FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: 10 Penyebab Serangan Asma Dan Solusinya  (Read 23 times)

Offline BuAntha

  • Newbie
  • *
  • Posts: 34
10 Penyebab Serangan Asma Dan Solusinya
« on: September 03, 2019, 03:06:44 PM »
Peradangan pada saluran udara di tubuh menyebabkan sebuah gangguan pernapasan yang disebut asma. Akibat dari peradangan ini, saluran menjadi bengkak dan menghasilkan lendir berlebih. Karena penyakit ini tidak bisa disembuhkan, maka kita perlu mengecilkan kemungkinan terjadinya serangan ini. Misalkan menjaga kebersihan lingkungan rumah dengan vakum cleaner debu dan tungau.

Penyakit asma ini bisa menyerang siapa saja. Kebanyakan asma ini berasal dari penyakit turunan. Namun beberapa penyakit atau kondisi bisa menyebabkan seseorang mengidap asma. Contohnya, pneumonia, alergi, bronkitis, bayi yang lahir prematur atau bayi yang terlahir dengan berat badan rendah. Anak lelaki lebih beresiko terkena penyakit asma dibanding anak perempuan. Sayangnya ketika beranjak dewasa, perempuan lebih rentan terhadap serangannya.

Gejala-gejala orang yang terkena asma

Asma menyebabkan otot di saluran pernafasan membengkak. Akibatnya terowongan jalur nafas pun mengecil. Alhasil dia pun merasakan sesak nafas dan mengeluarkan bunyi saat bernafas. Bila kondisi semakin parah, maka pasien bisa:
Kesulitan berbicara, makan dan tidur
Jantung berdebar-debar
Lesu
Pusing
Bibir dan kuning membiru karena kekurangan oksigen
Gejala asma semakin parah

Apa yang menyebabkan serangan asma?

Karena asma belum ditemukan penyebabnya maka kesembuhan total dari asma itu agak sulit. Namun kamu bisa menjauhi penyebabnya.

Lingkungan yang kotor
Polusi udara adalah penyebab serangan asma. Buat kamu yang tinggal di kota-kota besar atau dekat dengan pabrik, kamu akan kesulitan menghindari serbuk kayu, debu konstruksi, zat kimia, asap kendaraan, asap pabrik dan lain sebagainya. Kalau rumahmu dekat pabrikan atau banyak kendaraan, kami sarankan pindah saja atau sering-sering kenakan masker saat bepergian.

Selain polusi udara dari luar, faktor tempat tinggal yang bersih juga mempengaruhi. Rumah yang banyak debu tungau, bulu-bulu hewan peliharaan, kotoran dan lain sebagainya juga perlu diperhatikan. Makanya kamu butuh mesin penyedot debu anti tungau yang kuat untuk membersihkan tempat tinggalmu. Plus air purifier untuk membersihkan udara.

Rokok
Perokok adalah orang-orang yang memiliki potensi tinggi terkena penyakit asma. Dan kalau dikombinasikan, tentu serangan ini lebih mudah terjadi. Wanita hamil yang merokok juga bisa membuat paru-paru janin mengalami gangguan pertumbuhan. Jadi jika kamu senang merokok, hentikanlah kebiasaan ini. Jika kamu bukan perokok aktif namun pasif, kami sarankan kamu untuk menjauhi wilayah yang penuh rokok.
 
Alergi
Banyak orang yang menderita alergi terhadap bulu-bulu binatang. Sebut saja bulu anjing, bulu kucing, tungau debu, kecoa, dan lain sebagainya. Ketika mereka menghirup bulu-bulu atau kotorannya, serangan asma pun terjadi. Dan biasanya anak-anak yang tinggal di lingkungan kotor seperti banyak kecoa dan debu sering memiliki penyakit asma.

Alergi makanan
Makanan-makanan tertentu seperti kacang, telur, ikan, gandum, udang, kerang dan buah-buah tertentu bisa memicu alergi dan menyebabkan serangan asma. Kami sarankan anggota keluargamu untuk tes imunologi untuk mengetahui jenis-jenis alergi yang dimiliknya agar kamu bisa mencegah mereka konsumsi produk tertentu.

Asam lambung naik
Orang yang memiliki asma rentan terhadap Gerd aliasnya naiknya asam lambung 2-3 kali dibanding biasanya. Gerd terjadi karena katup lambung tidak sanggup menjaga asam ini tetap di lambung sehingga asam ini pun naiak ke tenggorokan dan menyebabkan peradangan di bronkus. Di sinilah serangan asma sering terjadi.

Bila kamu memiliki asam lambung, kamu bisa menjauhi makanan yang pedas dan berminyak. Perbanyaklah makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Mengikuti pola diet tertentu bisa mengurangi terjadinya asam lambung.

Olahraga
Ketika kamu melakukan kegiatan olahraga, keteraturan pernafasan sangatlah penting. Ketika kamu melakukan kesalahan dengan menarik nafas lewat mulut, rongga sinus bisa menyebabkan udara kering masuk ke paru-paru. Alhasil, saluran nafasmu menyempit dan sulit bernafas. Untuk mengurangi serangan ini, gunakan inhaler atau melakukan pemasaran sebelum berolahraga. Dan cari tahulah kapasitas tubuh dalam berolahraga. Jangan demi sehat atau langsing, kamu mengabaikan asmamu ya.
 
Batuk
Penyakit batuk disebabkan peradangan di saluran pernafasan seperti sinus, bronkitis dan rhinitis. Infeksi ini biasnaya disebabkan oleh bakteri atau virus. Orang yang memiliki asma akibat batuk biasanya sulit terdeteksi. Namun bila kamu batuk terus menerus, segera periksakan diri ke dokter paru-paru.

Obat-obatan
Ibuprofen, aspirin atau obat-obat penghilang nyeri lainnya bisa menyebabkan serangan asma. Jadi kalau kamu memiliki penyakit asma, konsultasikan ke dokter sebelum mengkonsumsi obat yang dijual bebas.

Malam hari
Udara yang dingin, posisi tidur dan produksi hormon tertentu bisa memicu serangan asma. Apalagi kalau kamu sedang pilek sehingga ada lendir di saluran pernafasan. Serangan batuk asma pun bisa erjadi. Untuk bisa memiliki tidur berkualitas, kamu bisa minum madu dengan air hangat atau menghirup obat asma.

Penyebab lainnya
Aroma-aroma kuat seperti parfum, produk pembersih, pewangi ruangan, aerosol dan lain-lain bisa menyebabkan serangan asma. Kondisi psikis seperti menangis, marah, cemas dan stress juga mempengaruhi ada tidaknya serangan asma. Jadi jagalah kesehatan psikis dan pintar-pintar memilih produk yang digunakan.

Jadi kamu sudah tahu penyebab-penyebab seseorang terkena serangan asma bukan? Yuk mari menjauhi penyebab-penyebab serangan asma. Dan untuk menjaga kebersihan rumah, gunakan vakum cleaner debu dan tungau.

Salam sehat selalu!

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

10 Penyebab Serangan Asma Dan Solusinya
« on: September 03, 2019, 03:06:44 PM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.