FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Diklaim Hambat Produksi Sperma, Pil KB Ini Dibuat Khusus untuk Pria  (Read 104 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 469
    • Email
Oleh : Giovani Dio Prasasti


Selama ini, untuk mengontrol kelahiran pada pria, hanya terbatas pada penggunaan kondom. Selain itu, kendali saat hubungan seksual juga bisa mengendalikan kehamilan. Namun, keduanya dianggap kurang efektif ketimbang metode kontrasepsi yang digunakan wanita. Sekalipun pria juga bisa melakukan vasektomi, namun cara ini dianggap sulit dan terkadang tidak bisa dikembalikan lagi ke keadaan semula.

Pengembangan pil KB untuk pria sebelumnya mengalami masalah. Obat testoteron oral contohnya, yang mana efek benda itu akan pergi dari tubuh dengan cepat, sehingga pria harus mengonsumsi pil dua kali sehari.

Saat ini ada inovasi pil KB untuk pria yang cukup akurat untuk mengendalikan kehamilan. Obat itu dinamakan Dimethandrolone Undecanoate atau DMAU. Hal ini dianggap sebagai langkah besar dalam pengembangan pil KB untuk pria. Pernyataan ini dinyatakan oleh Dr. Stephanie Page, profesor kedokteran di University of Washington Medical Center di Seattle, Amerika Serikat.

DMAU dianggap mengandung molekul asam lemak dengan rantai yang panjang, dan dapat memeperlambat pembersihan testoterone. Itu berarti, efeknya akan ada di tubuh untuk jangka waktu yang lebih panjang.

Pil itu mengandung obat yang bekerja seperti androgen, atau hormon pria seperti testoteron, progestin, dan hormon seks lainnya.

Penelitian ini dipresentasikan pada Minggu, 18 Maret waktu setempat, di ENDO 2018, pertemuan tahunan ke 100 Endocrine Society di Chicago, Amerika Serikat. Penelitian awal dilakukan pada beberapa pria yang mengonsumsi pil uji coba tersebut selama sebulan. Pil KB tersebut tampaknya bekerja dengan cara menghalangi produksi sperma. Obat tersebut juga diklaim aman.

Walaupun begitu, penelitian yang lebih panjang masih diperlukan untuk memastikan apakah hal itu benar-benar bisa menghambat produksi sperma atau tidak.



Sumber Artikel : https://www.liputan6.com/health/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab