FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Diam-diam Hipertensi Intai Wanita Menopause  (Read 44 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 462
    • Email
Diam-diam Hipertensi Intai Wanita Menopause
« on: August 08, 2018, 04:50:27 PM »
Oleh : Fitri Haryanti Harsono


Dibandingkan kelompok lain, wanita menopause punya kecenderungan tinggi alami hipertensi.

Wanita menopause lebih rentan terkena hipertensi alias tekanan darah tinggi karena faktor hormonal seperti disampaikan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rossana Barack.

Rossana yang juga Ketua 12th Annual Scientific Meeting of Indonesian Society of Hypertension (InaSH) menjelaskan ketika wanita menopause berusia 65 ke atas itu bakal mengalami penurunan hormon estrogen. Hal tersebut berpengaruh pada tekanan darah. "Pengaruh terbesar yang berkaitan hipertensi karena hormon. Wanita kan punya hormon estrogen ya. Jadi, hormon estrogen itu power-nya kuat sekali," papar Rossana.

Ketika tekanan darah sulit dikontrol, risiko hipertensi jadi meningkat. Oleh karena itu, Rossana menyarankan, wanita menopause harus rajin kontrol tekanan darah. "Hipertensi itu silent killer (diam-diam membunuh). Kadang enggak ada keluhan, tapi tiba-tiba bisa membuat seseorang kena serangan jantung atau badannya lemas," lanjut Rossana.

Ketua Indonesian Society of Hypertension, Yuda Turana mengungkapkan, risiko penyakit jantung dan stroke pada wanita menopause juga perlu diwaspadai.

Saat menopause, penurunan hormon estrogen langsung drastis. "Hormon estrogen yang menurun drastis ini bisa membuat wanita berisiko vaskular (penyakit jantung) dan stroke. Vaskular dan stroke-nya bisa lebih memburuk dibanding pria, " lanjut Yuda di kesempatan yang sama.



Sumber Artikel : https://www.liputan6.com/health/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Diam-diam Hipertensi Intai Wanita Menopause
« on: August 08, 2018, 04:50:27 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab