FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Kiat-kiat Memilih Susu Formula Untuk Bayi dan Mengenalkannya  (Read 123 times)

Offline InfoSehat

  • Newbie
  • *
  • Posts: 8
Kiat-kiat Memilih Susu Formula Untuk Bayi dan Mengenalkannya
« on: December 20, 2018, 04:24:58 PM »

Berbicara mengenai susu formula, ada banyak sekali jenis, merek dan macam susu formula. Meskipun asupan terbaik untuk bayi adalah Air Susu Ibu (ASI), tetapi kadang pemberian ASI tidak disarankan jika Ibu atau bayi memiliki masalah medis tertentu atau ASI ibu tidak kunjung keluar atau macet. Solusinya, langkah memberikan susu formula pun dijadikan pilihan guna tetap mendorong perkembangan sang bayi, terutama yang baru lahir.

Susu Bayi Nan Pro merupakan salah satu susu bayi yang mungkin sudah banyak bunda tahu karena sudah tersebar di kalangan masyarakat. Untuk bayi berusia 1 tahun, mungkin kita sebagai orang tua harus jeli dalam memilih asupan susu formula tersebut. Karena pada usia 0-1 tahun, tumbuh kembang bayi berlangsung sangat cepat dan membutuhkan asupan untuk mendorongnya.

Menurut artikel di AwalSehat.Nestle.co.id, memilih susu formula untuk bayi baru lahir atau yang masih berusia di bawah satu tahun tidaklah mudah. Tidak boleh sembarangan memberikan asupan karena belum bisa mencerna makanan dengan baik. Maka dari itu, satu hal penting yang harus Anda perhatikan ketika memilih susu formula adalah memeriksa kandungannya, bukan merek ataupun harga. Lalu apa saja tips memilih susu formula yang tepat untuk bayi?


1. Pastikan Jenis Susu Formula

Tips pertama yang harus bunda perhatikan adalah jenis susu formula untuk bayi. Jenis susu formula biasanya disesuaikan dengan usia anak. Jadi, cermatlah karena kandungan yang terdapat pada setiap jenis berdasarkan usia memiliki kandungan dan takaran masing-masing yang tentunya sudah diseimbangkan dengan kebutuhan gizi dan nutrisi anak. Pastikan juga produk susu yang akan dibeli sudah terdaftar pada BPOM RI.


2. Periksa Kandungan Nutrisi Susu Formula

Sekali lagi ya bunda, perhatikan kandungannya bukan merek ataupun harganya. Kandungan nutrisi susu formula sangat penting karena bayi belum bisa mencerna makanan dengan baik. Umumnya produk susu formula memiliki kandungan nutrisi utama yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan seperti lemak, protein, vitamin, karbohidrat serta mineral. Perhatikan kandungan yang terdapat pada nutrisi susu formula sesuai dengan kebutuhan nutrisi di usia anak.


3. Protein pada Susu Formula

Nah, yang perlu diperhatikan lagi adalah masalah protein. Setiap susu formula pasti mengandung protein. Namun bunda harus bisa memilahkan jenis proteinnya. Protein whey merupakan unsur protein utama yang terdapat pada ASI ataupun susu formula. Sedangkan protein kasein merupakan protein lengkap yang mengandung 9 asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk pembangunan otot agar lebih optimal. Jika protein whey dapat dicerna dengan cepat, maka sifat protein kasein lebih lambat. Jadi untuk bayi yang baru lahir lebih cocok menggunakan susu dengan kandungan protein whey.


4. Perhatikan Reaksi Bayi & Konsultasi dengan Dokter

Tips keempat adalah perhatikan reaksi bayi dan jangan lupa konsultasikan dengan dokter. Perhatikan, jangan diteruskan jika bayi mengalami alergi ketika mengkonsumsi susu formula dengan protein sapi. Konsultasikan hal ini kepada dokter segera sehingga dokter bisa melakukan tindak lanjut dan melakukan solusi.

Susu bayi NAN Pro merupakan salah satu susu yang termasuk dalam jenis susu parsial hidrolisat yang sering dipilih untuk bayi yang alergi susu sapi. Rasa dari susu bayi Nan Pro ini juga sangat disukai oleh anak-anak. Memang, sebaik apapun susu formula, ASI memang menjadi asupan paling sempurna untuk bayi. Namun, susu formula juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bayi jika diperlukan. Semoga bermanfaat.
« Last Edit: January 03, 2019, 09:45:27 AM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Kiat-kiat Memilih Susu Formula Untuk Bayi dan Mengenalkannya
« on: December 20, 2018, 04:24:58 PM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.