FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab



Recent Posts

Pages: [1] 2 3 ... 10
1
Kesehatan Ibu dan Anak / Seputar Alergi Si Kecil Yang Perlu Ibu Ketahui
« Last post by BuAntha on Today at 09:54:43 AM »

Berbicara seputar alergi si kecil, ternyata ada banyak hal disekitar kita yang menjadi pemicu kemunculan alergi.  beberapa reaksi orang tua pun bermunculan kala melihat gejala alergi pada anak. Dalam kasus yang ringan, alergi dapat menimbulkan ruam kemerahan pada kulit, atau bentol-bentol.  Sedangkan dalam kasus yang berat, alergi dapat menyebabkan gangguan pernafasan sampai terjadi gagal nafas.
 
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengetahui anak terkena alergi, adalah memastikan bahwa anak masih dalam kondisi sadar. Dalam kondisi ringan, anak alergi masih dapat ditangani sendiri dirumah. Yaitu, dengan mengurangi gejala alergi. misalkan, terjadi ruam pada kulit atau bento, bisa di atasi dengan mengoleskan minyak telon, aromaterapi atau parutan bawang merah yang dicampur dengan baby oil. Namun, jika dirasa gejala nya semakin berat, segera bawa ke klinik terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang lebih tepat.

Gejala Alergi Pada Anak
Alergi adalah suatu kondisi dimana seseorang intoleran atak tidak dapat menerima hal tertentu. Dimana, tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak, bahwa ada benda asing yang tak dapat diterima. Pada kondisi ini, tubuh akan secara otomatis membentuk antibodi dan mengeluarkan enzim histamin, sebagai alarm. Kemudian, muncul gejala-gejala alergi sebagai pertanda bahwa tubuh tak dapat mentoleransi benda asing tersebut.

Gejala alergi umumnya muncul beberapa jama hingga beberapa hari. Namun, ada juga yang muncul seketika. Biasanya berupa ruam, gatal, kulit kemerahan. Ada pula yang menyerang sistem pencernaan, kemudian terjadilah mual, muntah, hingga diare. Dalam sistem pernafasan, alergi akan menimbulkan gejala sesak nafas, denyut jantung menjadi lebih cepat dan nafas berbunyi.
Penyebab Alergi Yang Perlu Diwaspadai

Penyebab atau pencetus terjadinya alergi biasa disebut dengan alergen. Alergen sendiri dapat dibagi menjadi 2. Yakni alergen yang berasal dari makanan atau minuman dan alergen yang bukan berasal dari makanan atau minuman.
?   Alergen Yang berasal dari makanan atau minuman
Makanan adalah pencetus utama alergi pada anak. Seiring dengan bertambahnya usia, alergi terhadap makanan tertentu akan berkurang, atau bahkan bisa hilang. Beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan alergi yaitu kacang-kacangan, susu, telur, makanan laut (udang, ikan, kerang, dll), dan produk susu (keju, yogurt)

?   Alergen bukan dari makanan atau minuman
Sedangkan selain makanan, ternyatan ada juga hal-hal yang dapat memicu  terjadinya alergi pada si kecil. yaitu:
   Sesuatu yang terhirup: debu, bulu kucing, serbuk sari pada bunga
   Kontak kulit:  biasanya yang mengandung bahan kimia seperti sabun, sampo, logam.
   Cuaca juga dapat menjadi pemicu terjadinya alergi. bila si kecil tak bisa mentoleransi cuaca dingin, maka ia akan terkena alergi dingin.

Biasanya berupa batuk, pilek, atau gatal pada kulit. Sebaliknya, pada cuaca panas, biasanya menimbulkan reaksi alergi berupa ruam kemerahan pada kulit, hingga gatal-gatal.

Waspada! Alergi Dapat Menyebabkan Komplikasi

Dalam beberapa kasus, alergi ternyata dapat menyebabkan gangguan yang berat pada beberapa organ tubuh. Pada otak, alergi dapat memberi efek pusing yang terjadi berulang-ulang. Kemudian, alergi juga dapat mengakibatkan gangguan sistem kerja syaraf otak. Akibatnya, beberapa anak dengan alergi tertentu mengalami gangguan perilaku. Seperti hiperaktif, autisme, sulit berkonsentrasi, keterlambatan bicara, hingga emosional.

Dalam segi yang lain, alergi juga dapat mengakibatkan malnutrisi pada si kecil. yang terjadi adalah anak yang alergi terhadap makanan atau minuman tertentu namun tak terdeteksi oleh orang tua. Sehingga, saat anak mengkonsumsi makanan tersebut, anak akan mengalami perut kembung, mual, muntah bahkan diare. Dampak buruknya dapat mengganggu tumbuh kembang anak secara fisik. Terhambatnya perkembangan dan pertumbuhan fisik Anak dapat ditandai dengan berat badan yang tak sesuai dengan usianya. Bahkan tertinggal jauh dengan teman-teman sebayanya. Begitu pula yang terjadi pada tinggi badannya.
Alergi pada si kecil yang menyerang organ pencernaan, dapat ditandai dengan rewel terus menerus. Anak juga mengalami kesulitan untuk tidur. Kemudian, kolik, yaitu suatu kondisi dimana anak menangis didalam tidur malamnya. Jika kondisi seperti ini tak segera ditangani dengan tepat, maka kesehatannya akan ikut terganggu.

Mengatasi Alergi pada Si Kecil
Hal pertama yang harus dilakukan saat menghadapi gejala alergi pada anak adalah Jangan Panik. Meskipun mungkin ini sulit ya. terutama bagi anda yang belum pernah mengalami hal serupa sebelumnya. Tapi, memang ini yang harus dilakukan.
Kemudian, kenali gejala alergi yang terjadi pada si kecil. lalu, berikan pertolongan pertama. Jika yang terjadi, gejala alergi muncul di kulit, seperti ruam dan gatal-gatal, redakan dengan mengoles minyak pada kulit buah hati Anda.  Apabila alergi muncul menyerang organ pernafasan, pastikan tak ada benda atau makanan yang akan membuat tersedak. Lalu, miringkan posisi buah hati Anda. Kemudian jika alergi yang menyerang pencernaan, Anda dapat menyediakan menu makanan yang berserat.  Jika alergi tak kunjung mereda, segera bawa ke dokter spesialis anak.

Alergi pada si kecil, hanya dapat dihindari dengan menjauhi alergennya. Dan juga, dengan meningkatkan sistem imun anak. Untuk terus menjaga daya tahan tubuh, berikan menu seimbang yang padan nutrisi untuk anak. Perbanyak minum air putih, sayur, dan buah. Lalu, anda dapat mengajak si kecil bermain dibawah sinar matahari pagi. Ini dapat memberikan energi positif pada buah hati Anda. Dengan begitu, anak akan lebih fit.  Jangan lupa, untuk selalu waspada dalam mengawal tumbuh kembang si kecil.
2
Keluarga Berencana / 6 Manfaat Kesehatan Ikut Program KB, Sudah Tahu?
« Last post by yeobeseyo on July 17, 2018, 04:50:19 PM »
Oleh : Achmad Fajar Muzakki




Banyaknya penduduk Indonesia mendorong pemerintah untuk membuat program untuk mengontrol laju pertumbuhan penduduknya. Program tersebut bernama Keluarga Berencana atau biasa disebut KB. Hal ini bukan tanpa alasan karena Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan penduduk tinggi.

Namun hingga tahun 2017 lalu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaporkan bahwa hanya 61 persen pasangan usia subur di Indonesia yang menggunakan kontrasepsi. Kontrasepsi itu sendiri adalah alat yang digunakan dalam program KB ini yang diyakini bisa menjadi salah satu cara mencegah kehamilan.

Lebih lanjut lagi, dari seluruh pengguna kontrasepsi, sepertiganya menggunakan kontrasepsi secara putus-sambung. Hal ini menunjukkan bahwa banyak orang yang belum memahami benar manfaat kontrasepsi. Berikut ini enam manfaat sehat ikut program KB:


1. Menghargai hak ibu untuk mengontrol kesuburan

Meski mengasuh dan membesarkan anak adalah tanggung jawab pasangan suami-istri, tapi kehidupan ibulah yang paling dipengaruhi dengan datangnya buah hati. Setidaknya selama 2 tahun setelah melahirkan, ibu harus fokus dalam memberikan ASI, membesarkan anak, dan mengadakan penyesuaian dengan perubahan tubuhnya.

Dengan melakukan kontrasepsi, kehamilan bisa diatur dengan lebih baik. Ibu bisa berkarya sesuai keinginannya, baik sebagai ibu rumah tangga, ibu bekerja, atau menempuh pendidikan lebih lanjut. Ingat, mengontrol kesuburan dan kehamilan adalah hak ibu.


2. Melindungi ibu dari gangguan kesehatan reproduksi

Kehamilan pada usia yang terlalu muda, terlalu tua, atau kehamilan yang jaraknya terlalu dekat merupakan kehamilan berisiko. Ibu hamil berisiko mengalami penyulit selama kehamilan, seperti hipertensi, keracunan kehamilan (preeklamsia), persalinan prematur, dan sebagainya.

Dengan melakukan program KB, kehamilan dapat direncanakan dengan lebih baik sehingga risiko gangguan reproduksi pada ibu dapat dihindari. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa ada 100.000 kematian ibu yang bisa dicegah tiap tahunnya, jika pasangan suami-istri menggunakan kontrasepsi dengan baik.


3. Melindungi anak dari gangguan tumbuh kembang dan gangguan kesehatan

Hamil sebelum usia 21 tahun atau setelah usia 35 tahun tanpa persiapan yang matang, atau kehamilan yang jaraknya berdekatan, tak hanya berbahaya bagi ibu, tapi juga bagi bayi yang dikandungnya. Bayi menjadi berisiko tinggi mengalami kelahiran prematur, berat lahir di bawah normal, gangguan tumbuh kembang, masalah pernapasan, retardasi mental, dan masih banyak lagi.


4. Menurunkan risiko kanker

Beberapa jenis kontrasepsi dapat menurunkan risiko kanker tertentu. Metode kontrasepsi hormonal gabungan estrogen dan progesteron dapat menurunkan risiko kanker indung telur dan kanker endometrium. Selain itu, kontrasepsi yang mengandung progesteron saja bisa menurunkan risiko mioma di rahim.


5. Menyusutkan risiko penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul merupakan penyakit infeksi yang menyerang rahim dan saluran kandungan wanita. Sering kali penyakit ini tak bergejala, tetapi mengakibatkan gangguan kesuburan. Kontrasepsi jenis implant (susuk) dan sterilisasi (tubektomi) bisa melindungi wanita dari penyakit radang panggul.


6. Menjaga kesehatan jiwa

Data membuktikan bahwa kasus depresi pasca melahirkan dan psikosis (halusinasi dan waham) lebih banyak dialami oleh ayah atau ibu yang memiliki anak dalam jarak terlalu dekat. Dengan mengatur kehamilan melalui program Keluarga Berencana, ayah dan ibu bisa lebih siap mempersiapkan kehamilan dan menyambut buah hati, sehingga kesehatan jiwanya terjaga lebih baik.


Setelah mengetahui manfaat sehat dari kontrasepsi, Anda perlu mengetahui siapa saja yang sebaiknya ikut program Keluarga Berencana. BKKBN merancang program ini untuk pasangan usia subur berikut:

- Baru menikah tapi tak langsung ingin memiliki anak
- Baru saja memiliki bayi dan belum ingin memiliki anak lagi dalam waktu dekat
- Sudah tidak ingin punya anak lagi

Nah, melihat dari berbagai manfaat yang akan anda dapatkan dari program KB ini, ada baiknya kalau anda dan pasangan segera berkonsultasi dengan dokter untuk merancang masa depan anda dan keluarga lebih baik lagi.



Sumber Artikel : https://www.merdeka.com/sehat/ , https://www.liputan6.com/
3
Lain-lain / Tips Jaga Kesehatan Mata Saat Terlalu Lama Main Gadget
« Last post by yeobeseyo on July 12, 2018, 04:48:17 PM »


Di zaman dengan perkembangan teknologi pesat seperti sekarang, tidak dapat dipungkiri lagi kalau gadget telah menjadi kebutuhan bagi setiap orang.

Banyak yang tidak dapat berpisah dari gadget. Selain itu, pekerjaan kantor juga mengharuskan karyawan untuk berinteraksi dengan layar komputer setidaknya selama delapan jam sehari.

Kondisi ini jelas sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Gangguan dari seringnya menatap layar gadget dan komputer di antaranya seperti  Computer Vision Syndrome (CVS), astenopia (mata lelah) dan dry eye (mata kering).

Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata kamu.


1. Ketika melakukan pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk menatap layar untuk jangka waktu yang lama, kamu harus beristirahat setiap 30 menit dan diselingi dengan aktivitas melihat jarak jauh.

Jangan terlalu fokus pada layar komputer, sesekali lihatlah atau sudut ruangan atau  melihat keluar jendela. Ini untuk mengalihkan perhatian agar tidak terlalu fokus pada layar komputer.


2. Jangan melakukan pekerjaan jarak dekat terus menerus. Ini karena ketika kamu bekerja pekerjaan jarak dekat, mata anda akan berakomodasi dan jika ini terus berlanjut dapat menyebabkan mata menjadi mudah lelah.


3. Menatap layar secara tidak sadar akan membuat refleks berkedip kita berkurang. Kondisi ini dapat menyebabkan mata kering. Oleh karena itu cobalah mengedipkan mata secara teratur selama anda menatap layar monitor untuk menghindari mata kering dan iritasi.


4. Saat waktu istirahat, cobalah untuk melihat objek yang jauh. Salah satunya adalah melakukan olahraga ringan untuk meregangkan otot bahu dan leher agar mencegah sindrom penglihatan komputer (CVS).


5. Perhatikan juga jarak saat menggunakan gadget. Jarak ideal adalah 30 hingga 40 cm, dan pastikan posisi gadget tidak sejajar dengan posisi mata.


6. Idealnya, penggunaan laptop/komputer dan gadget harus dibatasi selama dua jam saja setiap hari.


7. Pencahayaan untuk komputer tidak boleh terlalu cerah karena dapat membuat mata mudah merasa lelah.


8. Selain itu, pencahayaan pada ruangan juga harus diperhatikan agar tidak kontras dengan pencahayaan komputer. Hindari ruangan yang redup karena dapat menyebabkan kontras berlebihan. Nah, kondisi ini akan membuat mata tidak nyaman.


9. Cobalah tonton dengan jarak ideal yaitu sekitar empat hingga lima kali diagonal TV.


10. Selain menonton TV, menatap layar komputer, gadget, perhatikan jarak ideal saat kamu membaca buku. Hindari kebiasaan membaca buku sambil rebahan atau di tempat yang minim cahaya.


11. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung Vitamin A seperti wortel. memakan makanan yang sehat dan kaya nutrisi pasti akan membuat mata anda menjadi lebih sehat.


12. Lakukanlah senam mata dan pijatan di sekitar mata. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi mata lelah. Dengan pijatan mata yang baik, tentu akan membuat sirkulasi darah lebih lancar di daerah tersebut.



Sumber Artikel : Liputan6.com dan Brilio.net
4
Menopouse / Tersiksa Oleh Migrain Menjelang Menopause? Ini Penyebabnya
« Last post by yeobeseyo on July 06, 2018, 04:55:12 PM »
Oleh : Siti Rutmawati

Bukan kabar yang menyenangkan memang, para peneliti terbaru dari University of Cincinnati (UC) Montefiore Headache Center, Albert Einstein College of Medicine, and Vedanta Research menunjukkan bahwa migrain akan menjadi lebih agresif pada wanita yang mendekati masa menopause.

Banyak wanita yang mengeluhkan sakit kepala migrain menjelang masa menopause dan sekarang para peneliti menemukan bahwa keluhan mereka beralasan. Para wanita tersebut memiliki risiko mengalami migrain lebih dari 10 hari tiap bulannya, dan ini disebut dengan sakit kepala frekuensi tinggi. Risiko tersebut meningkat hampir 60 persen pada wanita yang berada pada masa transisi menuju masa menopause. Kondisi ini juga ditandai dengan siklus menstruasi yang tak teratur (perimenopause) dibandingkan dengan siklus menstruasi normal wanita.

Penelitian yang dilakukan tersebut melibatkan sekitar 3.664 wanita yang mengalami migrain menjelang masa menopause mereka. Tahap perimenopause selanjutnya di mana wanita mengalami rendahnya kadar hormon estrogen dan melewatkan periode menstruasi adalah masa di mana risiko migrain terasa paling jelas.

Para peneliti mengatakan bahwa wanita dalam penelitian mereka tersebut mengaku bahwa migrain yang mereka alami mengalami peningkatan rasa sakit kepala hingga 76 persen selama menopause. Hanya saja para peneliti tidak meyakini bahwa sakit kepala tersebut disebabkan oleh perubahan hormon.

Mereka menduga bahwa sakit kepala tersebut merupakan efek dari penggunaan obat yang berlebihan. Seiring dengan pertambahan usia mereka akan mengalami sakit kepala, nyeri sendi, dan nyeri punggung. Karena kondisi tersebut memungkinkan mereka untuk mengonsumsi obat penghilang sakit kepala.



Sumber Artikel : https://www.merdeka.com/sehat/
5
Kesehatan Ibu dan Anak / Bahan makanan penting untuk mencerdaskan otak anak
« Last post by lailarsih12 on July 06, 2018, 09:35:49 AM »


Anak berprestasi membanggakan keluarga siapa sih yang tidak mau? Motivasi inilah yang sebabkan ayah bunda banyak mencari cara supaya otak anak encer. Mulai dari permainan asah otak, hingga menyewa guru les, semua dilakukan demi masa depan buah hati. Padahal, semua akan percuma kalau si kecil masih makan sembarangan.

Makanan untuk kecerdasan otak

Makanan yang anda makan akan mencerminkan diri kamu. Ungkapan tersebut memang benar adanya. Segala sesuatu yang baik dalam diri seseorang dimulai dari pola makan. Terlebih pada masa pertumbuhan, asupan nutrisi menjadi faktor yang sangat penting untuk masa depannya kelak. Termasuk dalam soal kecerdasan, menghidangkan makanan berikut ini bisa membuat banyak perbedaan:

1.   Kacang-kacangan
Indoenesia cukup beruntung diberkahi alam yang begitu kaya. Tumbuh-tumbuhan termasuk kacang dapat tumbuh dengan bebas di tanah air. Tahukah anda, meski kacang banyak dijual murah, kegunaan yang bisa diberikan kacag dapat dikatakan berharga.

Shukit Hale B, menerbitkan jurnal di perpustakaan publik nasional Amerika pada tahun dua ribu empat berdedikasi untuk menemukan hubungan antara konsumsi kacang dengan kecerdasan otak seseorang. Hale B membuktikkan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi kacang mampu meningkatkan memori serta mencegah gangguan otak seperti penyakit neurodegenerative. Anak kecil yang gemar makan kacang juga memperoleh vitamin E yang dapat melindungi membran otak dari radiasi berbahaya.


2.   Ikan yang berlemak

Orang Jepang terkenal dengan tubuh kecil namun berkemampuan otak yang patut dipertimbangkan. Motor, laptop, dan beragam elektronik serta penemuan lain yang aneh bin ajaib menjadi buktinya. Beragam penelitian menyatakan bahwa alasan mayoritas masyarakat Jepang memiliki kemampuan berpikir yang cukup tangkas adalah kegemaran konsumsi ikan.

Ya, daerah laut sangat menguntungkan mereka yang senang makan hidangan laut. Ikan, terutama jenis yang mengandung banyak lemak seperti salmon dan sarden bertebaran di perairan negeri bunga sakura. Usut punya usut, berhubung otak tersusun dari enam puluh persen lemak, asupan ikan berlemak tentu sangat membantu perkembangannya.

Lemak yang dimaksud disini bukan sembarang lemak, melainkan kandungan yang dikenal dengan sebutan Omega 3. Nutrisi otak omega 3 untuk anak bahkan dikatakan sebagai faktor utama kecerdasan seseorang. Terlebih jika diberikan sejak dini, dapat dipastikan perkembangan pikiran akan sangat optimal.


3.   Tumerik

Masih ingat "mbok Jamu" yang suka keliling komplek? Bila anda ingat pasti kenal dengan yang namanya turmerik atau dikenal pula dengan nama kunyit. Terlepas dari rasa kunyit yang terkenal asam bila diolah menjadi jamu, manfat rempah berwarna oranye ini cukup membantu perkembangan otak.

Rahasia manfaat kunyit terhadap otak terletak pada kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sel otak lebih cepat terbaharui sehingga mencegah gangguan mental pada otak. Ditambah lagi, beberapa ahli kesehatan setuju kalau banyak konsumsi Tumerik bisa mencegah kemungkinan penyakit alzeimer.

Bagi anak  kecil, mungkin konsumsi kunyit dalam bentuk jamu akan terasa menyiksa. Orang dewasa saja belum tentu tahan menghadapi pahitnya jamu kunyit. Cobalah mengolah tumerik menjadi nasi goreng, atau mungkin tumis kerang. Manapun itu, usahakan supaya anak tidak menyadari adanya campuran kunyit pada hidangan.


4.   Brokoli

Mencari sayuran yang sangat baik untuk tubuh hanya dalam satu ukuran kecil? Brokoli jawabannya! Sayuran berbentuk pohon mini satu ini bisa dibilang makanan wajib nan penting untuk pertumbuhan buah hati terutama dari segi otak. Kandungan vitamin K yang tinggi menjadi kunci pembaharuan lemak dalam otak, sehingga mempertajam daya ingat. Sama halnya dengan Tumerik, Brokoli juga tak kalah kekayaan antioksidan dalam satu batang saja.

Namanya sehat biasanya belum tentu enak. Brokoli juga demikian. Sebagian besar anak memilih membuang brokoli dibanding memasukkannya dalam mulut. Akibatnya, meski brokoli telah terhidang di meja makan, percuma saja kalau tidak dicerna. Alangkah baiknya jika orang tua mulai mencari resep untuk menyembunyikan rasa brokoli tanpa merusak kandungan di dalamnya.


5.   Cokelat hitam

Berita baik untuk semua anak pecinta coklat, kini ada argumentasi untuk memasukkan makanan satu ini dalam daftar kudapan. Penelitian yang melibatkan Sembilan ratus orang telah memberikan fakta bahwa peserta yang diberi asupan coklat hitam jauh lebih baik dalam tes mental dibanding mereka yang tidak makan coklat.

Terlepas dari kabar mengenai buruknya coklat untuk pertumbuhan gigi, ternyata dapat digantikan dengan dampak coklat hitam pada otak. Sayang, hingga detik ini peneliti belum mampu menemukan alasan konkrit mengapa cokelat hitam dapat membuat anak tumbuh cerdas. Beberapa berhipotesis bahwa rasa bahagia setelah makan cokelat atau komposisi cokelat itu sendiri. Manapun itu, tidak ada salahnya untuk membiasakan si kecil konsumsi cokelat hitam dari sekarang. 


Bagaimana cara menghidangkan makanan yang tepat?

Indonesia memiliki kuliner beragam dengan satu kesamaan, yakni gemar sekali mengolah setiap bahan makanan. Tidak heran, rasa masakan Indonesia begitu menggigit dan renyah. Sayangnya, beberapa cara masak Indonesia justru merusak nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan. Bisa ditebak, meski ayah bunda berhasil menemukan hidangan pas berbahan dasar bahan yang sehat untuk otak, belum tentu bisa terserap.

Aneh tapi nyata, beberapa makanan justru jauh lebih sehat ketika tidak dimasak sama sekali. Sebagai contoh, brokoli dan kacang, adalah 2 contoh bahan yang sensitif terhadap panas. Gampangnya, nutrisi dalam bahan makanan terbakar bersama api, penampakannya saja yang sayur, tapi gizinya nol. Cobalah mencari alternatif masak yang tidak terlalu banyak melibatkan pengolahan pada bahan makanan utama supaya pemberian nutrisi si kecil juga maksimal.
6

Obat batuk untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan membeli dan mengonsumsinya lho Bun! Mengapa? Sebab apa saja akan akan dimakan dan diminum ibu hamil akan berdampak pada tumbuh kembang janin yang ada di kandungan. Oleh sebab itu sangat penting untuk ibu hamil mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mencegah dan mengatasi batuk ketika masa kehamilan tiba. Ibu hamil wajib untuk menjaga kesehatan supaya janin juga tetap sehat dan aman di dalam kandungan. Selain itu daya tahan tubuh ibu hamil cenderung melemah, sehingga akan lebih mudah untuk terkena infeksi virus dan bakteri.

Para orangtua harus tau bahwa 12 minggu pertama kehamilan adalah waktu penting di mana organ vital bayi akan mulai terbentuk. Oleh sebab itu, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi obat-obatan jenis apa saja selama kehamilan trimester pertama. Beberapa ahli kesehatan juga yang menyarankan untuk mengonsumsi obat secara hati-hati sampai usia kandungan mencapai sekitar 5 hingga 7 bulan. Untuk mengatasi gejala batuk saat hamil sebaiknya menggunakan uap air panas sebab uap ini bisa membantu melegakan sesak napas.


Beberapa Obat Batuk Berdahak Untuk Ibu Hamil Dan Cara Mengatasinya

Selain obat batuk, ibu hamil juga bisa mengatasi batuk saat hamil dengan beberapa tips berikut ini, diantaranya adalah:
-   Berkumur menggunakan air hangat yang diberi garam untuk meringankan radang tenggorokan atau batuk.
-   Mengoleskan balsem atau minyak gosok pada dada guna menghangatkan dada, serta oleskan juga sedikit di bawah hidung.
-   Makan sup ayam yang hangat bisa juga membantu melegakan hidung tersumbat dan mengurangi peradangan.
-   Minum teh yang mengandung sedikit kafein, tambahkan pula dengan lemon atau madu. Minuman ini bisa juga membantu meringankan radang tenggorokan.
-   Tata dengan rapi bantal dengan cara ditumpuk tinggi saat tidur agar posisi kepala lebih tinggi. Posisi ini juga bermanfaat untuk mencegah cairan dahak mengalir ketika tidur dan mengiritasi dinding tenggorokan.
-   Mengonsumsi obat sesuai resep dari dokter.

Selain beberapa tips diatas, ibu hamil juga bisa mencegah dan mengatasi batuk saat masa kehamilan dengan beberapa obat batuk untuk ibu hamil yang alami dan aman untuk dikonsumsi seperti jahe, daun kemangin, daun seledri, daun sirih, garam laut, kunyit, garam, sup ayam hangat dan minyak kelapa. Nah, kali ini kami juga akan membahas satu satu obat alami yang baik untuk ibu hamil guna mengatasi batuk.

Jahe bisa digunakan untuk meredakan tenggorokan dan obat batuk yang aman untuk ibu hamil. Caranya mudah, siapkan dua ruas jahe, kupas sebelum mencucinya dengan air bersih lalu rebus dengan dua gelas air. Setelah air mendidih dan berkurang setengahnya, minum secara teratur tiga kali sehari sampai batuk hilang. Ibu hamil juga bisa membuat minuman teh dicampur jahe untuk membantu meredakan tenggorokan.

Bukan hanya bagus untuk masakan dan berbau harum, daun kemangi memiliki sifat baik untuk meredakan batuk kering, sehingga menjadi obat batuk alami untuk wanita hamil. Caranya sangat mudah, minum secara teratur air rebusan daun kemangi satu sendok teh saja setiap kali minum. Seledri memiliki khasiat yang sama dengan daun kemangi. Untuk penggunaan daun seledri, ibu hamil juga bisa merebusnya, tapi kali ini ditambah dengan 1 sendok makan madu. Sampai saat ini, air rebusan seledri terbukti efektif untuk meredakan batuk untuk ibu hamil ataupun tidak.



Sumber Artikel : www.ibudanbalita.com
7
Kesuburan (Infertilitas) / Diabetes, Musuh Besar Kesehatan Sperma Pria
« Last post by yeobeseyo on July 04, 2018, 04:55:50 PM »
Oleh : Febrianti Diah Kusumaningrum


Tak berlebihan jika diabetes disebut sebagai silent killer. Sebab penyakit yang disebabkan karena naiknya gula darah ini bisa merusak kesehatan organ vital tubuh secara diam-diam serta menurunkan tingkat kesuburan pria.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah bukti bahwa diabetes mampu merusak kesehatan sperma pria.

- Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan mengganggu suplai darah ke organ vital, sehingga pria bisa mengalami kesulitan untuk ereksi. Beberapa penelitian mengklaim bahwa hampir 24% pria yang menderita diabetes bisa mengalami impotensi.
- Penelitian lain juga membuktikan bahwa diabetes dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sperma pria.
- Diabetes membuat air mani yang harusnya berejakulasi kembali masuk. Kondisi ini dinamakan dengan gagal ejakulasi.
- Diabetes tipe 2 akan menyebabkan kerusakan sperma, termasuk mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma.


Jadi, bagaimana agar pria yang menderita diabetes tetap bisa memiliki tingkat kesuburan yang baik?

"Cobalah untuk mempertahankan atau mengontrol berat badan agar tingkat glukosa dalam darah tetap normal."



Sumber Artikel : https://www.merdeka.com/sehat/
8
Posisi menyusui yang benar memang harus diperhatikan sebab kenyamanan bagi Bunda dan bayi menjadi hal utama. Menyusui termasuk dalam hal yang alami namun tidak sedikit para Bunda mengalami kesulitan ketika akan melakukan kegiatan tersebut. Jangan panik Bun! Proses menyusui bisa dijalankan dengan mudah asal Bunda mau belajar cara yang tepat. ASI atau Air Susu Ibu memiliki kandungan 400 nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Bayi yang semakin tumbuh dan berkembang juga nutrisi didalamnya akan menyesuaikan. Memberikan ASI eksklusif memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya resiko radang paru paru, infeksi telinga dan juga radang pencernaan. Ketika akan menyusui pastikan Bunda dan bayi berada dalam kondisi yang siap dan nyaman. Supaya si kecil mudah untuk menelan maka posisi kepala bayi wajib lebih tinggi daripada tubuhnya. Untuk membantu si kecil mendapatkan posisi nyaman maka Bunda bisa memberikan tangan sebagai penyangga maupun menggunakan bantal sebagai ganjalannya.


Posisi Menyusui Yang Benar Menurut Dokter

Untuk mendapatkan posisi yang nyaman saat menyusui Bunda bisa mendekatkan bayi ke payudara ketika ia mulai membuka mulut dan ingin mendapatkan susu. Biarkan si kecil sampai mulutnya terbuka secara lebar dengan posisi lidah mengarah ke bawah. Namun apabila buah hati Bunda belum dapat melakukannya maka Bunda bisa membantu ia dengan sedikit menyentuh bagian atas bibirnya. Perletakan asimetris merupakan posisi perletakan untuk bayi menyusui yang paling banyak disarankan dokter. Sebab perlekatan ini adalah termasuk syarat penting dalam proses menyusui.

Posisi menyusui yang benar sambil tidur juga berkaitan dengan perlekatan ini. Salah satu tanda bahwa perlekatan ini berjalan dengan baik adalah saat Bunda tidak lagi merasakan nyeri ketika proses menyusui. Selain itu bayi akan memperoleh banyak ASI dan Bunda bisa mendengarkan bagaimana suara bayi menelan atau meminum ASI.  Namun bila Bunda ternyata mengalami nyeri maka segera lepas perlekatan dengan cara memasukkan jari ke arah gusi dan puting. Pada dasarnya bayi akan dengan mudah menyusu ketika perlekatan sudah dilakukan dengan benar.

Waktu untuk menyusu bagi bayi yaitu sekitar 5 sampai 20 menit tergantung setiap bayi itu sendiri. Pada dasarnya diperlukan beberapa waktu supaya Bunda dan bayi bisa beradaptasi supaya proses menyusui berjalan dengan lancar tanpa hambatan sedikitpun. Sebaiknya Bunda menggunakan bra khusus menyusui supaya si kecil nyaman saat menyusu. Bunda bisa memilih bra yang mempunyai kait dan kancing di bagian depan supaya mudah dibuka kapan saja dibutuhkan si kecil untuk minum ASI. 

Hal ini bisa dijadikan cara untuk menghindari tersumbatnya ASI dan mencegah terjadinya peradangan jaringan pada payudara. Bunda bisa menggunakan bantal payudara untuk mencegah terjadinya kebocoran ASI pada bra dengan cara menyelipkannya pada bagian depan bra. Bagi Bunda yang mungkin memiliki rencana untuk memerah ASI sendiri maka Bunda bisa menggunakan pompa ASI. Sebaiknya Bunda sering mempraktikkan dalam beberapa waktu untuk proses menyusui sehingga Bunda dan bayi bisa saling bekerjasama dan kompak agar nyaman ketika proses berjalan.

Untuk mengetahui cara maupun posisi yang benar saat menyusui maka sebaiknya Bunda berkonsultasi atau minta saran dengan ahli laktasi maupun bidan. Dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi anak dengan pemberian ASI tentu menjadi hal yang diinginkan oleh setiap Bunda. Meskipun terkadang Bunda mendapat tantangan ketika akan memperbanyak dan melancarkan ASI untuk buah hatinya.



Sumber Artikel : www.ibudanbalita.com
9
Betul sekali kalau memang suhu bayi haruslah dipantau. Apalagi saya sering menjumpai demam pada bayi yang terlambat teratasi karena suhu tinggi dianggap remeh. Padahal, kalau belum terjadi, tips mengatasi demam pada bayi untuk langkah pertama bisa dilakukan, dan anak tidak harus mengalami masa demam yang cukup parah.
10
Suhu tubuh normal bayi memang rata-rata hampir sama dari satu bayi dengan bayi yang lain. Saat ini bisa dikatakan sedang memasuki musim yang kurang bersahabat terutama untuk tubuh si kecil. Untuk orang dewasa pun juga banyak yang mengalami naik turunnya suhu tubuh dikarenakan cuaca tidak menentu. Sebagai orangtua kita tentu harus peka terhadap kondisi seperti ini sebab bukan tidak mungkin buah hati kita juga akan mengalami perubahan suhu tubuh secara signifikan.

Bahaya yang mengancam adalah si kecil akan mengalami demam jika daya tahan tubuh sudah tidak sanggup lagi membendung virus atau penyakit yang diakibatkan karena perubahan cuaca saat ini. Terkadang orangtua tidak tau waktu yang tepat untuk segera membawa si kecil ke dokter. Ketika bayi tentu mereka tidak dapat menunjukkan tubuh bagian mana yang dirasa kurang nyaman dan terasa sakitnya.
Akan tetapi, jika kondisi ini terjadi kita sebagai orangtua bukan berarti harus segera membawa bayi kita ke dokter jika mereka sudah mulai tidak tenang dan sering menangis. Pasalnya bisa saja yang dialami si kecil hanya demam biasa. Apabila bayi mengalami demam tidak tinggi selama kurang lebih 2 hari maka kita tidak perlu membawa si kecil ke dokter. Kita sebagai orangtua bisa memberikan obat penurun panas 4 sampai 5 jam sekali, biasanya demam yang dialami si kecil akan reda dengan sendirinya dalam waktu 3 sampai 5 hari.


Bayi Dikatakan Demam Pada Suhu Berapa Sih Bun ?

Sekedar informasi untuk para orangtua bahwa suhu normal pada anak yaitu sekitar 36,1 sampai 37,8 derajat . Nah, cara untuk mengetahuinya tentu kita membutuhkan alat yang dinamakan termometer atau alat ukur suhu tubuh. Jika suhu badan bayi lebih dari yang kami sebutkan tadi misalnya saja suhu tubuh bayi lebih dari 38 derajat maka bisa dikatakan si kecil mengalami demam. Dengan ini sudah dapat diketahui ya Bun bayi dikatakan demam pada suhu berapa , jadi segera bawa si kecil ke dokter bila ia demam tinggi.

Untuk mengukur suhu tubuh memang diperlukan termometer, sedangkan termometer sendiri ada banyak macamnya. Akan tetapi dari semua itu bisa dibagi menjadi dua yaitu termometer digital dan air raksa. Untuk termometer air raksa pada umumnya terbuat dari kaca dimana bagian dalamnya terdapat tabung yang berisi air raksa dan akan naik permukaannya sesuai dengan derajat pada suhu tubuh bayi yang di ukur. Cara mengetahuinya adalah ketika angka dimana air raksa itu berhenti ketika 3 sampai 5 menit di ketiak maka itu yang bisa digunakan sebagai patokan derajat suhu tubuhnya.

Sebaiknya sebelum maupun sesudah digunakan, alat ukur suhu tubuh dari air raksa ini harus dikibas-kibaskan dulu supaya permukaan air raksa dapat turun di bawah angka 36 derajat. Lakukan hal tersebut dengan hati-hati sebab jika sampai termometer terbentur dan pecah maka sudah tidak bisa digunakan lagi bahkan air raksa yang keluar juga sangat berbahaya untuk si kecil. Apabila si kecil mengalami batuk ringan dalam kurun waktu 2-3 hari saja maka mereka masih bisa di rawat dirumah untuk sementara waktu.

Namun juga harus di waspadai ketika si kecil mulai mengalami demam tinggi diatas 38 derajat dan tidak segera turun selang 3 hari kemudian sebab itu sudah termasuk berbahaya. Kesimpulannya adalah jika suhu tubuh normal bayi mengalami gangguan atau perubahan lebih dari 2-3 hari maka segera bawa si kecil ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.



Sumber Artikel : https://www.ibudanbalita.com/
Pages: [1] 2 3 ... 10


Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab