Protein membangun fondasi yang kuat untuk daya tahan tubuh anak-anak agar lebih kuat. proses penyerapan protein yang kurang sempurna akan memberikan banyak masalah kesehatan pada anak terutama pada pencernaan.

Gangguan pencernaan bisa terjadi pada siapa pun dan bahkan lebih sering pula ditemukan pada perut anak. Perut kecil sangat lembut dan sensitif. Gangguan pencernaan terjadi ketika pencernaan anak tidak mampu memecah nutrisi yang mereka telan, sehingga memberi mereka rasa sakit atau ketidaknyamanan. Itulah sebabnya perut anak membutuhkan nutrisi yang dekat dengan struktur alami untuk pencernaan yang mudah.

Ketika susu terlalu panas, nutrisi susu rusak dan membuatnya tidak bisa dicerna. Nutrisi yang tidak dapat dicerna ini berbahaya bagi perut sensitif si kecil. Itulah sebabnya anak mengalami gangguan pencernaan. Masalah pencernaan umum yang dihadapi anak adalah sembelit, gas dan diare. Oleh karena itu Friso memberikan solusi dengan menghadirkan produk susu Friso Gold yang diproses menggunakan teknologi LockNutri. Teknologi yang telah dipatenkan ini memainkan peran kunci dalam melestarikan nutrisi susu agar protein susu mudah dicerna bagi si kecil.


Bagaimana pemrosesan susu Friso Gold?

Susu Friso Gold berasal dari peternakan di Belanda dengan lebih dari 140 tahun keahlian peternak sapi perah. Mereka menciptakan lingkungan yang secara alami bergizi bagi sapi untuk menghasilkan susu berkualitas tinggi yang secara alami kaya akan nutrisi. Setiap gelas susu Friso Gold berasal dari salah satu dari 19.000 peternakan sapi perah di Belanda. Sapi-sapi ini dipantau dan diberi makan makanan yang sehat dari ryegrass dan jagung untuk memastikan mereka menghasilkan susu berkualitas tinggi yang kaya nutrisi.

Selama transportasi, susu disimpan maksimal 4 derajat Celcius untuk menjaga indeks kesegaran tinggi dari peternakan ke pabrik pengolahan. Perawatan ringan dilakukan di setiap langkah proses untuk mengunci kebaikan susu dari peternakan ke pabrik.

Begitu susu mencapai pabrik, ia akan menjalani perawatan yang hati-hati. Friso tahu pentingnya menjaga nutrisi susu selama proses ini saat kita mengubahnya menjadi susu formula yang berkualitas. Jika susu diproses pada suhu tinggi, maka nutrisi susu akan rusak. Nutrisi yang rusak ini tidak dapat dicerna dan berbahaya bagi perut kecil Anda yang sensitif yang dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit, diare dan gassiness.

Friso mengembangkan Locknutri Technology untuk menjaga nutrisi susu dekat dengan keadaan alami mereka. Ketika nutrisi susu diawetkan dengan cara ini, mereka lebih mudah dicerna oleh perut si kecil. Protein susu akan lebih bermanfaat karena dapat dengan mudah dipecah dan pencernaan si kecil menyerap nutrisi penting yang disediakan oleh Friso Gold.


Mempersiapkan Nutrisi terbaik untuk si kecil

Dari seluruh proses pengolahan susu, Friso melakukan tugasnya mempertahankan protein susu esensial secara tekun dan ilmiah. Maka kini giliran Anda untuk melakukan hal yang sama. Saat menyiapkan segelas Friso Gold untuk si kecil, berhati-hatilah dan perhatikan suhu air yang digunakan untuk membuat susu. Air yang digunakan tidak boleh lebih dari 40 derajat untuk menjaga nutrisi susu karena terlalu panas akan merusak nutrisi susu.


Demikianlah teknologi Locknutri dari Friso gold yang dapat memberikan nutrisi terbaik bagi buah hati Anda. Semoga bermanafaat!
10
Kesehatan Ibu dan Anak / ASI Sudah Keluar Saat Hamil, Normalkah?
« Last post by yeobeseyo on October 22, 2018, 04:31:07 PM »
Oleh : Rohmitriasih



Air Susu Ibu (ASI) sudah keluar dari puting payudara saat hamil kerap membuat ibu baru deg-degan. Untungnya, itu bukan perkara yang patut dikhawatirkan. ASI sudah keluar saat hamil merupakan hal wajar dan umum dirasakan sebagian besar ibu hamil. Perlu kita tahu, protein yang membentuk ASI sudah mulai diproses di payudara sejak usia kehamilan masuk ke minggu ke 14.

Dengan adanya ASI yang sudah mulai terbentuk selama kehamilan, ini menandakan bahwa ibu sudah siap memberikan ASI ke buah hati yang baru lahir saat ia lahir nanti. Keluarnya ASI atau kolostrum saat hamil sendiri bisa terjadi sejak usia kandungan mencapai 5 sampai 6 bulan atau berada di trimester ke tiga.

Keluarnya ASI selama kehamilan tidak akan mengurangi produksi ASI setelah melahirkan nanti. Jadi, tak perlu khawatir akan kehabisan produksi ASI saat menyusui asalkan memiliki asupan nutrisi yang terbaik buat melancarkan dan memperbanyak produksi ASI.

Selama kehamilan ASI bisa keluar di saat melakukan aktivitas fisik cukup berat. ASI juga bisa keluar saat payudara terangsang terutama saat melakukan hubungan intim dengan suami.

Mengenai keluarnya ASI di waktu yang lebih awal ini tidak bisa dicegah. Hanya saja, agar ASI yang keluar tetap bisa membuat Ibu nyaman, usahakan agar memakai bra yang menyerap ASI dengan baik. Bila perlu, gunakan bantalan payudara atau breast pads agar ASI tidak menimbulkan bercak atau bekas di baju.



Sumber Artikel : https://www.liputan6.com/health/
Pages: [1] 2 3 ... 10


Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab