FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Lakukan 6 Hal Ini Agar Wajahmu Tetap Lembab dan Segar Selama Puasa  (Read 74 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 448
    • Email
Oleh: ladybird


Berpuasa selama berjam-jam setiap harinya tentu akan membuat asupan nutrisi bagi tubuh berkurang yang berimbas kepada kondisi kulit. Belum lagi dengan paparan sinar matahari, polusi dan pendingin ruangan dapat membuat kulit wajah menjadi kering dan kusam.

Pasti kamu gak mau dong wajah tampak gak oke selama puasa? Biar wajah tetap glowing selama puasa lakukan hal-hal di bawah ini, yuk!

1. Banyak minum air putih saat berbuka dan sahur

Menahan haus selama berjam-jam membuat tubuh kekurangan cairan yang mengakibatkan dehidrasi. Selain dehidrasi, kulit juga cenderung menjadi kering karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh.

Untuk itu, usahakan untuk segera mengonsumsi air putih saat berbuka puasa dan juga saat sahur. Hal ini berguna untuk mengembalikan ion dalam tubuh sekaligus untuk mengembalikan kelembaban kulit.

Usahakan untuk minum empat gelas air putih setiap berbuka dan sahur untuk memenuhi kebutuhan cairan kamu selama puasa.


2. Gunakan sunblock

Paparan sinar matahari sehari-hari saja sudah lebih cukup untuk membuat kulit wajah menjadi kering. Apalagi ditambah dengan berkurangnya cairan dalam tubuh selama berpuasa akan memperparah kondisi kulit wajah kamu. Untuk itu selalu gunakan sunblock atau sunscreen sebelum beraktifitas keluar rumah.

Sunblock atau suncscreen dapat melindungi wajah kamu dari sinar UVA dan UVB yang buruk untuk kulit. Kamu dapat mengaplikasikannya sebelum memakai make-up. Untuk perlindungan maksimal, aplikasikan ulang setiap 2-3 jam sekali.


3. Pakai moisturizer

Satu lagi yang tak boleh ketinggalan yaitu moisturizer alias pelembab. Seperti namanya, produk satu ini memang bertujuan untuk mencegah kulit wajah dari kekeringan.

Kulit yang kering bisa bikin wajah kamu terlihat kusam dan tua lho. Gunakan moisturizer setelah pemakaian toner dan sebelum mengaplikasikan sunscreen. Selain melembabkan, mosturizer dapat membuat makeup kamu jadi lebih menempel dan mudah dibaurkan.


4. Tidur yang cukup

Tidur sepertinya adalah masalah yang sepele. Karena itulah banyak wanita yang sering menyepelekan pola tidur mereka. Padahal pola tidur yang tidak teratur juga menjadi penyebab kulit wajah menjadi kusam, lelah dan cepat keriput. Ditambah lagi dengan lingkaran hitam yang muncul di bawah mata bikin muka mirip panda.

Biar tetap cantik selama bulan Ramadan, mulailah untuk mengatur pola tidur. Usahakan untuk tidur selama kurang lebih 6-7 jam sehari. Jangan begadang untuk hal-hal yang tidak begitu penting seperti menonton satu season penuh drama Korea dalam semalam. Lebih baik habiskan waktu untuk mengaji, betul?


5. Olahraga

Biarpun sedang puasa, kamu tetap bisa menjalankan olahraga lho. Olahraga penting untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan kulit melalui keringat. Dengan berkeringat dijamin deh kulit kamu akan terlihat glowing dan sehat.

Berhubung sedang puasa, lakukan saja olahraga ringan di sore hari menjelang berbuka puasa seperti bersepeda atau jalan kaki di sekitar kompleks. Tak hanya sehat, wajah kamu juga akan selalu terlihat fresh. Sehat dapat, cantik pun dapat.


6. Perhatikan makananmu!

You are what you eat.

Menahan lapar selama hampir seharian penuh memang membuat orang menjadi kalap saat berbuka. Hal ini perlu diwaspadai karena salah-salah makananmu bisa menimbulkan masalah bagi kulit wajahmu.

Untuk itu, perhatikan menu berbuka dan sahurmu. Makan makanan manis saat berbuka tentu sah-sah saja asal konsumsinya dibatasi. Alih-alih makan yang manis atau makanan yang digoreng, lebih baik mengonsumsi sayur dan buah. Selain lebih sehat, sayur dan buah juga baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah kamu.

Itu tadi hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kulit wajah agar tetap lembab dan sehat selama bulan Ramadan. Puasa lancar, hati bersih, wajah pun tetap oke dan cantik hingga hari kemenangan tiba. Selamat berpuasa!



Sumber Artikel: https://life.idntimes.com/women/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab