FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Obat Batuk Berdahak Untuk Ibu Hamil, Jangan Sembarangan Beli Ya Bun !  (Read 70 times)

Offline InfoSehat

  • Newbie
  • *
  • Posts: 1

Obat batuk untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan membeli dan mengonsumsinya lho Bun! Mengapa? Sebab apa saja akan akan dimakan dan diminum ibu hamil akan berdampak pada tumbuh kembang janin yang ada di kandungan. Oleh sebab itu sangat penting untuk ibu hamil mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mencegah dan mengatasi batuk ketika masa kehamilan tiba. Ibu hamil wajib untuk menjaga kesehatan supaya janin juga tetap sehat dan aman di dalam kandungan. Selain itu daya tahan tubuh ibu hamil cenderung melemah, sehingga akan lebih mudah untuk terkena infeksi virus dan bakteri.

Para orangtua harus tau bahwa 12 minggu pertama kehamilan adalah waktu penting di mana organ vital bayi akan mulai terbentuk. Oleh sebab itu, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi obat-obatan jenis apa saja selama kehamilan trimester pertama. Beberapa ahli kesehatan juga yang menyarankan untuk mengonsumsi obat secara hati-hati sampai usia kandungan mencapai sekitar 5 hingga 7 bulan. Untuk mengatasi gejala batuk saat hamil sebaiknya menggunakan uap air panas sebab uap ini bisa membantu melegakan sesak napas.


Beberapa Obat Batuk Berdahak Untuk Ibu Hamil Dan Cara Mengatasinya

Selain obat batuk, ibu hamil juga bisa mengatasi batuk saat hamil dengan beberapa tips berikut ini, diantaranya adalah:
-   Berkumur menggunakan air hangat yang diberi garam untuk meringankan radang tenggorokan atau batuk.
-   Mengoleskan balsem atau minyak gosok pada dada guna menghangatkan dada, serta oleskan juga sedikit di bawah hidung.
-   Makan sup ayam yang hangat bisa juga membantu melegakan hidung tersumbat dan mengurangi peradangan.
-   Minum teh yang mengandung sedikit kafein, tambahkan pula dengan lemon atau madu. Minuman ini bisa juga membantu meringankan radang tenggorokan.
-   Tata dengan rapi bantal dengan cara ditumpuk tinggi saat tidur agar posisi kepala lebih tinggi. Posisi ini juga bermanfaat untuk mencegah cairan dahak mengalir ketika tidur dan mengiritasi dinding tenggorokan.
-   Mengonsumsi obat sesuai resep dari dokter.

Selain beberapa tips diatas, ibu hamil juga bisa mencegah dan mengatasi batuk saat masa kehamilan dengan beberapa obat batuk untuk ibu hamil yang alami dan aman untuk dikonsumsi seperti jahe, daun kemangin, daun seledri, daun sirih, garam laut, kunyit, garam, sup ayam hangat dan minyak kelapa. Nah, kali ini kami juga akan membahas satu satu obat alami yang baik untuk ibu hamil guna mengatasi batuk.

Jahe bisa digunakan untuk meredakan tenggorokan dan obat batuk yang aman untuk ibu hamil. Caranya mudah, siapkan dua ruas jahe, kupas sebelum mencucinya dengan air bersih lalu rebus dengan dua gelas air. Setelah air mendidih dan berkurang setengahnya, minum secara teratur tiga kali sehari sampai batuk hilang. Ibu hamil juga bisa membuat minuman teh dicampur jahe untuk membantu meredakan tenggorokan.

Bukan hanya bagus untuk masakan dan berbau harum, daun kemangi memiliki sifat baik untuk meredakan batuk kering, sehingga menjadi obat batuk alami untuk wanita hamil. Caranya sangat mudah, minum secara teratur air rebusan daun kemangi satu sendok teh saja setiap kali minum. Seledri memiliki khasiat yang sama dengan daun kemangi. Untuk penggunaan daun seledri, ibu hamil juga bisa merebusnya, tapi kali ini ditambah dengan 1 sendok makan madu. Sampai saat ini, air rebusan seledri terbukti efektif untuk meredakan batuk untuk ibu hamil ataupun tidak.



Sumber Artikel : www.ibudanbalita.com
« Last Edit: July 06, 2018, 04:25:04 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab